3 Tips Merawat Power Window Mobil Secara Tepat

Oleh Dias Mahendra | 14/01/2015
3 Tips Merawat Power Window Mobil Secara Tepat

Trik Merawat Power Window Mobil, Umumnya power window tidak membutuhkan perawatan tertentu. Akan tetapi bukanlah hal yang tidak mungkin jika komponen ini mengalami permasalahan.

Komponen ini tidak dapat dilihat secara langsung karena letaknya berada di balik pintu. Hal inilah yang membuat para pemilik kendaraan kurang memperhatikan kondisinya. Power window pada dasarnya terdiri dari tiga unit, yakni motor penggerak, rel bergerigi dan relay elektronik.

“Mekanisme perawatan power window tidak seperti komponen mesin yang harus diperiksa berkala, sebab sistem power window termasuk kategori free maintenance. Artinya, beberapa bagian dari power window tidak perlu perawatan khusus,” kata Kusdiana dari Gemilang Motor.

Cara Merawat Power Window pada Mobil 2

Sebenarnya cara kerja power window terbilang sederhana. Apabila pada kenop kaca konvensional mengharuskan penggunanya untuk memutar engkol, sedang power window menggunakan motor listrik sebagai pengganti putaran engkol. Kendati demikian bukanlah perkara mudah untuk mengutak-atik komponen tersebut.

Berikut adalah beberapa tips untuk merawat power window:

  1. Periksa kondisi rel kaca pintu, terutama karet penjepitnya. Apabila terdapat bagian yang getas, oleskan cairan silikon atau rubber treatment. Namun jika karet kaca kaca pintu mengalami keretakan, Anda harus mengganti bagian tersebut untuk mengatasinya.
  2. Perhatikan kondisi kaca ketika naik turun. Apabila lambat saat naik, kemungkinan motor listrik pemutar engkol lemah. Sementara jika kaca lambat turun, bisa jadi mekanisme gerigi dan rel kaca bagian dalam mengalami masalah.
  3. Apabila terdengar suara ketika kaca dioperasikan, bisa dipastikan masalah timbul karena kurangnya pelumasan pada roda gerigi dan mekanisme motor.

Source: cara merawat motor power window, cara merawat power wundow,