SUV Terlaris Indonesia 2015, Didominasi Merek Jepang

Oleh Dian Hadi Kusuma | 24/02/2015
SUV Terlaris Indonesia 2015, Didominasi Merek Jepang

Mobil SUV Terlaris Indonesia, Walaupun keberadaannya belum mampu untuk mematahkan kepopuleran model MPV (Multi Purpose Vehicle) di Indonesia, namun model SUV (Sport Utility Vehicle) tetap memiliki konsumen tersendiri. Pasar mobil segmen SUV tidak pernah sepi peminat. Mobil ini pada umumnya dicari oleh konsumen dengan tingkat perekonomian yang mapan dan menginginkan kendaraan dengan beragam fitur.

Ada alasan lain mengapa banyak konsumen Indonesia yang memilih mobil SUV sebagai kendaraan pribadi. Kabin yang cukup lega dapat memberikan kenyamanan yang lebih baik kepada pengendara dan penumpang. Selain itu dengan ground clearance yang cukup tinggi membuat mobil model SUV dapat melintasi segala medan, termasuk lintasan yang tidak rata ataupun banjir yang merendam jalanan.

Oleh karenanya para produsen mobil saling bersaing untuk menghadirkan SUV andalannya, lengkap dengan sederet fitur yang canggih dan menarik. Tidak hanya itu, para produsen juga menawarkan kenyamanan dan pengalaman berkendara yang memuaskan sebagai senjata ampuh untuk menaklukkan para pesaingnya.

Hingga saat ini pasar mobil segmen SUV masih didominasi oleh merek-merek asal Jepang. Banyaknya model di segmen SUV membuat konsumen Tanah Air dapat lebih leluasa untuk memilih model SUV mana yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya.

SUV Terlaris Indonesia Januari 2015 2

Lalu apa saja SUV terlaris di awal tahun ini? Berikut adalah daftar SUV terlaris yang dilansir dari data penjualan Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia):

1. Toyota Fortuner

SUV andalan produsen mobil asal Negeri Samurai, Toyota ini berhasil menempati peringkat pertama dengan penjualan 1.138 unit. Keberadaan Toyota Fortuner di Indonesia memang menjadi masalah tersendiri bagi para kompetitornya. Fortuner yag dijual di Indonesia ditawarkan dalam delapan tipe dan dijual dalam tiga pilihan bensin, yakni bensin 2.500 cc dan 2.700 cc, serta mesin diesel berkapasitas 2.500 cc. Toyota menyediakan dua pilihan sistem transmisi, yakni otomatis dan manual.

2. Nissan X-Trail

Beralih ke peringkat kedua, Nissan berhasil menempatkan X-Trail di posisi ini dengan penjualan sebesar 1.046 unit. Mobil yang telah lama berkiprah di segmen ini baru saja mendapatkan ubahan pada bagian desain yang benar-benar baru dan segar. Nissan X-Trail dijual di Indonesia dalam tiga tipe mesin tanpa pilihan mesin bensin, antara lain mesin 2.000 cc manual dan otomatis, serta 2.500 cc otomatis.

3. Honda CR-V

SUV berlambang H yang khas ini memang memiliki populasi yang banyak. Hingga saat ini Honda CR-V telah memasuki generasi ketiga. Honda Indonesia menawarkan CR-V dalam empat tipe, antara lain mesin 2.000 cc manual dan otomatis, serta dua mesin 2.400 cc otomatis. Pada bulan Januari 2015 ini Honda CR-V telah terjual sebanyak 1.043 unit.

4. Mitsubishi Pajero Sport

Pajero Sport adalah model SUV andalan Mitsubishi di Tanah Air selain Outlander. Sepanjang bulan Januari kemarin Mitsubishi Pajero Sport telah mengantongi penjualan sebanyak 911 unit. Pajero Sport memiliki enam tipe yang bisa dipilih oleh konsumen. Lima tipe merupakan mesin diesel dengan pilihan penggerak 4×2 dan 4×4. Sementara satu mesin berikutnya adalah mesin bensin V6.

5. Honda HR-V 1.8

Lain halnya dengan Honda HR-V bermesin 1.500 cc yang termasuk ke dalam kategori Low SUV, HR-V dengan mesin berkapasitas 1.800 cc termasuk dalam segmen yang sama dengan CR-V. Mobil baru andalan Honda ini mencetak prestasi yang cukup baik. Pada awal tahun ini, HR-V berhasil membukukan penjualan sebanyak 640 unit. Perlu diketahui, Honda HR-V tipe 1.800 cc merupakan varian tertinggi dari deretan HR-V yang diniagakan di Indonesia.

Source: mobil suv melintasi segala medan, penjualan suv 2015 indonesia, penjualan x trail 2015 di dunia,