Motor Matic Terbaru Yamaha Soul GT, Blue Core 125cc

Oleh Yogi Kurniawan | 05/03/2015
Motor Matic Terbaru Yamaha Soul GT, Blue Core 125cc

Matic Terbaru Indonesia Yamaha Soul GT 125cc. Belum lama ini pabrikan motor berlambang tiga garputala, Yamaha meluncurkan motor barunya. Motor tersebut termasuk ke dalam segmen skutik yang diberi nama All-New Yamaha Soul GT. Skutik baru andalan Yamaha ini dipasarkan dengan harga Rp 15,1 juta on the road Jakarta. Menariknya, Soul GT ini telah dipersenjatai dengan mesin berteknologi Blue Core 125 cc.

All-New Yamaha Soul GT dirilis di Jimbaran Cafe, Ancol, Jakarta Utara (03/03/2015). Skutik ini memiliki tampilan yang gagah dan dihadirkan untuk memenuhi gaya hidup kaum adam yang menggemari gaya maskulin dan sporty.

Pada sektor performa, Yamaha Soul GT ini dibekali dengan mesin 4-tak, SOHC, Air cooled yang memiliki kapasitas sebesar 125 cc. Dengan mesin tersebut SOul GT ini dapat mengeluarkan tenaga sebears 9,4 tenaga kuda pada putaran 8.000 rpm dengan torsi maksimum mencapai 9,6 Nm pada 5.500 rpm.

Walaupun menggunakan mesin yang sama dengan Yamaha Mio M3, tetapi pihak Yamaha Indonesia tidak takut jika keberadaan Soul GT terbarunya berdampak pada turunnya penjualan Mio M3.

All New Yamaha Soul GT 2015 Indonesia 2

“Kami tidak takut kehadiran All New Soul GT akan menggeser posisi Mio M3 dipasaran. Karena keduanya punya target market yang berbeda, All New Soul GT ditujukan untuk para urban warrior,” jelas Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Mohammad Maskur.

Selain dilengkapi dengan teknologi Blue Core andalan Yamaha, Soul GT ini juga mengusung head lamp LED sehingga membuat pencahayaan lebih terang dan tahan lama. Terdapat pula fitur sign lamp yang disematkan di bagian panel depan yang terinspirasi dari skutik premium Yamaha NMAX.

Yamaha juga membenamkan fitur baru pada skutik andalannya ini. Fitur tersebut adalah Eco Indicator Lamp yang berfungsi untuk memudahkan pengendara berkendara secara hemat.

Kesan gagah dari skuter matik ini tersirat dari tapak roda yang lebih lebar. Ban depan memiliki ukuran 80/80-14, sementara bagian belakang berukuran 100/70-14.

Walaupun dari segi penampilan Soul GT terbaru ini terlihat lebih gambot dari Mio M3, namun akselerasinya diklaim lebih kencang.

“Bobotnya hanya beda 4 kg saja dari Mio M3. Mio M3 beratnya 92 kg, sedang All New Soul GT beratnya 96 kg. Dengan sedikit perbedaan ini, kami mengatasinya dengan mengubah bobot roller CVT dari 12 gram menjadi 10 gram, akselerasinya tetap baik,” ungkap M. Abidin, GM Technical Service & Motorsport PT YIMM.

Berbicara mengenai konsumsi bahan bakar, menurut hasil pengetesan internal Yamaha, hanya selisih 1 km/liter dibandingkan dengan Yamaha Mio M3 yang berbobot lebih ringan. Konsumsi bahan bakar (BBM) All New Soul GT diklaim mencapai 51 km/liter.

Guna memberikan pilihan yang lebih beragam kepada para konsumennya, Yamaha Indonesia menawarkan harga All New Yamaha Soul GT ini dengan harga bersaing dan dengan empat varian warna, antara lain Explorer White (putih, Bravery Black (hitam), Victory Red (merah) dan Challenger Gunmetal (abu-abu).

“Tahun ini Yamaha gencar meluncurkan produk-produk barunya. Setelah Mio M3, dan Yamaha NMAX, kini kami persembahkan All-New Soul GT yang menyasar konsumen pria muda urban warrior, desain yang maskulin dan gagah, teknologi Blue Core dan fitur-fitur terbaik membuat kami optimis akan meneruskan sukses Mio Soul dan Soul GT yang masuk deretan papan atas matik unggulan di market Tanah Air,” paparnya.

YIMM menargetkan penjualan All New Yamaha Soul GT ini dapat mencapai 270 ribu unit dalam satu tahun.

“Kami targetkan All New Soul GT ini akan mampu terjual hingga 270 ribu periode Maret hingga Desember. Kami juga meningkatkan target sebesar 30% dari Mio Soul GT sebelumnya,” kata Masykur.

Source: cvt mio m3, soul GT 2016, mio soul gt 2016, soulgt 2015, varian mio soul gt 2015, warna soul gt terbaru, yamaha all new soul gt gunmetal, yamaha matic gt indonesia, yamaha mio soul 2015, yamaha mio soul gt125 brapa gram lorernya,