Tips Membeli Kia Rio Bekas, Ini yang Harus Diperiksa

Oleh Dias Mahendra | 08/09/2016
Tips Membeli Kia Rio Bekas, Ini yang Harus Diperiksa

Tips Membeli Kia Rio Bekas, Meskipun kalah bersaing dengan model city car di kelas low cost green car (LCGC), segmen hatchback tetap memiliki peminat tersendiri. Bahkan ada pula yang mencari hatchback di pasar mobil bekas. Jika Anda adalah salah satunya, ada banyak pilihan yang ditawarkan di showroom mobkas.

Dari beberapa model yang ada, Anda bisa mempertimbangkan Kia Rio generasi ketiga. Mobil ini mengusung desain yang cukup menarik dan berbeda dari hatchback buatan Jepang. Bila dibanding dengan generasi kedua, perbedaan terlihat jelas eksterior. Kesan berotot terlihat jelas berkat garis bersiku tajam di bagian bodi. Lalu untuk lampu utama tampil serasi dengan grille Tiger Nose khas mobil Kia.

Desain interior juga tampil tak kalah memikat. Kia juga melengkapinya dengan tombol-tombol yang dapat dijangkau dengan mudah. Hanya saja harus diakui bahwa material Rio tidak sebagus hatchback asal Jepang.

Performa Kia Rio juga terbilang cukup memuaskan. Berbekal mesin dengan kapasitas 1.396 cc 4 silinder hatchback ini dapat mengeluarkan tenaga 108 dk. Konsumsi bahan bakar juga tergolong hemat. Dari hasil pengujian Autobild, konsumsi BBM Kia Rio dapat mencapai 9,3 km/liter untuk jalur dalam kota. Sementara jalur tol konsumsinya mencapai 14,02 km/liter.

Produsen mobil asal Korea Selatan itu juga menyertakan mode Eco untuk meraih konsumsi bahan bakar terbaik. Cara kerja mode ini adalah dengan memberi petunjuk mengenai posisi gigi yang tepat sesuai kecepatan. Ini berlaku untuk transmisi manual. Sementara mode Eco pada transmisi matik terdapat indikator untuk menunjukkan apakah gaya mengemudi sudah eco driving atau tidak.

kia-rio-bekas-2

Salah satu daya tarik dari hatchback asal Negeri Ginseng ini adalah transmisi manualnya yang mencapai 6-percepatan. Padahal hatchback di kelas ini umumnya menggunakan manual 5-percepatan saja. Sementara untuk fiturnya sudah tersedia sensor parkir, on-board computer dan rem ABS. hanya saja fitur airbag hanya tersedia untuk pengemudi saja.

Jika Anda tertarik untuk membeli Kia Rio bekas, berikut akan kami sampaikan beberapa hal yang wajib Anda perhatikan:

Catatan servis

Kia Rio yang ditawarkan di pasaran bermacam-macam. Untuk model paling tua produksi tahun 2012, disarankan untuk memeriksa catatan servis dari pemilik sebelumnya. Hal ini wajib dilakukan mengingat usia mobil sudah mencapai 4 tahun. Cek apakah pemilik sebelumnya rutin melakukan servis sesuai dengan periodenya. Melalui buku catatan servis Anda juga dapat mengetahui apakah mobil pernah mendapat penggantian spare parts.

Pengendalian

Beberapa pemilik Kia Rio mengeluhkan pengendalian yang kurang presisi saat berbelok. Untuk itu pastikan bahwa sistem kemudi pada model yang hendak Anda beli tidak terlalu bermasalah. Untuk mengetahuinya, lakukan test drive.

Karet

Selanjutnya periksa karet di bagian pintu, bagasi dan kap mesin. Cek apakah ada karet yang getas. Biasanya hal ini terjadi karena air yang mengendap saat mobil dicuci ataupun karena waktu pemakaian. Jika Anda menjumpai karet mulai getas, Anda dapat meminta pemilik sebelumnya untuk menggantinya dengan yang baru. Dengan demikian Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih dalam.

Interior

Perlu diketahui, Kia Rio pada umumnya dipakai oleh generasi muda. Oleh karenanya periksa dengan cermat area interior. Pemeriksaan meliputi jok, doortrim, kolong mobil dan dasbor. Selain itu pastikan tidak ada kotoran atau noda membekas di interior. Hal ini bisa muncul lantaran pemilik sebelumnya gemar makan atau minum di dalam kabin.

Bodi

Tahap terakhir adalah pemeriksaan bodi mobil. Seiring pemakaian, tidak menutup kemungkinan mobil mendapat banyak baret. Oleh karena itu cek bagian spion, bumper depan dan belakang, tak terkecuali bagian pintu mobil. Baret halus masih bisa dihilangkan dengan membawanya ke salon mobil. Namun jika ada baret dalam, maka biaya yang dikeluarkan untuk pengecatan ulang pasti lebih mahal.

Yang tak kalah penting dan tidak boleh terlewat adalah memeriksa sektor mesin. Pastikan mesin mobil yang akan dibeli terbebas dari permasalahan. Jika Anda tidak paham mengenai hal ini, Anda bisa memeriksanya dengan membawa ke bengkel resmi atau bengkel spesialis.

Harga

  • Rio 1.4 M/T 2012 : Rp 110 jutaan
  • Rio 1.4 M/T 2013 : Rp 120 jutaan
  • Rio 1.4 M/T 2014 : Rp 140 jutaan
  • Rio 1.4 M/T 2015 : Rp 160 jutaan
  • Rio 1.4 A/T 2012 : Rp 120 jutaan
  • Rio 1.4 A/T 2013 : Rp 130 jutaan
  • Rio 1.4 A/T 2014 : Rp 150 jutaan
  • Rio 1.4 A/T 2015 : Rp 170 jutaan

Demikian adalah tips membeli Kia Rio bekas. Semoga informasi di atas dapat memberikan bantuan untuk Anda yang sedang mencari hatchback ataupun Rio bekas.

Source: harga kia rio seken, bagaimana membeli kio rio indonesia bekas, tombol karet bagasi kia rio, tips beli kia rio bekas, tip membeli kia rio second, pengujian kia rio autobild, kia rio bekas 2014 berapa, kia rio bekas, kia rio 2016 di Indonesia, kenapa harus beli kia rio,