Daftar Mobil Paling Ekonomis di Indonesia Tahun 2015

Oleh Yogi Kurniawan | 02/03/2015
Daftar Mobil Paling Ekonomis di Indonesia Tahun 2015

Daftar Mobil Indonesia Paling Ekonomis, Beberapa waktu yang lalu US News & World Report merilis datar mobil paling ekonomis, Best Cars For the Money Award 2015. Dari beberapa model yang masuk ke dalam daftar tersebut, terdapat beberapa nama mobil yang juga diniagakan di Tanah Air.

Dilansir dari situs resmi US News & World Report, daftar tersebut disusun guna membantu dan mempermudah konsumen dalam memilih mobil terbaik dan memiliki harga jual yang sesuai dengan kondisi ekonominya. Ketika menyusun daftar ini, para analis mendata ratusan jenis mobil pada 21 kelas yang dijual secara global.

Kemudian mobil-mobil tersebut dinilai dengan memperhatikan performa, perbandingan harga dan biaya lain yang harus dikeluarkan oleh pemiliknya. Selain itu panitia juga menggabungkan data dari sejumlah lembaga riset, seperti Vincentric dan TrueCar, serta mengambil penilaian media mengenai fitur interior, kenyamanan dan kinerja mobil.

Berikut adalah nama mobil yang masuk ke dalam daftar Best Cars for the Money 2015 yang juga dipasarkan di Tanah Air:

1. Volkswagen Golf GTI

Mobil yang termasuk ke dalam segmen hatchback ini merajai kelas sport car murah. VW Golf GTI banyak diminati karena memiliki handling yang dinilai memuaskan. Selain itu perpindahan transmisi pada hatchback ini dinilai lebih halus. Menurut orang Amerika, GTI dianggap ekonomis dari segi tingkat konsumsi bahan bakar (BBM).

Harga di Indonesia: Rp 740 Juta (perkiraan)
Rasio konsumsi BBM (mil per galon/MPG): 1:25 (dalam kota) dan 1:34 (jalan tol).

2. Hyundai Sonata

Mobil berikutnya yang masuk ke dalam daftar adalah Hyundai Sonata. Sedan midsize ini disukai oleh para konsumen, sebab pabrikan mobil asal Negeri Gingeng tersebut menjual Sonata dengan harga yang terbilang cukup murah untuk material interior yang dinilai berkualitas. Para Jurnalis di Amerika memberi tanggapan positif pda Hyundai Sonata dalam hal kenyamanan kabin, serta memiliki tingkat kebisingan paling rendah.

Hyundai Sonata 2015

Harga di Indonesia: Rp 490 juta (tipe GLS AT)
Rasio Konsumsi BBM (MPG): 1:25 (dalam kota) dan 1:37 (jalan tol)

3. Honda CR-V

Mobil andalan automaker asal Negeri Bunga Sakura ini berada di puncak kelas sport utility vehicle (SUV) kompak. Honda CR-V rupanya menjadi kendaraan terpopuler di kalangan konsumen kendaran di Amerika. Alasannya mobil ini memiliki kabin yang praktis dan nyaman. Selain itu Honda CR-V dinilai awet dan biaya perawatannya relatif murah, serta memiliki performa yang baik.

Harga di Indonesia: Rp 359 juta (Honda CR-V 2,0 L I-VTEC manual) Rp 477,5 juta (Honda CR-V 2,4 L Prestige CVT)
Rasio konsumsi BBM (MPG): 1:20 (dalam kota) dan 1:27 (jalan tol)

5. Honda Fit/ Honda Jazz

Honda Fit atau yang lebih dikenal dengan nama Honda Jazz di Indonesia ini menjadi model hatchback kompak paling ekonomis. Honda Jazz dinilai memiliki kargo terluas di kelasnya, dengan konsumsi bahan bakar yang hemat dan harga jual yang relatif murah.

Harga di Indonesia: Rp 203 juta (New Jazz A Manual) dan Rp 268 juta (New Jazz RS Black Top Limited Edition).
Rasio konsumsi BBM (MPG): 1:33 (dalam kota) dan 1:41 (jalan tol)

6. Chevrolet Colorado

Chevrolet Colorado memimpin di kelas pikap kopak. Chevrolet Colorado, terutama varian double cabin dianggap terbaik karena memiliki interior paling nyaman di kelasnya. Tidak hanya itu, mobil ini juga memiliki rasio konsumsi BBM yang lebih hemat dibandingkan para pesaingnya.

Harga di Indonesia: Rp 344 juta
Rasio Konsumsi BBM (MPG): 1:19 (dalam kota) dan 1:26 (jalan tol)

Source: mobil double cabin paling irit, double cabin paling irit, hatchback paling nyaman, mobil ekonomis, doble cabin paling irit, mobil paling nyaman di jalan tol, mobil double cabin paling irit bbm, mobil double cabin irit, mobil dobel kabin paling irit bbm, mobil dobel cabin teririt bbm,