Kelebihan Chevrolet Trax Indonesia, Unggul Fitur dan Mesin

Oleh Dias Mahendra | 26/08/2016
Kelebihan Chevrolet Trax Indonesia, Unggul Fitur dan Mesin

Kelebihan Chevrolet Trax Indonesia, Chevrolet Trax merupakan pendatang baru di Indonesia yang terjun di segmen low SUV. Merupakan model baru, bukanlah hal mudah bagi Trax untuk bersaing dengan kompetitor yang kebanyakan sudah cukup lama dipasarkan di Indonesia. Oleh karena itu SUV kompak ini harus memiliki kelebihan-kelebihan yang bisa menjadi poin plus di mata calon konsumen.

Hal tersebut sangat disadari oleh Chevrolet. Untuk itu pabrikan mobil asal Amerika Serikat ini menghadirkan sederet fitur menarik. Bahkan beberapa di antaranya tidak dijumpai pada kompetitor sekelasnya. Pada kesempatan ini, kami akan membahas lebih jauh seputar kelebihan-kelebihan Chevrolet Trax yang menjadi senjata andalan untuk bersaing di Tanah Air.

Fitur

Di sisi fitur, mobil SUV ini dilengkapi dengan sistem hiburan layar sentuh 7 inci yang memiliki bentuk seperti smartphone atau ponsel pintar. Chevrolet juga menyertakan fitur MyLink agar pengguna dapat menyambungkan berbagai fungsi smartphone melalui layar.

Dengan mengandalkan fitur tersebut, pengguna dapat mengakses foto, koleksi musik hingga melakukan panggilan telepon ataupun menjawab SMS. Tidak hanya itu, tersedia pula fitur Siri Eyes Free yang terintegrasi dengan voice command mobil. Fitur ini memudahkan pengemudi untuk memperoleh informasi apa saja hanya dengan melakukan perintah suara.

Chevrolet Trax juga dibekali dengan soket power outlet 220 V AC seperti yang biasa ditemui di dalam rumah. Pengguna bisa mengandalkannya untuk mengisi daya gadget atau mengoperasikan berbagai peralatan elektronik di dalam kabin. Melihat panel dasbor, terdapat spidometer digital dengan MID yang menampilkan informasi secara lengkap.

Agar kesan SUV terlihat kental, Chevrolet menyertakan fitur hill descent control yang dapat mengontrol kecepatan mobil ketika menuruni jalanan curam. Selain itu ada pula kamera pandang belakang yang membantu pengemudi saat memundurkan mobil.

Performa

Chevrolet Trax Indonesia 2016 2

Kini saatnya membahas sisi performa dari mobil asal Negeri Paman Sam ini. Di balik bonet bersemayam dapur pacu Ecotec berkapasitas 1.400 cc turbo. Mesin ini dikombinasikan dengan transmisi otomatis 6-percepatan. Berkat mesin tersebut, Trax dapat menghasilkan tenaga sebesar 140 hp. Kelebihan mesin ini terletak pada karakter tenaga yang sangat kuat pada putaran gas bawah. Saat gas diinjak sedikit lebih dalam, turbo akan bekerja melajukan mobil dengan cepat.

Hal tersebut dicapai berkat torsi Chevrolet Trax yang dapat menembus angka 200 Nm pada putaran mesin 1.850 rpm saja. Di samping itu ada dukungan rasio gigi pertama yang cukup besar sehingga berdampak pada ringannya mesin saat memutar gerak roda.

Karakter tenaga tersebut bisa berdampak positif pada konsumsi bahan bakar. Asalkan pengemudi bisa berkendara dengan baik dan benar. Menariknya pengemudi tidak perlu menginjak peda dalam-dalam, sebab Trax dapat menyesuaikan kecepatan dengan keinginan pengemudi. Hanya saja putaran mesin menengah mobil ini terasa kurang memuaskan.

Meski begitu transmisi mobil Chevrolet ini cukup cekatan mendukung tenaga mesin. Sistem perpindahan giginya halus dan tidak mengentak. Chevrolet juga menyediakan mode manual yang bisa memindahkan gigi-gigi dengan sentuhan tangan pada tongkat persneling.

Handling Trax juga terasa memuaskan saat bermanuver dalam kecepatan tinggi. Bobot setir kemudi yang ringan membuat gerakannya mudah dicapai lebih cepat. Kelebihan lain yang ditawarkan pada mobil ini adalah redaman suspensi yang empuk. Hanya saja kadang kala ada guncangan-guncangan yang tidak bisa diredam dengan baik lantaran karakter SUV yang kuat. Bodi roll pada mobil ini kadang terasa, namun masih tergolong sedikit dan bukan menjadi masalah yang serius.

Karakter suspensi yang empuk akan membuat mobil kurang nyaman saat digunakan untuk melewati jalanan berlubang. Selain itu Anda juga perlu waspada saat berada di tikungan dengan kecepatan tinggi. Sebab SUV ini bisa mengalami gejala understeer.

Demikian adalah ulasan kelebihan Chevrolet Trax. Semoga informasi di atas bisa menjadi referensi untuk Anda, khususnya yang sedang ingin membeli Chevrolet Trax.

Source: kelebihan chevrolet trax, kelebihan new trax 2016, kelebihan ditur trax, persneling pada chevrolet trax,