New Yamaha Jupiter Z1 Indonesia Gunakan Standar Emisi Euro3!

Oleh Dias Mahendra | 21/01/2015
New Yamaha Jupiter Z1 Indonesia Gunakan Standar Emisi Euro3!

Yamaha Jupiter Z1 Indonesia Terbaru, Pasar motor Tanah Air kembali kedatangan sosok motor baru berlambang tiga garputala, yakni Yamaha Jupiter Z1. Motor bebek andalan automaker Jepang ini digadang-gadang menjadi motor pertama Yamaha yang menggunakan standar emisi Euro3.

Sekedar informasi, Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menerapkan regulasi standar Euro3 yang dikeluarkan oleh Worldwide Motorcycle Emission Test Cycle (WMTC). Dengan menggunakan aturan WMTC, motor dapat diekspor ke seluruh dunia. Selain itu adanya aturan untuk mengurangi tingkat kebisingan, terutama pada knalpot dan mesin motor menjadi salah satu poin tambahan dari standar Euro3 WMTC.

Yamaha Jupiter Z1 2015 Indonesia 2

Yamaha Jupiter Z1 menggunakan dua perangkat baru yakni ECU dan knalpot catalic converter dengan O2 sensor yang membuat kendaraan lebih ramah lingkungan. Panjang katalis yang sebelumnya hanya 30 mm bertambah panjang menjadi 60 mm sehingga matrix volume katalis naik menjadi 51,4 cm3.

“Memenuhi standard Euro3 karena kontribusi katalis di knalpot. Dengan standar Euro 3, saringan knalpot lebih baik sehingga gas buangannya juga lebih ramah lingkungan. Ini merupakan komitmen Yamaha turut menjaga lingkungan bersama dan menunjukkan sebagai pabrikan yang peduli dan bertanggung jawab kepada masyarakat luas. Tidak hanya Jupiter Z1, motor-motor baru Yamaha yang akan dikeluarkan tahun ini menggunakan Euro3 yang merupakan standar global dan internasional,” jelas Asisten GM Marketing Manager PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Mohammad Masykur, Rabu (21/01/2015).

Yamaha Jupiter Z1 2015 dengan standar emisi Euro3 dibanderol sama dengan harga model sebelumnya, yakni Rp 14,615 juta on the road Jakarta.

Source: spesifikasi jupiter z 1,