6 Tips Mengemudi Mobil Saat Hujan Lebat dengan Tepat

Oleh Dias Mahendra | 06/01/2015
6 Tips Mengemudi Mobil Saat Hujan Lebat dengan Tepat

Trik Mengendarai Mobil Saat Hujan Lebat, Mengendarai mobil saat turun hujan lebat bukanlah hal yang mudah. Di saat seperti ini kondisi jalanan menjadi tidak bersahabat lantaran lebih licin dan genangan air yang mudah dijumpai.

Oleh karena itu ada beberapa hal yang wajib diperhatikan agar keamanan selama berkendara tetap terjaga. Memeriksa kondisi kendaraan dan pengemudi itu sendiri merupakan hal yang tidak boleh terlewatkan. Selain itu, ada beberapa tips yang harus dilakukan saat berkendara dalam keadaan hujan lebat.

Tips Mengendarai Mobil Saat Hujan Lebat 2

Di bawah ini adalah lima tips mengemudi aman yang dianjurkan oleh Sony Susmana, instruktur Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI):

  1. Pastikan pandangan Anda luas dengan blindsopt yang sedikit. Dengan demikian Anda dapat mengetahui apa saja yang ada di sekitar kendaraan.
  2. Jagalah kecepatan mobil, sebab semakin cepat Anda memacu kendaraan, akan semakin mempersempit sudut pandang pengemudinya.
  3. Disarankan untuk menggerakkan mata ketika mengemudi, seperti melihat ke depan, spion, dan indikator secara berulang-ulang. Hal perlu dilakukan agar pengendara selalu dalam kondisi yang siap untuk melakukan tindakan antisipasi.
  4. Jalinlah komunikasi dengan pengendara lainnya.
  5. Jagalah jarak aman mobil Anda dengan kendaraan lain yang ada di sekitar Anda.
  6. Hindari genangan air yang ada di jalanan. Sebab, genangan air dapat membuat kendaraan mengalami aquaplaning. Selain itu, genangan air dapat menutupi lubang-lubang di jalan yang bisa membahayakan pengguna jalan.

Source: berkendara mobil saat hujan,