All-New Honda Civic dan New Accord Akan Meluncur di Indonesia?

Oleh Dias Mahendra | 07/01/2016
All-New Honda Civic dan New Accord Akan Meluncur di Indonesia?

Sedan Honda Indonesia Terbaru, Meskipun pasar sedan di Tanah Air dinilai kurang potensial, tetap banyak perusahaan otomotif yang menghadirkan kendaraan ini. Dari sekian banyak merek yang ada, Honda Prospect Motor (HPM) merupakan salah satu merek yang konsisten di segmen sedan. Di tahun 2016 ini, HPM berencana akan menghadirkan dua model baru, yakni All-New Civic dan New Accord.

Menurut keterangan sumber internal HPM, Rabu (06/01/2016), keduanya masuk strategi mobil baru 2016 HPM. Ia menerangkan, eksistensi sedan di Indonesia layak untuk dipertahankan.

All-New Civic

Generasi kesepuluh Honda Civic ini dirilis pada Oktober 2015. Reka ulang salah satu sedan andalan Honda ini disebut sebagai proyek pengembangan mobil baru paling ambisius yang pernah dikerjakan oleh Honda.

Pabrikan asal Jepang itu mengubah semua bagian Honda Civic,mulai dari arsitektur, interior yang kini lebih lapang, bodi yang membesar, dan tambahan fitur canggih, Honda Sensing. All-New Civic ditawarkan dalam dua mesin baru. Pertama adalah 4-silinder 2.0L DOHC i-VTEC. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 158 hp dengan torsi 187 Nm. Sementara pilihan kedua adalah mesin 4-silinder 1.5L turbocharger DOHC VTC. Jantung pacu berkapasitas 1.5 liter ini memiliki daya sebesar 174 hp dan torsi 219 Nm.

Mobil ini memiliki dua pilhan bodi, yakni sedan dan kupe. Di samping itu rencananya Honda juga akan menghadirkan model Type R yang dipersenjatai dengan dapur pacu 2.0L turbocharger.

Meski baru dirilis, All-New Civic berhasil meraih penghargaan Car of The Year 2016 yang diberikan oleh AutoGiude di Amerika Serikat. Mobil ini sukses mendapat penilaian positif berkat desain yang mempesona, teknologi terdepan di kelasnya, performa berkendara yang sporty, reabilitas yang baik, tingkat keselamatan yang memadai dan tingkat konsumsi bahan bakar yang terbaik di kelasnya.

Colum Wood, Editorial AutoGuide Groupe mengatakan, Honda Civic generasi terbaru memiliki paket terbaik yang pernah ada. Tidak hanya generasi baru ini, tetapi juga melebihi apa yang telah dimiliki pada generasi sebelumnya.

“Mobil ini tidak hanya terkesan premium namun juga tampil sporti, dan teknologi mesin terbarunya yaitu dengan teknologi turbo merupakan salah satu citra terkuatnya. Mobil ini juga mempunyai keunggulan dalam hal baik secara kualitas, reabilitas, serta durabilitas,” jelasnya.

Hanya saja sang narasumber tidak menjelaskan lebih jauh mengenai spesifikasi All-New Civic untuk pasar Indonesia.

New Accord

Honda Accord 2016 Indonesia

Pada bulan Juni 2015 lalu HPM telah memberikan sentuhan penyegaran pada Accord. Sedan ini dilengkapi dengan teknologi baru Honda Sensing. Sejak saat itu Honda Accord hanya tersedia dalam satu varian, yakni VTi-L ES transmisi otomatis. Varian ini menggunakan mesin dengan kapasitas 2.4 liter DOHC i-VTEC. Mesin tersebut sanggup menghasilkan tenaga 173 hp dengan torsi puncak sebesar 225 Nm. Honda Accord 2,4L VTi-L ES dijual di Indonesia dengan harga Rp 650 juta.

New Accord dirilis pada bulan Agustus 2015. Mobil ini hadir dengan sejumlah revisi. Salah satunya terdapat pada suspensi untuk perjalanan dalam kota, kabin yang dibuat lebih senyap, setir kemudi elektrik (EPS) dan rem cakram pada keempat rodanya.

Untuk informasi tambahan, teknologi Honda Sensing merupakan sistem pintar yang memanfaatkan dua tipe sensor, yakni Monocular Camera dan Milimeter Wave Radar. Kedua sensor tersebut bertugas untuk mendeteksi lingkungan sekitar supaya dapat mengurangi resiko kecelakaan saat berada di jalan raya. Honda Sensing terdiri dari beberapa fitur, seperti adaptive cruise control (AAC), Collision mitigation braking system (CMBS) dan lane keeping assist system (LKAS).

Source: accord vs civic vs city, honda accord vs civic baru, perbedaan civic dan accord, accord sedan vs civic turbo, perbedaan honda accord 2016 dan civic 2016, perbedaan civic vs accord, perbedaan accord 2016 vs civic 2016, perbandingan honda civic dan acord, perbandingan honda civic dan accord, Perbandingan honda accord dan civic turbo,