Yamaha MT-15 2016 Thailand Sudah Muncul, Ini Kelebihannya!

Oleh Dias Mahendra | 17/09/2015
Yamaha MT-15 2016 Thailand Sudah Muncul, Ini Kelebihannya!

Naked Bike Baru Yamaha MT-15, Baru-baru ini dunia otomotif diramaikan dengan kemunculan sosok motor baru dari Yamha. Motor tersebut adalah Yamaha YZF-R15 bertampang naked yang diberi nama Yamaha MT-15. Motor sport tanpa fairing ini tertangkap kamera saat sedang diuji di Thailand.

Melihat foto yang dipublikasikan oleh Thaispyshot.com, terlihat motor masih diselimuti stiker kamuflase berwarna gelap di seluruh bodinya. Jika diperhatikan, konsep motor ini tampak sama persis dengan konsep Yamaha MT-25.

Lantas bagaimana tanggapan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Yamaha di Tanah Air? Muhammad Masykur, Assistant General Manager Marketing PT YIMM mengatakan bahwa pihaknya belum mendapat informasi resmi dari prinsipal mengenai kehadiran motor baru yang disebut-sebut sebagai adik Yamaha YFZ-R15 tersebut.

“Saya baru lihat dari berita saja, ada Motor Yamaha MT-15 di Thailand yang difoto saat dites. Kebetulan belum dengar informasi dari pusat dan juga belum pegang data, motor apa yang akan di-launching di Indonesia pada 2016. Jadi belum bisa komentar lebih lanjut,” kata Masykur, dikutip dari laman Okezone.

Seperti yang diketahui, Yamaha R15 yang dipasarkan saat ini diproduksi di pabrik YIMM di Indonesia. Kendati demikian belum dapat dipastikan apakah versi naked dari motor tersebut juga diproduksi di Indonesia atau di Thailand.

Yamaha MT-15 2016 Thailand 1

“Saya belum bisa memastikan. Tapi katanya tampilannya akan berubah signifikan ketimbang produk Yamaha R15. Dari tampilannya kan terlihat pakai shockbreaker upside down, terus tangki dan cover mesin. Lampunya juga katanya beda. Untuk mesin juga kan pakai 150 cc, pilihannya beragam apakah akan sama dengan Byson, V-Ixion, atau bahkan N-Max saya belum tahu,” terang Masykur.

Menurut kabar yang dikutip dari motorbeam, Yamaha MT-15 akan dipersenjatai dengan mesin tipe DOHC. Hanya saja kebenaran kabar tersebut masih diragukan. Diprediksi motor baru Yamaha ini akan dirilis pada semester dua 2016 mendatang.

Lantas apa saja yang menarik dari Yamaha MT-15 yang dikembangkan di Thailand itu?

Shock depan USD

Motor sport naked baru berlambang tiga garputala itu menggunakan shock breaker depan tipe up side down (USD). Inilah yang membuat Yamaha MT-15 terlihat lebih memikat dibandingkan dengan model lain di kelas 150 cc. Umumnya shock breaker tersebut digunakan pada motor gede atau moge. Jika nantinya MT-15 resmi dirilis, bisa jadi hal inilah yang menambah nilai dari motor tersebut.

Bodi bergaya street fighter

Selain shock breaker USD, daya pikat lain dari motor ini adalah desain yang berubah total. Walaupun mengadopsi jantung pacu yang tak berbeda jauh dari Yamaha MT-125, akan tetapi MT-15 memiliki garis desain yang lebih menarik. Di samping itu, nuansa street fighter yang terasa kental membuatnya semakin menarik untuk ditunggangi. Kesan street fighter terlihat pada lampu depan yang didesain agak ke bawah, serta shroud dan desain tangki bahan bakar yang dibuat gagah. Sementara di bagian buritan tampak mirip dengan YZF-R15 dengan jok model split-seat dan fender model menggantung.

Lampu LED

Berikutnya, diusungnya lampu LED pada naked sport ini membuat Yamaha MT-15 tampak modern. Di tahun 2015 ini, penggunaan lampu berjenis LED pada kendaraan bermotor dinilai sebagai hal wajib, khususnya untuk produk flagship. Lampu jenis ini dikenal lebih hemat listrik dan awet. Di samping itu, panel meter memiliki desain yang tipis. Tampaknya Yamaha MT-15 nantinya akan mengusung panel meter full digital.

Kaki-kaki yang gagah

Kelebihan terakhir yang ada pada Yamaha MT-15 adalah penggunaan kaki-kaki yang lebih kekar. Dari gambar tersebut terlihat Yamaha MT-15 menggunakan ban yang lebih besar dibandingkan dengan milik Yamaha R15 ataupun Yamaha V-Ixion. Selain itu, motor sport ini juga mengusung swingarm model banana dan disc brake pada roda depan dan belakang. Alhasil sektor kaki-kaki terlihat lebih memikat.

Source: yamaha vixion terbaru 2016, yamaha r15 2016, yamaha vixion 2016, r15 2016, motor yamaha vixion terbaru 2016, yamaha r15 2016 mendatang, motor sport yamaha 2016, Motor yamaha terbaru 2016 mendatang, produk yamaha 2016, motor yang akan rilis 2016,