All-New Triumph Bonneville Dirilis, Performa Semakin Gahar

Oleh Dias Mahendra | 28/10/2015
All-New Triumph Bonneville Dirilis, Performa Semakin Gahar

Moge Triumph Bonneville Terbaru, Kehadiran All New Triumph Bonneville bisa menjadi angin segar bagi pecinta motor bergaya klasik. Motor-motor ini diperkenalkan kepada media global pada Rabu (21/10/2015) lalu di London, Inggris. Dengan sisipan “All New”, sudah bisa dipastikan motor ini hadir dengan membawa sejumlah perubahan baru. All New Triumph Bonneville mendapat beberapa perbaikan yang membuatnya semakin sesuai dengan peradaban modern.

Menariknya, All New Bonneville dirilis dalam lima model yang dipamerkan langsung ke hadapan media. Hanya saja Triumph Motorcycle Ltd. belum menjabarkan data spesifikasi lengkap dari motor barunya itu. Kendati demikian, Triumph telah memaparkan beberapa unsur penting pembenahan pada All New Bonneville.

Kelima motor Triumph Bonneville terbaru ini diklaim masih mempertahankan karakter aslinya. Di samping itu motor ini juga mampu menciptakan kelas tersendiri bagi para pemiliknya.

Jika Anda pecinta model yang tidak terlalu klasik, Street Twin adalah pilihannya. Desain motor ini tampak memadukan gaya klasik dengan kontemporer. Motor ini juga menjadi model Bonneville yang sangat menyenangkan untuk dikendarai dan sangat cepat bersahabat dengan pengendara, tak terkecuali pengendara pemula.

Street Twin mengusung mesin berkapasitas 900 cc twin yang mendapat sentuhan perbaikan. Alhasil motor ini mampu menghembuskan torsi yang lebih besar, yakni mencapai 80 Nm pada putaran mesin 3.200 rpm. Itu artinya model Street Twin memiliki akselerasi yang agresif. Yang menjadi kelebihan lain dari model ini adalah konsumsi bahan bakarnya yang hemat. Meski performa bertambah, Street Twin lebih hemat 18 persen dibandingkan dengan model sebelumnya.

All New Triumph Bonneville 2016 2

Sedangkan model Bonneville T120 dan Bonneville T120 Black tetap kental dengan nuansa klasik. Kedua motor ini tampak mengadopsi desain motor di tahun 1959 yang hadir dengan detil yang lebih mengesankan. Tidak hanya itu, kualitas dan hasil akhir kedua model Bonneville ini sangat mengagumkan.

Sama halnya dengan Street Twin, Bonneville T120 dan Bonneville T120 Black juga mempunyai torsi yang lebih besar. Berbekal mesin baru dengan kapasitas 1.200 cc, kedua motor bergaya klasik ini sanggup mengeluarkan torsi sebesar 105 pada 3.100 rpm.

Dengan kata lain, Bonneville T120 dan Bonneville T120 Black terbaru dapat menghadirkan akselerasi 54 persen lebih agresif dibandingkan dengan generasi T100. Berkat torsi yang melimpah, kedua model ini dapat melalui jalanan dalam kota, trek lurus dan jalur menanjak dengan performa yang gahar.

Model berikutnya yang tak kalah menarik adalah Thruxton dan Thruxton R. Kedua model ini mempunyai performa paling gahar di antara keluarga All New Triumph Bonneville lainnya. Kedua motor baru ini mampu menghasilkan torsi hingga 12 Nm pada 4.950 rpm. Artinya tenaga mesinnya 62 persen lebih besar dibandingkan dengan model sebelumnya.

Thruxton dan Thruxton R bisa menjadi pilihan menarik bagi konsumen yang menyukai cafe racer. Sama seperti ketiga model lainnya, kedua motor ini mengusung chassis dengan suspensi depan dan belakang baru. Dengan demikian motor bergaya balap jalan raya ini dapat dengan mudah dikendalikan.

Keunggulan lain dari Bonneville terbaru adalah disematkannya teknologi ride-by-wire untuk mengontrol bukaan gas. Untuk model Bonneville T120, Bonneville T120 Black, Thruxton dan Thruxton R sudah dilengkapi dengan fitur rider modes.

Di samping itu, seluruh model All New Bonneville telah dibekali dengan sistem pengereman ABS, kontrol traksi dan kopling antislip. Agar semakin menarik saat dipandang, lampu belakang Bonneville terbaru menggunakan model LED. Khusus untuk model-model bermesin 1.200 cc dilengkapi dengan LED DRL (Daytime Running Light), berikut konektor USB untuk pengisian baterai dan engine immobilizer.

Img Source: Dapurpacu

Source: motor klasik triumph, kawasaki w800 atau triumph bonneville, kawasaki w800 vs triumph t100, komparasi w800 triumph, perbedaan street twin dan bonneville, perbedaan triumph bonneville t100 dengan bonneville t120, trumph roda dua,