Uji Tabrak Mobil 2015 Indonesia, Mana yang Paling Aman?

Oleh Dias Mahendra | 24/10/2015
Uji Tabrak Mobil 2015 Indonesia, Mana yang Paling Aman?

Uji Tabrak Mobil Terbaru Indonesia, Merupakan kewajiban industri otomotif untuk menjamin kualitas produk yang dijual. Tidak hanya sebatas menjamin kualitas bahan material saja, perusahaan otomotif juga harus menjamin bahwa setiap mobil yang diedarkan ke masyarakat layak pakai dan memiliki tingkat keamanan yang memadai.

Oleh karenanya, sebelum diluncurkan ke jalanan pabrikan biasanya melakukan berbagai ujian. Salah satunya adalah uji tabrak atau crash test. Di ASEAN, ada sebuah lembaga independen bernama ASEAN NCAP yang bertugas untuk menguji performa mobil-mobil saat mengalami tabrakan. Uji tabraknya mengacu pada uji independen di negara-negara lain seperti Eropa dan Amerika. Berikut adalah hasil uji tabrak mobil terlaris di Indonesia:

  1. Toyota Agya

Mobil murah ramah lingkungan (Low Cost Green Car/LCGC) andalan Toyota ini memperoleh rating bintang 4 untuk perlindungan penumpang dewasa dan anak. Ketika dilakukan  uji tabrak, Toyota Agya dapat mengambangkan airbag atau kantong udara dengan sempurna.

  1. Daihatsu Ayla

Daihatsu Ayla tanpa airbag hanya mendapat 1 bintang untuk perlindungan dewasa dan 2 bintang untuk perlindungan anak. Sementara Ayla dengan fitur airbag pendapat peringkat yang jauh lebih baik. Perlindungan dewasa mengantongi 4 bintang, sedangkan anak 3 bintang.

  1. Datsun GO

Mobil murah andalan Datsun ini juga mendapat peringkat yang sedikit rendah. Datsun GO dengan 1 airbag memperoleh rating 2 bintang untuk perlindungan dewasa dan anak.

Toyota Grand New Avanza 2015 Indonesia

  1. Toyota Hilux

Pikap Toyota ini mendapatkan peringkat yang membanggakan. Toyota Hilux meraih rating 4 bintang untuk dewasa dan anak. Rating tersebut untuk Hilux versi 3 airbag dan tanpa fitur ESC. Sementara untuk 7 airbag meraih 5 bintang untuk penumpang dewasa dan 4 bintang untuk perlindungan penumpang anak.

  1. Mitsubishi Triton

Pesaing Toyota Hilux ini juga mampu meraih peringkat yang tak kalah baik. Pikap Mitsubishi ini mengantongi rating 5 bintang untuk perlindungan dewasa. Hanya saja, untuk perlindungan anak hanya 2 bintang. Mobil lini juga lulus uji tabrak dari samping. Mobil yang diuji tabrak adalah Triton dengan 7 airbag.

  1. Honda HR-V

Honda HR-V dengan 2 airbag memperoleh nilai 4 bintang untuk perlindungan dewasa dan 4 bintang untuk penumpang anak. Crossover ini juga lulus uji tabrak dari samping. Sementara untuk varian lain yang dilengkapi dengan Seat Belt Reminder sukses membuat HR-V meraih rating 5 bintang.

  1. Honda Jazz

Hatchback ini juga mendapat rating 4 bintang untuk perlindungan dewasa maupun anak. Hanya saja mobil ini belum dilengkapi dengan fitur Seat Belt Reminder, sehingga Honda harus puas dengan peringkat 4 bintang.

  1. Toyota Corolla Altis

Corolla Altis yang mengusung 2 airbag sukses mendapat rating 4 bintang, baik untuk perlindungan penumpang dewasa maupun anak.

  1. Toyota Avanza

Mobil sejuta umat ini sudah dikenal banyak orang sebagai kendaraan yang dapat diandalkan. Lantas bagaimana dengan hasil uji tabraknya? Toyota Avanza yang dibekali dengan 2 airbag meraih peringkat bintang 4 untuk perlindungan penumpang dewasa.

  1. Daihatsu Xenia

Multi Purpose Vehicle (MPV) ini juga mendapatkan nilai yang setara dengan saudara kembarnya. Xenia yang diproduksi di Indonesia ini memperoleh skor 12,34 untuk perlindungan dewasa dan 33 persen untuk penumpang anak. Dengan kata lain Daihatsu Xenia memperoleh rating 4 bintang.

  1. Mazda2 sedan

Salah satu mobil andalan Mazda ini memperoleh peringkat 4 bintang. Rating tersebut diperoleh sedan Mazda2 varian 2 airbag.

  1. Mitsubishi Mirage

Mitsubishi Mirage versi 2 airbag meraih rating 4 bintang untuk perlindungan penumpang dewasa. Sementara untuk perlindungan anak mencapai 43 persen.

  1. Suzuki Swift

Hatchback berlambang ‘S’ ini juga mendapatkan peringkat yang memuaskan. Untuk perlindungan dewasa, mobil ini meraih 5 bintang. Sedangkan penumpang anak 77 persen.

Source: mobil yang tidak lolos uji tabrak, Mobil terlaris, mobil paling safety di indonesia, mobil paling aman di indonesia, mobil paling aman, mobil yang lulus uji tabrak, mobil2 yang ta lulus uji keslamatan, mpv paling safety, mobil paling tidak aman di indonesia, uji tabrak sienta,