Tips Merawat Motor Trail Agar Tidak Cepat Rusak

Oleh Dias Mahendra | 14/01/2015
Tips Merawat Motor Trail Agar Tidak Cepat Rusak

Trik Merawat Motor Trail, Melakukan petualangan dengan motor trail merupakan kesenangan tersendiri bagi para penggemar off-road. Tidak hanya untuk menyalurkan hobi, berpetualang di alam bebas yang indah dapat menghilangkan stres yang kerap datang di dalam pikiran.

Seperti yang diketahui bersama, motor trail merupakan motor yang kuat dan tangguh. Sebab motor ini memang dibuat untuk menaklukkan berbagai medan. Maka bukanlah hal yang mengherankan jika motor ini sanggup melintasi kondisi jalanan yang sulit sekalipun.

Kendati demikian, motor trail tetap memerlukan perawatan seperti sepeda motor lainnya. Hal ini dilakukan agar komponen-komponen pada motor trail tidak cepat rusak.

Cara Merawat Motor Trail yang Baik dan Benar 2

Pertama-tama, yang harus diperhatikan oleh pemilik motor trail adalah kebersihan motor tersebut. Berbagai medan yang dilalui, baik berdebu, becek atau bahkan berlumpur akan meninggalkan kotoran pada motor. Oleh karena itu segera bersihkan motor trail Anda jika menemukan kotoran-kotoran tersebut. Jika dibiarkan saja tentu akan menimbulkan permasalah di kemudian hari.

Periksa pula kondisi komponen-komponen pada motor trail. Seperti piston, silinder head karburator, kabel kopling dan lain-lain. Pastikan onderdil dalam kondisi baik sehingga motor trail kesayangan Anda dapat dikendarai dengan baik.

Selain itu kondisi rantai dan gear juga harus diperiksa secara rutin. Berilah pelumas pada rantai jika motor baru saja digunakan untuk melewati jalanan basah atau becek. Ini perlu dilakukan supaya rantai dan gear motor tidak cepat aus dan kendur.

Jangan lupa untuk memeriksa kondisi kampas rem dan kampas kopling. Terlebih lagi setelah melakukan off-road atau race.

Source: motor trail, cara merawat dtracker, trail ninja 2 tak, gambar motor trail, cara perwatan cross viar, tips service motor trail, perawatan untuk dtracker 150, perawatan ninja trail, perawatan dtracker 2016 terbaru, motor yang rusak di Cross Kawasaki,