Melihat “Isi” Daihatsu Sigra 2016 Indonesia

Oleh Dias Mahendra | 20/08/2016
Melihat “Isi” Daihatsu Sigra 2016 Indonesia

Daihatsu Sigra 2016 Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) tengah menjadi sorotan banyak masyarakat. Pasalnya agen pemegang merek Daihatsu di Indonesia itu memiliki satu mobil baru yang diberi nama Daihatsu Sigra. Model ini merupakan saudara kembar dari Toyota Calya yang akan bersaing dengan Datsun GO+ Panca di kelas LCGC 7 penumpang.

Mobil murah ramah lingkungan atau low cost green car (LCGC) tujuh penumpang ini juga dihadirkan ADM di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Bahkan Daihatsu juga memperlihatkan bagian dalam dari Sigra.

Melihat penampakannya, setengah bagian Daihatsu Sigra dibiarkan terbuka dan menonjolkan aneka komponen yang terkandung di dalamnya. Sedangkan setengahnya lagi tetap dalam kondisi normal.

Dilansir dari laman DetikOto, Satriyo Budiutomo, Research and Development Directorate PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menyebutnya dengan nama Sigra Ultimate Point. “Namanya Sigra Ultimate Point. Jadi kita di situ mau menunjukkan sebenarnya perangkat safety yang ada di Sigra itu sangat superior untuk kelasnya,” ujar Satriyo yang ditemui di arena GIIAS 2016 di BSD City, Tangerang.

Ia menjelaskan, bodi Daihatsu Sigra sengaja dibongkar supaya konsumen bisa melihat fitur keamanan yang terkandung di dalam MPV murah tersebut.

Daihatsu Sigra 2016 Indonesia 2

“Masalahnya ada banyak sekali perangkat passive safety, yang kalau tidak dibuka bagian luarnya itu tidak keliatan bagian dalamnya, contohnya crumple zone, mobil LCGC (Low Cost Green Car) bisa dibilang istilahnya enggak semua mobil ada Crumple Zone, dan perangkat-perangkat lain, nah dengan dibuka itu orang bisa tau oh ini ternyata ada crumple zone, gitu,” jelas Satriyo.

Tidak hanya fitur Crumple Zone saja, tambah Satriyo, ada banyak fitur penunjang keamanan yang dapat dilihat oleh pengunjung.

“Side impact beam nah kita bisa juga memperlihatkan itu. Di situ juga terlihat perangkat-perangkat penunjang yang lain, airbag, airbag pada jam tertentu kita demoin kita ledakin. Selain itu di situ ada pretensioner seatbelt, nah itu istilahnya kalau terjadi tabrakan dia bekerja sama dengan airbag dia akan menarik penumpang ke belakang begitu,” papar Satriyo.

Memperlihatkan ruang dalam yang ada pada Sigra merupakan salah satu alasan dihadirkannya Sigra Ultimate Point.

“Nah selain itu, kita potong biar semua orang bisa lihat bahwa di setiap ruang yang ada, buat customer baris kesatu sampai ke tiga itu lega, dan juga biar keliatan bagasinya lega,” kata dia.

“Jadi ini bisa dikatakan real MPV untuk segmen LCGC, jadi istilahnya kita tidak membuat MPV yang dipaksakan untuk masuk ke LCGC dengan cara diperlihatkan dibuka sehingga customer mengerti,” ungkap Satriyo.

Di samping bodi Daihatsu Sigra, area mesin juga dibiarkan terbuka. Hal ini ditujukan untuk mempertegas bahwa Sigra menggunakan mesin Dual VVT-i.

“Selain itu juga memperlihatkan customer cara kerja mesin, kan keliatan mesinnya Dual VVT-i. Jadi konsumen tahu walaupun LCGC, dia mesinnya mobil pertama yang sudah menerapkan Dual VVT-i,” ujarnya.

Tujuan lain ADM memperlihatkan bagian dalam dari Daihatsu Sigra agar para pengunjung pameran dapat merasakan sesuatu yang unik di booth ADM. “Biar rame, biar pada tertarik ke booth kita,” pungkas Satriyo.

Sebagai informasi tambahan, hadirnya Sigra berdampak positif terhadap penjualan mobil Daihatsu di GIIAS 2016. Pemesanan kendaraan Daihatsu di pameran tersebut naik tajam hingga 91 persen dibanding GIIAS tahun lalu. Pemesanan Daihatsu Sigra selama pameran mencapai 52,5 persen dari total pemesanan keseluruhan.

Source: daihatsu sigra model d,