Tips Memilih Ban Mobil Dengan Baik Dan Benar

Oleh Dian Hadi Kusuma | 22/03/2015
Tips Memilih Ban Mobil Dengan Baik Dan Benar

Tips Memilih Ban Mobil Baik Dan Benar. Ban mobil merupakan salah satu komponen yang tidak bisa diabaikan kondisinya. Jika kondisi ban sudah tidak layak untuk digunakan, pemilik kendaraan wajib untuk menggantinya. Namun membeli ban mobil juga tidak boleh asal-asalan. Ada beberapa hal yang mempengaruhi umur ban, antara lain cara mengemudi, cara pemakaian ban, kondisi jalanan yang sering dilalui, jenis mobil yang dikendarai dan teknik perawatan ban mobil tersebut.

Bagi Anda yang hendak membeli ban, ada beberapa tips memilih ban mobil yang baik beserta cara perawatan yang tepat. Berikut adalah cara-cara yang bisa Anda terapkan:

1. Memilih ban mobil yang tepat

Sebelum membeli ban mobil, Anda wajib mengetahui ukuran ban yang tepat, jenis ban dan alur ban.

Ukuran : Apabila Anda tidak mengetahui ukuran ban yang tepat untuk kendaraan Anda, tidak perlu risau. Anda dapat mengetahuinya dengan melihat buku manual mobil Anda. Ukuran ban adalah hal yang harus Anda ketahui. Karena ban yang terlalu kecil dapat membuatnya cepat panas tau kelebihan beban. Namun jika ban yang Anda pilih terlalu besar, hal tersebut dapat membuat ban bergesekan dengan komponen mobil di sekitar area ban. Masalah tersebut tentu dapat merusak bodi mobil maupun ban tersebut.

Jenis : Selain mengetahui ukuran ban, Anda juga harus mengerti jenis ban yang tepat untuk jenis mobil yang Anda gunakan. Mobil yang memiliki performa tinggi seperti mobil sport jelas membutuhkan jenis ban yang dapat bekerja maskimal pada jalanan kering. Sedangkan untuk mobil bejenis pick up atau SUV (Sport Utility Vehicle) memerlukan ban yang agak kuat, sebab ban bekerja ekstra untuk menopang beban yang besar dan kerap digunakan untuk melintasi jalur yang kurang bagus.

Alur : Terdapat beberapa jenis alur ban untuk mobil. Ban dengan simbol m+s (mud and snow) adalah jenis yang cocok untuk segala musim. Sebab ban tersebut dapat memberikan traksi yang bagus untuk berbagai kondisi, seperi jalanan bersalju, hujan ataupun berlumpur. Akan tetapi jika jalanan yang sering Anda lalui memiliki kondisi yang normal, Anda dapat memilih ban dengan alur yang normal.

Tips Pilih Ban Mobil 2

2. Tips merawat ban mobil

Setiap ban yang dijual di pasaran disertai dengan peringkat kualitas. Jika Anda tidak ingin direpotkan dengan banyak hal, Anda dapat menggunakan peringkat kualitas ban yang sudah ditetapkan oleh produsen ban untuk memilih ban terbaik.

Peringkat tersebut ditetapkan setelah ban mengalami proses uji coba. Hal tersebut lah yang nantinya menjadi acuan Anda untuk memilih ban.

Treadwear : Treadwear memiliki sejumlah peringkat, dengan demikian Anda dapat membandingkan berapa lama umur ban tersebut bila Anda gunakan pada obil yang sama dan kondisi lintasan yang selalu sama. Ban yang dengan rating 100 mempunyai usia pemakaian lebih lama dua kali lipat daripada ban yang memiliki rating 50.

Traksi : Ban mobil juga memiliki rating traksi dengan nilai A, B atau C. Rating traksi bertujuan untuk mengetahui seberapa baik ban tersebut dapat menghentikan mobil pada kondisi jalanan yang basah. Sebagai informasi, ban dengan nilai A adalah yang terbaik.

Ketahanan temperatur : Sama halnya dengan traksi, ketahanan temperatur ban memiliki rating dengan nilai A, B dan C. Rating tersebut menunjukkan seberapa bagus ban dapat bertahan terhadap suhu panas saat digunakan pada kecepatan tinggi. Ban yang memiliki rating ketahanan temperatur A berarti mempunyai ketahanan paling baik terhadap panas saat digunakan pada kecepatan tinggi. Kami memiliki beberapa tips mobil lainnya sekedar untuk menambah pengetahuan dan berbagi informasi yaitu Tips Merawat Velg Mobil Seperti Baru, Tips Membeli Mobil Secara Online, Cara Merawat Mesin Mobil dan Tips Membeli Mobil Tipe SUV.

Source: tampilan produk ban picup bentuk bunga ban terbaik yerbagus dan tampilan harga, ban pickup terbaik, ban terbaik untuk mobil pick up, ban yang cocok untuk mobil pick up, cara memilih ban mobil bagus dan harganya 2017, jenis ban yang baik untuk pick up, kualitas ban yang cocok pick up, pilih ban yang pas untuk mobil pik up,