All New Yamaha R1S 2016 Rilis di AS, Harga Lebih Murah

Oleh Dias Mahendra | 10/10/2015
All New Yamaha R1S 2016 Rilis di AS, Harga Lebih Murah

Motor Sport Yamaha R1S Terbaru, Seperti yang diketahui, produsen motor berlambang tiga garputala, Yamaha memiliki satu model superbike andalan yang diberi nama Yamaha R1. Motor berpenampilan gahar ini mengusung beragam kelebihan yang didukung dengan dapur pacu bertenaga tinggi. Pantas saja bila motor ini mendapat perhatian banyak pecinta roda dua.

Sesuai dengan spesifikasi yang diusung, Yamaha R1 dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Kendati demikian, Yamaha mempersiapkan versi murah dari superbike ini. Dengan demikian, pecinta motor yang tidak memiliki cukup uang untuk membeli Yamaha R1, bisa memilih versi murah R1 sebagai alternatifnya. Motor tersebut adalah All-New Yamaha R1S. Mengingat harganya lebih terjangkau, maka ada spesifikasi yang diturunkan.

Dengan kata lain, spesifikasi Yamaha R1S berada di bawah R1 dan R1M (untuk sirkuit). Kendati demikian, All-New Yamaha R1S tetap menarik untuk dilirik, mengingat motor ini bukanlah motor sembarangan. Lantas apa saja yang diubah oleh Yamaha dari R1S sehingga dibanderol lebih terjangkau dibandingkan dengan R1?

Yamaha R1S tidak menggunakan lengan piston dan sistem exhaust yang terbuat dari titanium seperti R1. Connecting rod superbike ini terbuat dari baja. Sedangkan cylinder head tetap sana, hanya saja per klep memiliki spesifikasi yang lebih rendah. Di samping itu batas putaran mesin juga menjadi lebih rendah. Leher knalpot Yamaha R1S dirancang dengan mengusung bahan stainless stell, bukan titanium.

Selain itu motor ini juga tidak menggunakan bahan material magnesium pada sektor kaki-kaki, silinder blok dan engine covers. Sebagai gantinya, motor baru ini menggunakan pelek yang terbuat dari aluminium. Untuk ruang oli dan cover mesin sebelah kanan juga menggunakan material aluminium.

All New Yamaha R1S 2016 2

Perlu diketahui, material magnesium dikenal lebih kuat namun sangat ringan. Dengan absennya bahan ini, bobot Yamaha R1S justru naik 4 kg jika dibandingkan dengan Yamaha R1.

Beralih ke teknologi pembantu akselerasi, All-New R1S tidak memanfaatkan komponen quick-shifter. Alhasil pemilik harus memasangnya sendiri jika ingin mendapat akselerasi yang lebih baik. Namun, sebagai gantinya Yamaha menyematkan traction control dengan spesifikasi terkini yang telah dilengkapi dengan six-axis intertial measurement unit (IMU). Selain itu motor ini juga tetap dilengkapi dengan fitur wheelie control,launch control, slide control program dan sistem pengereman ABS (Anti-lock Brake System).

Dengan adanya sejumlah pengurangan spesifikasi, Yamaha R1S dijual dengan harga $14.990 atau jika dikurskan mencapai Rp 201,2 jutaan (US$1 = Rp 13.424). Bila disandingkan dengan harga Yamaha R1, selisihnya mencapai US$ 2000 atau mencapai Rp 26,8 jutaan.

Walaupun diposisikan sebagai versi murah, pemilik tidak perlu malu untuk membawa motor ini berkeliling kota. Pasalnya Yamaha tidak menambahkan huruf ‘S’ pada bodi motor ataupun livery. Jika tidak jeli, orang tentu tidak dapat membedakan Yamaha R1S dan Yamaha R1.

Untuk saat ini, All-New Yamaha R1S diperkenalkan di Negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Motor ini sukses mendapat perhatian khalayak ramai dari berbagai kalangan dan media. Sebelumnya, kemunculan Yamaha R1S diketahui setelah Yamaha mendaftarkan motor ini ke lembaga penanggulangan emisi California. Motor yang siap dilepas ke konsumen bulan Februari 2016 mendatang ini ditawarkan dengan beberapa varian warna, seperti Matte Gray, Intensity White, Raven dan Rapid Red.

Untuk informasi tambahan, Yamaha R1 dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 998 cc, crossplane-concept dengan konfigurasi 4 silinder segaris dan dua injektor di setiap silindernya. Crossplane-concept adalah teknologi gerakan piston antar silinder yang sama dengan motor balap YZR-M1 di ajang MotoGP. Teknologi ini dapat membuat tenaga mesin lebih halus dan merata di setiap putaran mesin.

Source: yamaha r1s, harga yamaha r1s, all new yamaha, r1s vs r1, Yamaha r1s indonesia, foto yamaha motor2016, harga motor yamaha r1m, yamaha r1s harga, american harga motor yamaha r 1, r1s yamaha harga,