Cara Menyetir Mobil yang Baik dan Ideal, 9.15 Atau 10.10?

Oleh Dias Mahendra | 28/01/2015
Cara Menyetir Mobil yang Baik dan Ideal, 9.15 Atau 10.10?

Trik Memegang Setir Mobil, Ada bermacam-macam gaya dalam memegang roda kemudi mobil. Setiap gaya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Lalu bagaimana cara memegang setir kemudi yang baik dan nyaman?

Rifat Sungkar, pembalap nasional memiliki beberapa tips mengenai posisi menyetir yang ideal.

Rifat menjelaskan, desain dan spok setir mobil mempengaruhi posisi menyetir pengendara. “Setir mobil itu beda-beda. Desain dan spokenya beda-beda. Tapi semua spoke ada buat menaruh jempolnya,” kata brand ambassador Mitsubishi ini.

Lebih lanjut Rifat memaparkan, ada dua teori yang tepat dalam memegang setir, yaitu posisi pukul 09.15 dan 10.10. Untuk posisi 09.15, jempol kanan dan kiri berada di ujung atas spoke.

Tips Posisi Mengemudi Mobil 2

“Kenapa jempol disarankan ditaruh di situ (spoke/posisi 9.15)? Ada dua alasannya. Pertama ketika berbelok ke kiri dan kanan sama perputarannya,” jelasnya.

Lain halnya jika menyetir dengan posisi 10.10. Saat memutar ke kiri, tangan kanan bekerja keras lantaran naik ke atas, sedangkan posisi tangan kiri berada di bawah, begitu juga sebaliknya. Posisi menyetir seperti ini dapat membuat tangan pengemudi cepat lelah jika kondisi jalanan banyak terdapat belokan.

Berikutnya, Rifat mengatakan apabila terjadi kecelakaan, posisi mengemudi 9.15 dapat menahan hentakan dengan kuat. Sebab ujung spoke adalah bagian terkuat dari setir.

“Posisi ini (09.15) tangan bisa tekan badan kita. Kalau pegang atas (10.10), setir bisa bengkok ke depan. Kalau 9.15 setidaknya tenaga badan masih ditahan sama spoke,” paparnya.

Source: cara memutar setir mobil yg benar, cara memegang stir mobil yang benar, cara pegang setir yg benar, video memutar setir yg aman ala rifat sungkar, gambar cara meggang stir mobil, cara pegang kemudi, cara memutar setir mobil dengan benar, cara memutar setir mobil yang benar, bagaimana memegang stir mobil yg benar, gambar cara megang setir mobil yang baik,