Modifikasi Mesin Dan Interior All New Toyota Yaris 2015

Oleh Dendy Santoso | 22/03/2015
Modifikasi Mesin Dan Interior All New Toyota Yaris 2015

Modifikasi Mesin Dan Interior Toyota Yaris. Biasanya pemilik mobil yang tidak puas dengan performa kendaraannya akan melakukan sejumlah ubahan untuk menyiasatinya. Seperti yang diketahui bersama, ada berbagai cara untuk membuat performa mobil semakin maksimal dan memuaskan. Kali ini akan dibahas tips untuk mendongkrak performa All New Toyota Yaris agar lebih bertenaga. Bagi Anda pemilik Toyota Yaris, bisa menerapkan tips berikut ini.

Performa mesin

Untuk upgrade performa mesin paling ringan, Anda dapat melakukan seperti yang disampaikan oleh Binsar Roberto, pemilik bengkel Auto Key. “Untuk sedikit menaikkan performa, bisa diawali penggantian filter udara, misal pakai K&N, JFC atau BMC, yang dikombinasi dengan pemasangan throttle control, seperti merek Shadow atau Pivot, agar akselerasi lebih responsif karena Toyota Yaris sudah drive by wire,” kata pria yang akrab disapa Bejo ini.

Jika ubahan tersebut dirasa masih kurang, Anda dapat mengganti header agar pengeluaran gas buang lebih lancar. “Hindari pemakaian header yang tekukannya ada lesung pipit, karena flow akan terhambat,” tambah Bejo yang bermarkas di kawasak TB. Simatupang, Jakarta Selatan ini.

Bejo menganjurkan untuk menggunakan piggyback agar pasokan bahan bakar seimbang dengan pemasukan udara dan kelancaran pembuangan. Ada banyak piggyback yang bisa Anda pilih, seperti ECU Master, Greddy, Unichip dan lain-lain. Untuk peranti ini, Anda perlu menyiapkan dana sekitar Rp 7-9 jutaan.

Tips Tingkatkan Performa All New Toyota Yaris 2

Ubahan selanjutnya, Anda juga dapat menambahkan porting dan polish saluran masuk dan buang pada cylinder head. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi volumetrik, sehingga performa mobil menjadi lebih optimal.

Apabila Anda masih kurang puas dengan ubahan tersebut, Anda dapat melakukan perubahan stage 3 dengan penggunaan turbo atau yang biasa disebut rumah keong. Sebagai contoh Anda dapat menggunakan produk Zage. “Aslinya untuk Yaris lama, tapi mesin kan sama 1NZ-FE jadi bisa diaplikasi. Paling perlu ubahan sedikit di bagian bumper biar enggak mentok,” ungkap Memet, dari bengkel TS Custom Garage.

Dengan boost 0,5 bar, internal mesin akan panjang umur dan diklaim dapat mendongkrak tenaga hingga 50% atau sekitar 150 hp. Wajar saja, sebab dana yang harus disiapkan juga besar, yakni mencapai Rp 20 juta.

Interior

Setelah selesai melakukan upgrade performa, kurang lengkap rasanya jika tidak melakukan sedikit ubahan pada bagian interior. Jika Anda ingin mempermanis interior dengan melakukan modifikasi Toyota Yaris, Anda dapat menyesuaikan dengan konsep ubahan. “Tergantung mau main sporti atau elegan. Untuk yang sporti, penggunaan warna jok bisa menyesuaikan warna bodi. Sedang yang elegan cenderung main warna hitam, namun dijahit benang yang sewarna bodi, termasuk juga plafonnya,” jelas Tomi Gunawan, punggawa Tomi Airbrush.

Stanley dari bengkel Autotrim di bilangan Setia Budi, Jakarta Selatan mengatakan, jika ubahan dilakukan secara keseluruhan, bagian interior harus diubah seluruhnya. “Kalau mau main totalitas, seluruh interior mesti dilapis dari jok, door trim sampai dasbor,” ujarnya.

Sebagai contoh, Stanley menjelaskan, Anda dapat melakukan ubahan pada dashboard dengan mengubahnya seperti MINI. Sementara pada bagian jok dibuat seperti pada mobil Mercedez Benz atau Toyota sendiri dari jenis mobil lain dan pada door trim dapat menyesuaikan.

Tidak hanya desainnya saja, bahan yang ditawarkan juga beragam jenisnya. “Ada suede, semi kulit dan kulit,” kata Stanley. Bahan kulit tentu saja yang paling mahal harganya. Untuk ubahan interior lengkap dipatok dengan harga Rp 8-15 juta, sedangkan untuk suede Anda hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 5,5-7 juta dan semi-kulit dibanderol mulai Rp 2,3-3,5 juta.

Source: yaris 2015, mobil yaris 2015, modifikasi mesin toyota yaris, upgrade performa yaris, modifikasi mesin toyota all new yaris, tips modif ibterior yaris, toyota yaris modif turbo, biaya modifikasi interior toyota yaris 2014, toyota yaris upgrade performa, upgrade mesin yaris,