Tips Merawat Mesin Mobil dengan Baik dan Tepat

Oleh Dias Mahendra | 14/01/2015
Tips Merawat Mesin Mobil dengan Baik dan Tepat

Trik Merawat Mesin Mobil, Sama halnya dengan komponen lain, mesin juga membutuhkan perawatan tersendiri agar panjang umur dan dapat bekerja secara maksimal. Apabila Anda ingin merawat mesin mobil tanpa mengeluarkan banyak biaya, Anda dapat merawatnya sendiri di rumah.

Beberapa komponen seperti blok mesin, kabel busi dan ruang mesin yang meliputi bodi mesin lapisan bawah kap mobil, silinder head sampai penutup filter udara harus selalu dirawat agar tahan lama.

Untuk membersihkan mesin mobil agar terlihat kembali seperti baru, ada beberapa peralatan yang harus Anda persiapkan. Diantarannya engine degreaser, sabun colek, batu ijo,wax, compound dan lap.

Cara Merawat Mesin Mobil 2

Sebelum membersihkannya perhatikan beberapa hal, seperti piranti AC dan alternator. “Apabila alternator terkena air atau bahan kimia, bisa merusak kumparan yang ada di dalamnya. Begitu pula dengan AC, bisa mengakibatkan perembesan yang akan merusak bagian piston AC,” ungkap Edwin Setiawan, pemilik salon mobil di bilangan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Untuk membersihkannya, pertama-tama lap seluruh bagian mesin dengan kain katun bersih. Setelah selesai dibersihkan, lanjutkan pembersihan pada bagian blok mesin. Oleskan larutan batu ijo yang dicampur minyak tanah ke semua bagian blok, lalu bersihkan dengan lap katun bersih.

Selain cara tersebut, Anda dapat membersihkannya dengan engine degreaser, kemudian dilapisi dengan sabun colek untuk menghaluskan permukaan blok mesin. Bisa juga membersihkannya dengan sikat halus yang telah dilapisi sabun, lalu digosokkan ke blok mesin.

Untuk bagian ruang dan bodi mesin, bersihkan dengan wax dan lap dapur berpori. Oleskan wax ke seluruh bagian bodi mein, kemudian bersihkan dengan lap dapur berpori. Lakukan pembersihan minimal setiap tiga bulan sekali.

Source: degreaser komparasi, tips merawat mesin mobil innova,