Tips Menghindari Begal Motor Saat Berkendara Sendirian

Oleh Dian Hadi Kusuma | 10/03/2015
Tips Menghindari Begal Motor Saat Berkendara Sendirian

Cara Menghindari Begal Motor. Saat ini kasus pembegalan motor cukup banyak terjadi. Hal tersebut membuat banyak orang khawatir, terutama ketika berkendara sendirian. Jalanan yang sepi akan membuka kesempatan bagi para pelaku begal untuk melakukan aksi kejahatannya.

Akan tetapi Anda tidak perlu cemas. Ada beberapa tips yang dipaparkan oleh Fahmi Arrandy, pemilik Yamaha Byson yang juga pernah mengalami perampokan motor di daerah Pasuruan pada akhir tahun 2013 lalu.

Hingga saat ini tidak ada kepastian mengenai keberadaan motor kesayangannya tersebut. Belajar dari pengalamannya tersebut, Fahmi yang akrab disapa Byson Raider ini menyampaikan beberapa tips untuk berkendara, khususnya ketika berkendara sendirian.

Tips Hindari Pembegalan Motor 2

Berikut adalah tips berkendara agar terhindar dari begaln motor:

  1. Sangat disarankan bagi Anda untuk mengetahui dan mengenali jalur yang akan Anda lalui. Carilah informasi dari berbagai sumber, terutama dari warga sekitar. Selain itu jangan lupa untuk bertanya mengenai keamanan saat melalui jalur tersebut.
  2. Usahakan untuk menghindari jalanan yang lurus dan sepi. Sebab, jalanan yang lurus justru memberikan peluang bagi para perampok motor untuk mengejar Anda. Ada baiknya untuk berhenti di sekitar warga atau kampung yang beraktifitas sesekali waktu. Walaupun menurut Anda tidak ada yang sedang membuntuti Anda, hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kejaran perampok motor yang tidak kita sadari.
  3. Jangan pernah menyimpan barang berharga di braket atau box motor. Lebih baik simpan barang berharga Anda di tas yang bisa Anda bawa ke mana-mana. Disamping itu jangan menggunakan barang yang mencolok. Sebab hal tersebut dapat mengundang para pelaku begal motor untuk melakukan aksi kejahatannya kepada Anda.
  4. Jika seseorang merampas kendaraan Anda, segera lihat dan perhatikan siapa dari mereka yang membawa senjata. Kemudian segeralah untuk menghindar, jangan pernah mempertaruhkan nyawa Anda dengan berebut motor. Jangan lupa untuk mengenali dan mengingat ciri-ciri pelaku dan kendaraan yang digunakan oleh pelaku saat melakukan aksinya.
  5. Ketika Anda tersudut oleh pembegal motor, usahakan untuk menepi dan mengatakan “Oke, saya menyerah”. Turun dari kendaraan, dan berpura-puralah terjatuh untuk mengambil pasir di tepi jalan. Lalu lemparkan ke arah dagu hingga kening pelaku untuk membutakan mata pelaku beberapa saat. Segera berlarilah ke arah warga untuk meminta pertolongan atau sebagai saksi.
  6. Apabila memang terpaksa, gunakan ballpoint untuk menusuk leher pelaku ketika terjadi perkelahian dengan pembegal. Sebab, biasanya leher pelaku jarang tertutup.
  7. Bagi Anda yang suka berkendara di wilayah Pasuruan, Jangan pernah sekali-sekali berkendara seorang diri, terutama di jalur yang sepi. Hal ini untuk mencegah terjadinya perampokan seperti yang dialami oleh Byson Raider.

Selain itu, masih ada tambahan tips berkendara lain untuk menghindari pembegalan di jalanan. Lebih baik hindari berkendara di malam hari jika memang benar-benar tidak mendesak.

Jika Anda terpaksa berkendara seorang diri, lakukanlah secara beramai-ramai dengan pengendara lain di jalanan ataupun berkendara di belakang mobil. Dengan demikian para pelaku begal motor akan berpikir dua kali untuk melakukan aksi kejahatannya di tengah keramaian.

Satu hal yang tidak kalah penting, jangan lupa untuk berdoa sebelum melakukan perjalanan. Sudah merupakan sebuah keharusan umat beragama untuk berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga perjalanan penjadi jauh lebih tenang dan nyaman.

Demikian adalah beberapa tips menghindari pembegalan motor. Dengan berkendara secara aman dan waspada terhadap kondisi sekitar, akan membuat kita terhindar dari aksi kejahatan yang tidak kita inginkan.

Source: cara melawan begal di jalan, cara melawan begal motor, tip aman terhindar begal pasuruan, cara begal mobil, tips dan cara menghindari begal pasurun, tips begal pasuruan, tips begal motor, kampung begal pasuruan, cara menghindari begal motor, cara mengatasi begal mobil,