Perbedaan Honda Brio Facelift Indonesia dan Thailand

Oleh Dias Mahendra | 20/05/2016
Perbedaan Honda Brio Facelift Indonesia dan Thailand

Honda Brio Facelift Terbaru, Honda Brio facelift baru saja meluncur di Indonesia. Mobil ini dihadirkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 yang berlangsung pada bulan April lalu. Edisi penyegaran city car ini rupanya juga sudah meluncur di Negeri Gajah Putih, Thailand. Meskipun sama-sama diproduksi di Thailand, terdapat perbedaan antara Brio Indonesia dengan Thailand. Berikut akan diulas perbedaan di antara keduanya.

Mesin

Di sektor pacu, Honda Brio facelift versi Indonesia dan Thailand sama-sama mengandalkan mesin berkapasitas 1.2 liter 4 silinder i-VTEC. Tenaganya juga sama, yakni mencapai 90 hp dengan torsi maksimum 110 Nm.

Hanya saja ada perbedaan untuk yang dipasarkan di Thailand. Brio Thailand dapat mengonsumsi bahan bakar dengan kandungan etanol hingga 85 persen (E85). Alhasil beberapa komponen di dalam mesin menggunakan material berbeda. Tujuannya agar mesin tahan dengan etanol yang memiliki sifat korosif. Meski demikian, bahan bakar etanol dikenal lebih rendah emisi.

Sementara untuk transmisinya sama-sama mengusung CVT. Honda Brio yang dijual di Indonesia masih mempunyai pilihan transmisi manual 5-percepatan. Sedangkan di Thailand sudah tidak dijual.

Honda Brio Facelift 2016 Indonesia

Fitur

City car Honda Brio facelift Indonesia memiliki sejumlah fitur baru. Antara lain steering switch audio, foglamp dan wiper belakang, auto door locked by speed, audio double DIN dan setir beraksen silver.

Disematkan pula lampu projector headlamp, lampu sein LED dan spion yang dapat dilipat secara otomatis. Untuk sistem penunjang keselamatan pengguna ada airbag, ABS dan EBD.

Lalu untuk Brio versi Thailand belum memiliki fitur foglamp. Lampunya juga belum menggunakan projector dan sein LED pada spion. Sebagai gantinya Honda menyematkan fitur keyless entry dan start/stop engine.

Harga

Di Indonesia, Honda Brio dijual mulai Rp 129,6 jutaan untuk tipe Brio Satya tipe S M/T dan Rp 174,7 jutaan untuk tipe RS. Sementara di Thailand hanya memiliki tipe V. Mobil tersebut dipatok dengan harga 495.000 Baht atau sekitar Rp 186,6 jutaan. Harga ini lebih rendah dari sebelumnya yang mencapai 511.500 Baht atau sekitar Rp 200 jutaan.

Source: honda brio thailand, honda brio putih, honda brio rakitan thailand, brio putih 2016, jual lips thailand honda brio, mesin brio facelift, new brio facelift, honda brio satya facelift putih, honda brio satya 2016 putih, new brio satya 2016 putih,