Perbandingan Toyota C-HR dan Honda HR-V 2016, Mana yang Unggul?

Oleh Dias Mahendra | 02/04/2016
Perbandingan Toyota C-HR dan Honda HR-V 2016, Mana yang Unggul?

Komparasi Toyota C-HR dan Honda HR-V, Perusahaan otomotif asal Jepang, Toyota baru saja memperkenalkan mobil barunya, C-HR. Mobil ini dihadirkan untuk bersaing di segmen crossover kompak. Menurut kabar, Toyota C-HR akan memulai debut perdananya dalam waktu dekat.

Di segmen crossover kompak, Toyota C-HR dipastikan akan bersaing dengan Honda HR-V yang sudah lebih dulu meluncur di pasar otomotif global. Toyota mengakui bahwa pihaknya terlambat memproduksi C-HR. Dikatakan bahwa Toyota mengganti platform C-HR sebelum benar-benar diproduksi massal.

Di Benua Biru, Eropa, mobil baru ini akan menggantikan Toyota Verso-S. Mobil tersebut merupakan mini Multi Purpose Vehicle (MPV) yang bersang dengan beberapa model, seperti Nissan Note, Kia Venga dan Hyundai ix20. Bila Toyota C-HR resmi meluncur, Verso-S akan disuntik mati alias berhenti produksi.

Baik Toyota C-HR maupun Honda HR-V memiliki spesifikasi yang berbeda. Menurut informasi Indianautosblog, yang dikutip dari laman Viva, terdapat beberapa perbedaan di antara kedua crossover ini.

Di segi dimensi, Toyota C-HR lebih panjang dan lebar dari Honda HR-V. Mobil ini memiliki panjang 4.350 mm dan lebar 1.795 mm. Sementara Honda HR-V memiliki dimensi panjang 4.295 mm dan lebar 1.770 mm. Akan tetapi Honda HR-V lebih tinggi dari Toyota C-HR. Untuk desainnya, keduanya sama-sama memiliki karakter sporty.

Honda HR-V 2016

Baca Juga : Spesifikasi Toyota C-HR 2017

Toyota C-HR yang sempat diperkenalkan di Thailand ini mengusung lampu LED di bagian depan dan belakang. Lampu belakang crossover kompak ini menonjolkan ciri khas produk Toyota dengan aspek aerodinamika yang tinggi dan konsep bodywork yang lebih rendah. Sementara di bagian samping, Toyota mempermanisnya dengan lengkungan roda yang agresif dan berotot.

Di balik kap mesin, terdapat mesin bensin berkapasitas 1.8 liter yang dapat menghasilkan tenaga hingga mencapai 122 hp yang dikombinasikan dengan motor listrik. Toyota juga menyediakan pilihan mesin berkapasitas 1.2 liter turbocharged yang mempunyai daya maksimum 114 hp.

Mesin itu dipadukan dengan transmsi manual enam percepatan atau continuously variable transmission (CVT). Sementara di beberapa negara Eropa Toyota C-HR juga memiliki pilihan mesin 2.0 liter naturally-aspirated.

Sementara Honda HR-V mengusung mesin dengan kapasitas 1.5 liter. Daya maksimum yang dapat ditorehkan mesin tersebut mencapai 129 hp dengan torsi 155 Nm. Dapur pacu itu dikombinasikan dengan transmisi manual 6-percepatan dan CVT. Selain itu Honda juga menawarkan pilihan mesin 1.8 liter yang memiliki tenaga yang lebih besar.

Di Indonesia, Honda HR-V ditawarkan dalam beberapa varian, yakni 1.5L A MT, 1.5L S MT dan CVT, 1.5 E CVT serta 1.8L CVT Prestige yang menjadi varian tertinggi.

Untuk varian 1.5L A MT yang menjadi varian termurah memiliki beberapa fitur standar, di antaranya halogen headlight, auto off headlight dan pelek 17 inci. Di bagian interior Honda menyematkan head unit 2 DIN dan setir tilt and telescopic. Honda juga melengkapinya dengan sejumlah fitur keselamatan, meliputi airbag depan, ABS, ABD, BA, auto brake hold, parkir elektrik, kontrol stabilitas dan hill start assist.

Komparasi Toyota C-HR dan Honda HR-V:

Panjang

  • Honda HR-V: 4,295 mm/4,305 mm
  • Toyota C-HR: 4,350 mm

Lebar

  • Honda HR-V: 1,770 mm/1,790 mm
  • Toyota C-HR: 1,795 mm

Tinggi

  • Honda HR-V: 1,650 mm
  • Toyota C-HR: 1,555 mm/1,565 mm

Jarak roda

  • Honda HR-V: 2,610 mm
  • Toyota C-HR: 2,640 mm

Mesin (bensin)

  • Honda HR-V: 1,5L empat silinder naturally aspirated
  • Toyota C-HR: 1,2L empat silinder turbocharger

Tenaga Maksimum

  • Honda HR-V: 96 kW (131 PS/ 129 hp)
  • Toyota C-HR: 85 kW (116 PS/ 114 hp)

Torsi Maksimum

  • Honda HR-V: 155 Nm
  • Toyota C-HR: 185 Nm

Transmisi

  • Honda HR-V: Manual enam-percepatan dan CVT
  • Toyota C-HR: Manual enam-percepatan dan CVT

Source: motor matic yamaha keluaran terbaru, gambar honda hrv 2016, perbedaan hrv 2016 dengan 2017, toyota sienta vs honda hrv, panjangan HRV, perbedaan hrv 2017 dan 2016, sienta toyota dan hrv honda, sienta toyota vs hrv, toyota sienta vs honda HRV mana yang terbaik?, toyota sienta vs hrv,