Cara Ketahui Penyebab Bau Tak Sedap pada Mesin Motor

Oleh Dias Mahendra | 05/01/2015
Cara Ketahui Penyebab Bau Tak Sedap pada Mesin Motor

Penyebab Bau Sangit pada Sepeda Motor, Permasalahan pada sepeda motor cukup beragam, salah satu di antaranya adalah bau tidak sedap yang muncul pada mesin. Meskipun penggantian pelumas atau oli telah dilakukan dengan benar dan teratur, masalah tersebut masih bisa muncul. Hal ini tentu mengganggu pengguna motor tersebut. Lalu apa yang menyebabkan terjadinya permasalahan tersebut?

Secara teknis, bau tidak sedap dapat muncul lantaran mesin mengalami kepanasan. Salah satu akar peramasalahannya karena kerak yang menumpuk di dalam ruang bakar. Hal inilah yang membuat membuat kompresi tinggi sementara settingan karburator tidak sesuai dengan kondisi seperti itu.

Penyebab Bau Tak Sedap pada Mesin Motor 2

Untuk memeriksanya, lihatlah komponen pilot jet yang ada di dalam karburator. Periksalah apakah bagian tersebut bersih atau terdapat sumbatan. Apabila lubang tersebut tersumbat pada kondisi bukaan gas kecil, ruang karbu akan mengering dan berpotensi menimbulkan suhu yang tinggi dalam ruang mesin. Hal semacam ini dapat terjadi bahkan saat kendaraan melaju dalam kecepatan rendah.

Penyebab lainnya yang membuat bau mesin tidak sedap adalah rembesan oli mesin pada silinder cop, blok silinder dan lubang buang. Apabila masalah yang timbul terlanjur parah, seing dijumpai asap lebat dan bau menyengat yang berasal dari saluran buang atau knalpot. Jika hal tersebut menimpa tunggangan kesayangan Anda, alangkah baiknya untuk segera mengatasi kebocoran yang timbul dan mengganti beberapa komponen seperti o-ring, pakin dan sealant.

Source: knalpot motor bau bensin, penyebab motor bau bensin, knalpot motor bau sangit, motor matic bau gosong, knalpot bau bensin, motor baru bau sangit, penyebab knalpot bau sangit, penyebab knalpot motor bau bensin, knalpot bau sangit, bau gosong pada motor matic,