Makna Nama Honda Supra GTR 150, Terinspirasi dari Mobil Super

Oleh Dias Mahendra | 27/05/2016
Makna Nama Honda Supra GTR 150, Terinspirasi dari Mobil Super

Honda Supra GTR 150 Terbaru Indonesia, Indonesia baru saja kedatangan motor bebek super terbaru, yakni Honda Supra GTR 150. Jika diperhatikan, produk baru Astra Honda Motor (AHM) ini mempunyai nama yang cukup unik. Sebab namanya seperti gabungan dari mobil-mobi super asal Jepang yang sudah dikenal khayalak ramai.

Motor bebek bermesin 150 cc ini tampaknya terinspirasi dari Toyota Supra dan Nissan GTR. Seperti yang diketahui, kedua mobil tersebut sudah sangat terkenal di jagat otomotif, khususnya di negara asalnya. Lantas bagaimana tanggapan pihak AHM akan hal tersebut?

”Kenyataannya iya (terinspirasi dari mobil-mobil super). Tiga mobil kami jadikan inspirasi. Kata ’Honda’ diambil dari Honda NSX. ’Supra’ dari Toyota Supra, dan ’GTR’ dari Nissan GTR,” terang Toshiyuki Inuma, Presiden Direktur AHM, sebagaimana dilansir dari Otomania.

Rupanya tiga mobil super tersebut menjadi inspirasi Honda lantaran karakternya yang sama dengan motor baru andalan Honda.

“Di Jepang, tiga mobil ini sangat populer. Ketiganya juga punya karakter agresif yang kuat, kurang lebih sama seperti Honda Supra GTR 150,” jelas Inuma.

Di antara ketiga mobil super tersebut, dua diantaranya masih terus menunjukkan eksistensinya. Nissan beberapa waktu lalu melakukan pengembangan pada GTR. Hal serupa juga dilakukan Honda pada generasi penerus NSX. Hanya saja Toyota Supra yang masih belum mendapatkan penyegaran.

Honda Supra GTR 150 hadir dengan headlamp LED yang membuat tampilannya modern. Sementara lampu bagian belakang dan sein masih menggunakan jenis bohla biasa. Di sektor kaki-kaki, motor ini mengandalkan suspensi depan teleskopik yang mempunyai as berdiameter 31 mm dengan jarak main 90 mm.

Untuk mesinnya Supra GTR 150 mengandalkan mesin 4 langkah, DOHC 4 katup berkapasitas 149,16 cc. Tenaga yang dapat dihasilkan mesin tersebut mencapai 15,74 dk pada 9.000 rpm dengan torsi 13,5 Nm pada 6.500 rpm.

Source: