All New Toyota Kijang Innova 2016 Indonesia, Seberapa Amankah?

Oleh Dias Mahendra | 14/12/2015
All New Toyota Kijang Innova 2016 Indonesia, Seberapa Amankah?

Keamanan Toyota Kijang Innova Terbaru, Toyota Astra Motor (TAM) sudah menuntaskan tugasnya dengan menghadirkan generasi terbaru Kijang Innova. Mobil keluarga berkapasitas tujuh penumpang ini memulai debut perdananya di Tanah Air.

All New Kijang Innova tidak hanya diposisikan sebagai produk lokal saja, namun juga produk global. Rencananya, mobil baru Toyota ini akan diekspor ke luar negeri. Perlu diketahui, sebelum resmi dirilis, mobil yang diproduksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Kaarwang Plant I, Karawang, Jawa Barat ini telah melakukan uji tabrak kendaraan di Negeri Bunga Sakura, Jepang.

Hal ini disampaikan langsung oleh Nandi Julyanto, selaku Director Production Directorate Engineering Karawang Plant I. Pengujian All New Kijang Innova dilakukan oleh Toyota Motor Corporation (TMC) Jepang.

“Semua unit (model) yang diproduksi diuji tabrak di TMC Jepang. Alasannya, karena TMMIN belum memiliki fasilitas untuk uji tabrak,” ujarnya, dikutip dari laman resmi Toyota beberapa waktu lalu.

Uji tabrak dilakukan bukan tanpa alasan. Nandi mengatakan, uji tabrak di Jepang dilakukan untuk memastikan bahwa kualitas keamanan Toyota Kijang Innova terbaru ini sama dengan mobil lain yang diproduksi oleh Toyota.

“Uji di TMC agar hasil evaluasi dan standar yang didapat sama. Selain uji tabrak, kami juga melakukan uji kendaraan bekerja sama dengan BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) di Serpong, Tangerang Selatan,” papar Nandi.

All New Toyota Kijang Innova Indonesia 2016 2

Lalu bagaimana hasil uji tabrak All New Kijang Innova di Jepang? Direktur Teknikal dan Proyek engineering PT TMMIN, Yui Hastoro mengungkapkan, hasil yang diperoleh Kijang Innova generasi keenam itu cukup memuaskan.

“Uji tabrak Innova terbaru memang dilakukan di TMC Jepang, hasilnya dapat lima bintang,” jelasnya, dikutip dari Viva.

All New Kijang Innova meluncur di Indonesia dengan tampilan serba baru. Hal tersebut terlihat saat melihat tampilan eksteriornya. MPV ini mengusung tema Grand Tourer yang terlihat elegan dan gagah.

Untuk tipe G dan V Toyota membekalinya dengan pelek 16 inci alloy berdesain baru. Sementara Q Diesel yang merupakan tipe tertingginya mengusung pelek 17 inci dengan desain berbeda.

Tampilan depan All New Kijang Innova mendapat sentuhan perubahan yang paling mencolok. Desain radiator grille dibuat lebih segar dengan perpaduan headlight yang menghadirkan kesan gagah. Sedangkan bagian belakang tampak memikat dengan combination lamp baru dan desain elegan.

Tidak hanya sisi eksteriornya saja yang berubah, Toyota juga mempermanis tampilan interiornya. All New Kijang Innova menghadirkan kemewahan yang lebih kental, dengan fitur kenayaman yang memadai.

Untuk memberikan kenyamanan kepada pengguna, Toyota membenamkan fitur voice command dan smartphone connectivity MiraCast. Di samping itu mobil ini mengusung sistem audio terbaru berlayar 8 inci untuk tipe Q dan V. Sementara tipe tertingginya sudah mengusung bangku Captain Seat dan illuminated roof LED yang akan memberikan kenyamanan lebih baik kepada penumpang.

Di sektor dapur pacu, All New Kijang Innova mengandalkan mesin bensin 1TR-FE berkapasitas 1.998 cc yang didukung teknologi Dual VVT-i. Mesin ini mempunyai tenaga 139 PS dengan torsi 18,7 kgm. Disediakan pula mesin diesel 2GD-FTV dengan teknologi VNT intercooler yang sanggup menghembuskan tenaga sebesar 149 PS dan torsi 34,9 kgm untuk versi transmisi manual 5-percepatan. Sedangkan transmisi otomatis 6-percepatan dapat menghasilkan torsi 36,7 kgm.

Fitur-fitur yang terdapat pada All New Kijang Innova ini di antaranya mode berkendara (Drive Mode) yang mempunyai tiga mode, yakni Normal Mode, Eco Mode dan Power Mode. Sementara tipe Q diesel dilengkapi dengan fitur airbag tujuh titik, ISOFIX, ABS, Vehicle Stability Control, Hill Assist Control, All Auto Window, Smart Entry Key, sensor parkir dan immobilizer.

Baca Juga : Kelebihan Mesin Diesel Toyota Kijang Innova Terbaru Indonesia

Source: all new kijang innova dijual, modifikasi toyota all new kijang innova 2016, new kijang innova G gray,