4 Tips Menjual Motor Bekas Agar Cepat Laku

Oleh Dias Mahendra | 06/11/2015
4 Tips Menjual Motor Bekas Agar Cepat Laku

Tips Menjual Motor Bekas, Setiap tahun, perusahaan otomotif gencar melakukan penyegaran pada produknya atau meluncurkan produk barunya di Tanah Air. Hal ini membuat banyak orang berkeinginan membeli motor baru dengan menjual motor lamanya.

Sementara itu, di pasar motor bekas ada banyak sekali pilihan yang dijual. Hal ini terkadang menjadi permasalahan tersendiri bagi pemilik yang hendak menjual motornya. Terlalu banyak pesaing membuat motor sulit untuk dijual. Bagi Anda yang ingin menjual motor lama dan mengalami permasalahan tersebut, berikut ada beberapa tips sebagaimana dilansir dari Motorbike:

Siapkan motor Anda

Sebelum menjualnya, alangkah baiknya Anda mengecek kondisi motor Anda. Perhatikan seluruh komponen yang terdapat pada motor dan pastikan semuanya dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Apabila Anda menemukan permasalahan, segera perbaiki agar permasalahan tersebut tidak menyulitkan Anda saat menjual.

Berikutnya, bersihkan motor agar terlihat menarik dan dapat memikat calon pembeli. Perlu Anda ingat, motor yang dijual dalam keadaan kotor umumnya tidak akan dilirik oleh calon konsumen. Tidak sekedar mencuci saja, Anda juga dapat memberikan sejumlah polesan di beberapa bagian seperti bodi motor, pelek, lampu hingga ban. Di samping itu perhatikan pula surat-surat kelengkapan kendaraan dari motor yang akan dijual.

Tips Jual Motor Bekas 2

Cara menentukan harga

Penentuan harga jual motor tidak boleh dianggap remeh. Pasalnya Anda memiliki banyak pesaing yang juga menjual motor bekas. Jangan sampai motor yang Anda jual memiliki harga yang terlalu mahal atau justru terlalu rendah.

Cara terbaik untuk menetapkan harga motor adalah dengan melihat harga pasaran motor sejenis yang sama dengan kendaraan yang akan Anda jual. Apabila Anda sudah mengetahuinya, langkah berikutnya tinggal menentukan harganya. Jika Anda membutuhkan uang segera, Anda dapat menurunkan sedikit harga motor Anda dari pasaran. Namun jika Anda ingin jual santai, lebih baik pertahankan harga sesuai dengan yang Anda inginkan, terutama jika motor masih dalam keadaan mulus.

Strategi pemasaran

Langkah selanjutnya adalah menentukan di mana Anda akan memasang iklan. Ada beberapa pilihan yang bisa Anda ambil, antara lain koran lokal, situs lapak online dan memajang di dekat jalan. Akan tetapi penjualan melalui internet lebih disarankan. Karena berdasarkan pengalaman banyak orang penjualan melalui internet lebih efisien dan efektif.

Agar calon pembeli tertarik, lengkapi iklan Anda dengan sejumlah foto berkualitas baik. Disarankan mengambil beberapa gambar dengan sudut yang berbeda-beda, sehingga calon konsumen dapat melihat secara detil kondisi motor yang Anda jual.

Menurut survey, orang yang melakukan pembelian motor bekas lebih tertarik dengan penjual yang menyertakan banyak foto. Sebab hal ini dapat menghilangkan rasa penasaran dari calon pembeli.

Di samping itu, Anda juga dapat menyertakan keterangan lengkap, seperti spesifikasi, angka odometer, riwayat motor hingga masalah ada motor tersebut. Informasi ini akan menarik minat calon konsumen karena sifat mereka memerlukan informasi yang banyak. Tidak disarankan untuk menyembunyikan masalah yang ada pada motor Anda. Karena hal itu justru membuat konsumen kecewa dengan Anda. Akan lebih baik jika Anda mengatakan kondisi motor apa adanya.

Berurusan dengan pembeli

Saat calon pembeli datang untuk melihat motor Anda, hati-hati bila mereka meminta untuk melakukan test drive. Paling tidak harus ada jaminan jika mereka ingin melakukan tes pada motor Anda. Langkah ini merupakan tindakan pencegahan dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti pencurian.

Demikian adalah beberapa tips menjual motor bekas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, khususnya yang berencana untuk menjual motor.

Source: cara menjual motor, cara jual motor, cara menjual motor bekas, tips menjual motor, tips jual motor bekas, cara jual motor bekas, cara cepat jual motor bekas, tips jual motor, cara menjual motor dengan cepat, tips menjual motor bekas,