Mengatasi Bodi Motor Bergetar Saat Kecepatan Tinggi

Oleh Dendy Santoso | 16/03/2015
Mengatasi Bodi Motor Bergetar Saat Kecepatan Tinggi

Tips Menghilangkan Getaran Pada Bodi Motor. Berkendara dengan sepeda motor selalu memberikan kesan tersendiri bagi para penggemarnya. Mudah untuk dikendarai, hemat bahan bakar, dapat melibas jalanan kecil dan harga beli yang terjangkau menjadi alasan mengapa banyak orang menyukai kendaraan roda dua ini.

Dari sekian banyak perangkat yang menempel pada sepeda motor, tentu Anda tidak asing dengan bagian bodi. Bodi merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dari sebuah kendaraan, terutama pada sepeda motor. Sebab perangkat tersebut berfungsi untuk melindungi komponen pada bagian dalam kendaraan dari berbagai hal, seperti cuaca dan kotoran. Selain itu bodi pada sepeda motor dapat menambah keindahan pada kendaraan tersebut.

Akan tetapi tidak sedikit masalah yang dijumpai oleh pemilik kendaraan ketika mengendarai motornya. Salah satunya adalah bodi motor yang terdengar berisik, terutama ketika hendak melintasi jalan berlubang.

Dilansir dari WeloveHonda, Senin (09/03/2015), suara berisik yang timbul dari bodi motor tersebut timbul lantaran baut dalam keadaan kendur. Alhasil terdapat celah antara bodi dan rangka motor. Hal tersebut dapat membuat bodi motor menjadi bergetar dan menimbulkan suara-suara yang mengganggu telinga.

Tips Atasi Bodi Motor Bergetar 2

Oleh karenanya, agar hal semacam itu tidak terjadi, ada baiknya untuk selalu memperhatikan kondisi baut pada sepeda motor. Apabila Anda melihat ada baut yang kendur, segera kencangkan baut tersebut.

Umumnya baut yang rawan kendur adalah baut-baut yangterletak di bagian depan, seperti pada speedometer atau dek depan. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa hal, seperti getaran mesin yang berada di bagian depan dan guncangan ketika motor melewati jalanan yang tidak rata. Oleh karena itu, bagi Anda yang sering melintasi jalanan yang tidak rata, merupakan hal yang wajib untuk mengencangkan baut-baut pada bodi motor.

Ada tips sederhana untuk mengencangkan baut pada motor agar dapat melekat lebih lama. Yang perlu Anda siapkan hanyalah sealant saja. Sebelum memasang baut, oleskan sealant pada ulir baut. Dengan demikian baut akan melekat lebih lama.

Apabila Anda menemukan ada baut yang hilang, lebih baik segera ganti dengan baut yang baru agar getaran yang timbul pada bodi motor tidak semakin parah. Karena dalam kondisi buruk, tidak menutup kemungkinan hal tersebut dapat membuat bodi motor patah. Itulah mengapa pabrikan motor telah melengkapi kendaraannya dengan obeng pada toolkit-nya.

Namun selain cara di atas, ada trik lain untuk mengatasi bodi motor yang berbunyi. Caranya adalah dengan menambah bantalan antara casing yang bercelah sehingga getaran yang ditimbulkan oleh bodi dapat diredam.

Alat yang Anda butuhkan antara lain double tip tebal, silet atau cutter dan obeng. Pertama-tama, buka bodi motor yang menjadi penyebab timbulnya getaran. Usahakan untuk memisahkan bagian tersebut.

Kemudian pasang double tip yang telah Anda siapkan tadi di antara kedua bagian tersebut. Anda dapat menggunakan kedua sisi double tip ataupun satu sisi saja. Jika kedua sisi double tip digunakan, hal tersebut akan membuat bodi motor melekat lebih erat. Namun Anda akan kesulitan saat melepasnya kembali.

Usahakan untuk tidak memotong double tip tersebut meskipun terlihat menjuntai keluar. Potonglah bagian yang lebih tersebut saat kedua sisi bodi motor disatukan.

Sambungkan kedua casing motor yang telah Anda pasangkan double tip tadi. Kemudian potong double tip yang lebih dengan memakai silet atau cutter sehingga tidak ada double tip yang keluar.

Demikian adalah beberapa tips motor sederhana untuk mengatasi bodi motor yang bergetar. Kami memiliki beberapa tips motor lainnya sekedar untuk menambah pengetahuan dan berbagi informasi yaitu Tips Membeli Motor Bekas, Tips Menghindari Begal, Tips Memperbaiki Rem Motor Blong dan Tips Merawat Helm.

Source: cara menghilangkan getaran pada motor, motor bergetar saat kecepatan tinggi, motor getar saat kecepatan tinggi, body motor bergetar, motor matic bergetar saat rpm tinggi, penyebab body motor bergetar, cara mengatasi body motor yang berisik, deck motor bunyi saat dikendarai, cara mengatasi body motor getar, mengatasi body motor getar,