Suzuki Address Versi Lokal dan Ekspor, Apa Perbedaannya?

Oleh Dias Mahendra | 03/03/2015
Suzuki Address Versi Lokal dan Ekspor, Apa Perbedaannya?

Perbedaan Suzuki Address Lokal dan Ekspor, Beberapa waktu yang lalu Suzuki Indonesia mengekspor skutik baru andalannya, Address. Motor matic berlambang S tersebut dikirim dari Tambun, Bekasi ke tiga benua, yakni Asia, Eropa dan Pasifik.

Perlu diingat, pasar motor di tiga benua tersebut mempunyai standar produksi yang tinggi, sehingga produk impor yang datang harus memiliki kualitas yang prima.

Lalu adakah perbedaan antara Suzuki Address yang diproduksi untuk pasar lokal dengan yang dipasarkan di luar negeri?

Endro Nugroho, yang menjabat sebagai Direktur Senior Roda Dua PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyatakan tidak ada perbedaan mendasar antara Suzuki Address lokal dan ekspor. Namun memang terdapat sedikit ubahan diantara keduanya, mengingat adanya perbedaan standar dan regulasi.

“Untuk perbedaan memang ada. Tapi, tidak ada produk KW, semuanya ori,” jelas Endro di Tambun beberapa waktu lalu.

Menurut Kenji Mori, Two Wheel and Four Wheel Section Head PT Suzuki Indomobil Sales, terdapat lima perbedaan antara Suzuki Address untuk pasar Tanah Air dan ekspor. Perbedaan tersebut antara lain pilihan warna, knalpot dan emisi gas buang, tampilan lampu belakang, ban tipe tubeless dan behel belakang yang lebih lebar dan panjang.

Tahun ini Suzuki menargetkan dapat mengekspor 30 ribu unit motor matik terbaru 2015 Suzuki Address dengan perincian, Eropa 7.000 unit, Oceania 500 unit, Jepang 6.000 unit dan ASEAN 16.400 unit.

Berikut adalah beberapa perbedaan yang ada pada Suzuki Address versi ekspor:

Suzuki Address 2014 Indonesia 2

1. Komposisi warna bodi

Suzuki Address yang diekspor oleh PT SIS memiliki desain warna bodi yang cenderung sederhana dengan logo Address pada kedua sisi tebeng samping belakang. Selain itu skutik ini hanya ditawarkan dalam tiga warna utama yakni silver, putih dan hitam.

Bodi Suzuki Address juga tidak dibalut dengan desain stiker bodi seperti yang dijual di Indoneisa. Akan tetap hal tersebut justru membuat Suzuki Address versi ekspor terlikhat lebih mewah dan elegan untuk kelas entry level.

2. Knalpot

Suzuki Indonesia juga melakukan perubahan pada bagian sistem pembuangan gas hasil pembakaran mesin atau knalpot. Suzuki Indoneisa mengklaim ubahan pada bagian tersebut hanya bersifat teknis, untuk memenuhi standar emisi gas buang yang lebih ketat di negara tujuan ekspor. Sekedar informasi, Suzuki Address ekspor telah berstandar Euro 3 dan 4. Sementara Suzuki Address untuk Indonesia masih berstandar Euro 2.

3. Lampu sein

Perubahan berikutnya terdapat pada desain lampu sein belakang. Jika Suzuki Address untuk pasar domestik, desain lampu sein dibuat menyatu dengan mika lampu rem, sementara untuk ekspor kedua sein belakang dipisahkan dengan batangan lampu tambahan di bawah rem.

4. Ban

Suzuki Indonesia juga melakukan ubahan pada bagian ban. Untuk Suzuki Address ekspor, ban yang digunakan adalah model tubeless. Sementara Suzuki Address untuk pasar Tanah Air masih mengandalkan ban dalam dengan ukuran yang sama.

5. Pegangan tangan belakang

Perubahan lainnya yang terlihat kasat mata terdapat pada bagian pegangan tangan belakang (back-handle). Suzuki Indonesia mendesain pegandan tersebut dengan ukuran yang lebar. Tidak hanya itu, terdapat beberapa lubang tambahan, sehingga konsumen dapat memasang box tambahan di belakang.

Pabrikan motor asal Negeri Matahari Terbit ini sudah mulai menjual skutik tersebut di Inggris. Di pasar Negeri Ratu Elizabeth, Suzuki Address dijual dengan harga yang lebih tinggi, yakni mencapai 1.799 pund atau jika dikurskan mencapai Rp 36,05 juta. Jauh lebih mahal daripada Suzuki Address di Indonesia yang hanya dipatok Rp 13,89 juta on the road Jakarta.

Img Source: http://modifikasi.com

Source: Ekspor suzuki address 2016, jual address elegant eksport jakarta, knalpot yang sama dengan suzuki address, perbedaan address standar dan elegan, perbedaan suzuki adres standar dan elegant, www model suzuki Adres elegan,