Panduan Membeli Chevrolet Trailblazer Indonesia Bekas

Oleh Dias Mahendra | 07/12/2016
Panduan Membeli Chevrolet Trailblazer Indonesia Bekas

Chevrolet Trailblazer Indonesia Bekas, Pasar sport utility vehicle (SUV) memang kalah pamor dari multi purpose vehicle (MPV), namun bukan berarti SUV sepi pembeli. Segmen yang diisi mobil bertubuh bongsor ini banyak diincar konsumen, baik di Tanah Air maupun luar negeri. Penjualannya juga mengalami kenaikan sehingga mengundang merek-merek mobil untuk ikut meramaikan pasar SUV.

Mobil ini umumnya memiliki tampilan yang cukup menarik dan gagah. Selain itu ground clearance yang cukup tinggi membuatnya sanggup melibas medan sulit. Hal inilah yang menjadi daya tarik di mata masyarakat. Terlebih kondisi jalanan di Indonesia yang belum terlalu baik.

Apabila Anda memiliki rencana untuk membeli SUV, Anda bisa mulai mencari-cari di internet. Pilihan yang ditawarkan cukup banyak, namun kebanyakan didominasi merek Jepang. Jika bosan dengan mobil Negeri Bunga Sakura, salah satu pilihan alternatifnya adalah mobil asal Amerika. Pilihannya bisa Chevrolet Trailblazer bekas.

Eksterior

Mobil ini mengusung desain body in-wheels out, artinya desain tersebut memberikan sudut depan dan belakang yang tinggi serta garis kuat dalam kap mesin dan dilengkapi dengan dual-port grille. Tampilan Trailblazer ini sangat kental dengan ciri khas mobil Chevrolet.

Panjang keseluruhan MPV ini mencapai 4.878 mm dengan lebar 2.132 mm yang membuat interior terlihat luas. Sementara tingginya mencapai 1.831 mm untuk varian 2.5L LT dan 1.847 mm varian 2.8L LTZ.

Chevrolet Trailblazer Bekas 1

 

Lalu wheelbase mencapai 2.845 mm sehingga memberikan pengendalian dan stabilitas. Lalu untuk minimum ground clearance 241 mm dengan pelek 16 inci untuk varian 2.5L LT dan 231 mm dengan pelek 18 inci untuk varian 2.8L LTZ.

Interior

Kabin Chevrolet Trailblazer memiliki ruang yang luas dengan konfigurasi tiga baris kursi. Desain yang ditawarkan menarik dengan trim two-tone krem dan abu-abu gelap. Sedangkan kursi kulit berwarna terang sehingga menyajikan kesan kontras. Setidaknya ada 32 kompartemen penyimpanan yang berada di seluruh interior dan dual glove box yang besar.

Fitur keselamatan

Mobil ini memiliki sistem Anti-lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brake-force Distributon (EBD) untuk menunjang keselamatan selama perjalanan. Selain itu terdapat kantong udara untuk pengendara dan penumpang depan.

Khusus untuk varian 2.8 LTZ, Chevy menambahkan fitur keselamatan Electronic Stability Control (ESC), Hydraulic Brake Assist, Traction Control, Dynamic Rear Brake Proportioning, Panic Brake Assist, Limited Slip Positraction, Hill Start Assist, Hill Descent Control. Disertakan pula ventilated disc brakes untuk keempat rodanya.

Chevrolet Trailblazer Bekas 3

Mesin

Trailblazer tersedia dalam dua pilihan mesin, yaitu diesel 2.500 cc dan 2.800 cc. Tipe 2.5L LT dibekali dengan sistem penggerak dua roda (4×2) dan transmisi manual 5-percepatan. Lalu untuk 2.8L LTZ mengandalkan penggerak empat roda (4×4) dengan transmisi otomatis 6-percepatan.

Untuk mesin dengan kapasitas 2.500 cc memiliki tenaga maksimum 150 dk pada putaran mesin 3.800 rpm dengan torsi 350 Nm pada 2.000 rpm. Sedangkan mesin 2.800 cc sanggup memuntahkan tenaga sebesar 180 dk pada 3.800 rpm dengan torsi 470 Nm pada 2.000 rpm.

Apabila Anda menyukai kegiatan off road, maka Chevrolet Trailblazer 2.8L LTZ bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun jika hanya dipakai untuk harian model 2.5L LT dirasa sudah cukup.

Baca juga: Chevrolet Trailblazer Indonesia Terbaru Meluncur Akhir 2016?

Menurut laman Autobild, mesin diesel modern sensitif pada kualitas BBM. Hal yang sama juga berlaku pada mesin Trailblazer. Oleh karena itu pastikan bahwa pemilik sebelumnya selalu menggunakan BBM diesel yang sesuai dengan spesifikasi mesin. Hal ini bertujuan untuk menghindari permasalahan ketika Anda pakai.

Bagian-bagian lain juga membutuhkan pengecekan. Seperti sektor kaki-kaki, hingga sasis. Pemeriksaan harus dilakukan dengan teliti jika mobil yang Anda pilih merupakan bekas dipakai perusahaan. Lebih baik urungkan niat Anda untuk membeli jika kondisi mobil yang dipilih di bawah harapan. Sebab hal tersebut bisa membuat Anda mengeluarkan banyak biaya untuk memperbaiki kerusakan pada mobil.

Purna jual dan sparepart

Di awal tahun ini General Motors Indonesia memang menghentikan penjualan Trailblazer di Indonesia. Namun menurut kabar yang beredar, GM Indonesia akan kembali meluncurkan Trailblazer terbaru pada penghujung tahun 2016 atau tahun depan. Itu artinya Anda tidak perlu khawatir mengenai layanan purna jualnya.

Chevrolet Trailblazer Bekas 2

Seandainya nantinya Trailblazer terbaru tidak dijual di Indonesia, GM Indonesia tidak akan diam saja. Agen pemegang merek General Motors ini berkomitmen untuk menjaga ketersediaan suku cadang produk jualannya. Dalam klausul kontrak dengan supplier disebutkan bahwa supplier diwajibkan untuk menyediakan suku cadang minimal 10 tahun setelah produksi terakhir kendaraan.

Hingga saat ini terdapat 40 dealer resmi di Indonesia. Selain itu terdapat 3 authorized service outlet dan 770 part shop. Jika Anda melihat toko suku cadang dengan signage dan logo Chevrolet dan kata “Menyediakan Suku Cadang Genuine Chevrolet”, maka artinya toko tersebut menjual onderdil yang sama dengan yang dijual bengkel resmi. Harga sparepart tersebut diklaim sama.

Di samping itu Anda juga bisa bergabung dengan komunitas penggemar Chevrolet Trailblazer. Dengan begitu Anda bisa mendapat referensi dan rekomendasi dari anggota komunitas untuk dijadikan rujukan dalam mencari bengkel non resmi yang terpercaya untuk perawatan dan perbaikan Trailblazer.

Di pasar mobil bekas, harga Chevrolet Trailblazer Indonesia bekas berkisar Rp 250 juta hingga Rp 350 juta. Pilihan tipe, tahun produksi dan kondisi mobil mempengaruhi harga jual. Maka dari itu jangan mudah terkecoh dengan tawaran harga yang murah.

Source: roda penggerak di depan ada pada mobil merek apa, suv terbaru chevrolet, trailblazer indonesia,