Mobil SUV Baru Jeep Sedang Dipersiapkan, Calon Rival Suzuki Jimny!

Oleh Dias Mahendra | 22/03/2016
Mobil SUV Baru Jeep Sedang Dipersiapkan, Calon Rival Suzuki Jimny!

Mobil SUV Baru Jeep, Pemegang merek mobil Jeep, Fiat Chrysler Automobil baru-baru ini dkabarkan sedang menyiapkan mobil baru. Mobil Jeep ini akan memiliki dimensi yang lebih kecil dari Renegade yang telah dirilis. Model terbaru tersebut diklaim telah sampai tahap penyelesaian desain.

Informasi ini dikatakan langsung oleh Stefan Ketter, Presiden Jeep Wilayah Amerika Latin, di tengah peluncuran produk terbaru Fiat Toro di Brasil beberapa waktu lalu. Ia mengatakan, desain mobil baru Jeep yang akan menjadi rival tangguh Suzuki Jimny ini mempunyai tampilan berbeda dari beberapa model lain.

FCA akan memosisikan model tersebut sebagai kendaraan di kelas low Sport Utility Vehicle (LSUV). Tidak hanya itu, mobil baru itu akan menjadi satu-satunya produk buatan Jeep yang berukuran kecil dari model yang dipasarkan secara global.

Menurut informasi yang didapat dari Autossegredos, Jeep berdimensi kecil tersebut rencananya akan ditawarkan dalam dua pilihan mesin. Pertama adalah mesin berkapasitas 1,8 liter V16 yang dapat menghasilkan tenaga hingga 139 hp. Sementara pilihan berikutnya adalah mesin berkapasitas lebih kecil, yakni 1,3 liter V16 dengan turbo. Tenaga yang dapat disalurkan mesin ini mencapai 150 hp.

Hanya saja FCA belum mengumumkan kapan mobil tersebut akan diluncurkan. Namun, dapat dipastikan Brasil akan menjadi basis produksi dari Jeep bertubuh mungil tersebut.

Sekedar pembanding, Suzuki Jimny dibekali dengan mesin berkapasitas 1.300 cc. Suzuki menawarkan dua pilihan transmisi yang dapat dipilih konsumen, yakni manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Berbekal mesin tersebut, Jimny dapat meledakkan daya hingga 83 hp pada putaran 6.000 rpm dengan torsi puncak sebesar 110 Nm pada putaran mesin 4.100 rpm.

Suzuki Jimny 2016

Suzuki Jimny generasi terbaru memiliki desain bodi kompak dengan nuansa bodi yang sederhana. Bumper SUV mungil ini dirancang lebih besar, ditemani dengan grille kecil palang enam berbentuk vertikal. Selain itu lampu depan Jimny tetap berbentuk bulat yang membuatnya memiliki ciri khas tersendiri. Sementara untuk bagian belakang didesain memanjang ke bawah, dan disandingkan dengan satu ban cadangan.

SUV berlambang ‘S’ khas ini mengandalkan sasis berbentuk ladder frame yang telah dilengkapi dengan suspensi yang mumpuni, terutama untuk medan off-road.

Untuk Suzuki Jimny tipe SZ4, perusahaan otomotif asal Jepang itu menawarkan pilihan warna baru, yaitu Steel Silver dan Khaki Green. Peleknya menggunakan alloy berukuran 15 inci. Sementara tipe SZ3 hadir dengan jok bercorak baru.

Beralih ke bagian interior, Suzuki Jimny dibekali dengan tambahan aksesoris dan penyematan sejumlah fitur baru. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan teknologi yang ada saat ini, terutama untuk urusan keamanan.

Di bagian panel instrumen juga terdapat Tyre Pressure Monitoring System (TPMS) yang berfungsi untuk memantau dan mengontrol tekanan ban. Disematkan pula Gear Shift Indicator (GSI) yang bertujuan agar pengemudi dapat mencapai konsumsi bahan bakar yang ideal.

Suzuki Jimny juga memiliki fitur Electronic Stability Control (ESC) yang hadir sebagai fitur standar. Dengan beragam fitur tersebut, mini SUV ini terlihat lebih canggih dan modern dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Suzuki mengungkapkan bahwa model tersebut akan terus mendapatkan banyak fitur, namun tetap berstatus opsi mobil off-road dengan biaya terjangkau.

Suzuki Jimny dikabarkan juga akan dijual di Indonesia. Menurut informasi, SUV ini akan dijual dengan harga sekitar Rp 200 jutaan. Harga ini tentu jauh lebih murah dibandingkan dengan yang dijual oleh importir umum. IU menjual Jimny dengan harga Rp 500 jutaan.

Jika Jimny dikabarkan akan masuk ke Indonesia, apakah SUV mungil terbaru Jeep juga akan dijual di Tanah Air? Jika iya, kehadiran mobil tersebut tentu menjadi angin segar bagi penikmat medan off-road. Di sisi lain popularitas SUV di Tanah Air semakin baik. Bahkan beberapa produsen mobil saling berlomba untuk menghadirkan SUV baru yang dapat memikat konsumen.

Source: suzuki jeep terbaru, suv mini terbaru, jeep renegade pesaing jimny, mobil suv mini, maruthi suv cars, jeep suzuki, jeep baru dari suzuki, mobil suv jeep, mobil mini suv terbaru, mobil suzuki lampu bulat model jimmy baru,