F1 2016 Hungaria, Hamilton Kalahkan Rosberg dan Ricciardo

Oleh Dias Mahendra | 25/07/2016
F1 2016 Hungaria, Hamilton Kalahkan Rosberg dan Ricciardo

Balap F1 2016 Hungaria, Lewis Hamilton sukses memenangi lomba F1 Hungaria yang berlangsung Minggu (24/7/2016). Dengan kemenangan ini Hamilton mengambil alih posisi teratas di daftar klasemen pembalap yang sebelumnya dipertahankan oleh rekan setimnya, Nico Rosberg.

Hamilton menyentuh garis finis di urutan pertama setelah memimpin jalannya pertandingan sejak tikungan pertama usai bersaing dengan Rosberg. Setelah start, Rosberg yang memulai lomba dari pole position terus mengawasi pergerakan Hamilton yang berada di sisi kanannya.

Hal ini justru membuatnya sedikit lengah. Daniel Ricciardo dari tim Red Bull yang sebelumnya ada di grid ketiga memanfaatkan hal tersebut untuk mendahului Rosberg. Akhirnya Hamilton dan Ricciardo sukses mendahului Rosberg.

Seakan tak ingin merelakan posisinya diambil, Rosberg berusaha untuk mendahului Ricciardo di beberapa tikungan berikutnya. Usahanya ini membuahkan hasil, ia akhirnya sukses menyalip Ricciardo. Sejak saat itu posisi 1-2-3 tidak berubah hingga balapan usai.

Balap F1 2016 Hungaria berjalan tanpa permasalahan berarti. Tidak seperti terjadi pada sesi kualifikasi yang dibasahi hujan dan dihiasi banyak kibaran bendera merah lantaran ada sejumlah insiden pembalap kecelakaan. Pada Minggu siang hari cuaca di sirkuit terlihat cerah. Bahkan suhu trek juga cukup panas, yakni mencapai 51 derajat celcius.

F1 Hungaria 2016 2

Hamilton dan Rosberg terlihat tidak melakukan kompetisi yang ketat. Padahal jarak kedua pembalap Mercedes itu sepanjang paruh kedua dari 70 lap mencapai 2 detik lebih. Pertarungan antar pembalap terjadi di belakang posisi tiga besar. Menariknya perlawanan yang diberikan antar pembalap cukup sengit, terjadi beberapa kali perubahan posisi saat menjalankan startegi pit stop. Karakter trek yang sempit dan sulit untuk menyalip membuat jalannya pertandingan semakin seru.

Yang cukup menyita perhatian adalah pertarungan antara Max Verstappen (Red Bull) dengan Kimi Raikkonen (Ferrari). Terlebih lagi setelah sayap kiri depan mobil Kimi sedikit rusak lantaran menyenggol bagian belakang mobil milik Verstappen di lap 57. Kimi tampak kesulitan karena berkali-kali melakukan tekanan ia tak kunjung berhasil mendahului Verstappen.

Sama halnya dengan pertarungan Verstappen dan Kimi, Daniel Ricciardo juga sulit tersentuh oleh Sebastian Vettel yang ingin memperoleh posisi podium ketiga.

Hingga lap 70, posisi terdepan Hamilton tetap tidak tergantikan. Ini merupakan kemenangan ketiga berturut-turut sejak Austria awal Juli kemarin. Di samping itu kemenangan tersebut merupakan membuatnya berhasil mengantongi podium tertinggi kelima di musim ini, sekaligus membuat pembalap asal Inggris itu memimpin puncak klasemen.

Sementara Rosberg harus puas finish di urutan kedua, disusul oleh Ricciardo di peringkat ketiga. Rio Haryanto yang bernaung di tim Manor Racing hanya sanggup finish di posisi 21.

Hasil lomba F1 Hungaria 2016:

  1. Lewis Hamilton Mercedes-Mercedes 1:40:30,115
  2. Nico Rosberg Mercedes-Mercedes +1,9
  3. Daniel Ricciardo Red Bull-TAG Heuer +27,5
  4. Sebastian Vettel Ferrari-Ferrari +28,2
  5. Max Verstappen Red Bull-TAG Heuer +48,6
  6. Kimi Raikkonen Ferrari-Ferrari +49,0
  7. Fernando Alonso McLaren-Honda +1 lap
  8. Carlos Sainz Toro Rosso-Ferrari +1 lap
  9. Valtteri Bottas Williams-Mercedes +1 lap
  10. Nico Hulkenberg Force India-Mercedes +1 lap
  11. Sergio Perez Force India-Mercedes +1 lap
  12. Jolyon Palmer Renault-Renault +1 lap
  13. Esteban Gutierrez Haas-Ferrari +1 lap
  14. Romain Grosjean Haas-Ferrari +1 lap
  15. Kevin Magnussen Renault-Renault +1 lap
  16. Daniil Kvyat Toro Rosso-Ferrari +1 lap
  17. Felipe Nasr Sauber-Ferrari +1 lap
  18. Felipe Massa Williams-Mercedes +2 lap
  19. Pascal Wehrlein MRT-Mercedes +2 lap
  20. Marcus Ericsson Sauber-Ferrari +2 lap
  21. Rio Haryanto MRT-Mercedes +2 lap

Tidak finish

  • Jenson Button McLaren-Honda 60 lap

Fastest lap

  • Kimi Raikkonen Ferrari-Ferrari 1:23,086

Source: