4 Tips Merawat Aki Basah Mobil Agar Tahan Lama

Oleh Dias Mahendra | 15/01/2015
4 Tips Merawat Aki Basah Mobil Agar Tahan Lama

Trik Merawat Aki Basah Mobil, Lain halnya dengan aki kering yang minim perawatan, aki basah memerlukan perawatan ekstra agar dapat bekerja dengan maksimal. Tapi perlu diingat, merawat aki basah tidak hanya sebatas mengisi cairan elektrolit saja.

Kusnadi, service advisor Utama Aki menerangkan, agar komponen aki selalu terjaga kondisinya, perawatan juga melibatkan mobil tersebut.

“Sebab, pengisian arus aki berasal dari alternator mobil. Karena itu, agar arus listrik tetap terjaga dan aki awet, perawatan juga melibatnya mobil,” ungkapnya.

Cara Merawat Aki Basah Mobil 2

Arus listrik yang selalu terjaga tidak akan membuat aki cepat bermasalah. Lain halnya dengan arus listrik yang tidak terjaga. Hal tersebut dapat membuat aki tekor dan mobil mogok walaupun usia aki belum sampai batas pemakaian maksimal.

Berikut tips dari Kusnadi mengenai bagaimana merawat aki basah mobil:

1. Pemeriksaan rutin
Lakukan pemeriksaan untuk memastikan kondisi bodi aki, terminal dan kabel. Apabila terdapat permasalahan seperti karat dan kabel yang mengelupas, segera atasi hal tersebut.

2. Air aki harus sesuai dengan ukuran
Air aki atau cairan elektrolit berperan untuk menghantarkan arus listrik. Cairan ini dapat berkurang karena penguapan ataupun adanya kerusakan.

3. Panaskan mesin mobil
Memanaskan mobil bertujuan untuk membuat arus listrik pada aki terus terisi oleh alternator yang membuat kondisinya tetap stabil. Panaskan mesin mobil paling tidak 10 menit.

4. Matikan perangkat elektronik sebelum mematikan mobil
Sebelum mematikan mobil, alangkah baiknya Anda mematikan seluruh perangkat elektronik pada mobil. Tujuannya agar aki tidak terbebani saat mobil kembali dihidupkan.

Source: