Penyebab Suara Knalpot Motor “Nembak-Nembak”

Oleh Dendy Santoso | 04/04/2015
Penyebab Suara Knalpot Motor “Nembak-Nembak”

Merawat Knalpot Motor Agar Tidak Brebet. Perawatan pada kendaraan bermotor, baik mobil ataupun sepeda motor tidak boleh dipandang sebelah mata. Hal ini perlu dilakukan agar kendaraan yang kita gunakan selalu dalam kondisi prima. Selain itu perawatan pada bagian komponen kendaraan yang dilakukan secara rutin akan meminimalisir kerusakan yang parah dan dapat memperpanjang usia pakainya.

Kali ini akan dibahas masalah mengenai knalpot motor yang “nembak-nembak”. Tak jarang kita mendengar bunyi knalpot motor yang “nembak-nembak”. Hal tersebut tentu membuat pemilik maupun pengendara lain merasa terganggu. Lantas apa yang menyebabkan timbulnya permasalahan semacam itu?

Berdasarkan informasi yang dirilis oleh Welovehonda, hal tersebut tidak akan menjadi masalah untuk motor yang telah menggunakan teknologi PGM-FI. Karena sistem injeksi telah dilengkapi dengan beragam sensor yang membuat kondisi udara dan bensin tercampur sempurna. Dengan demikian efek knocking atau suara “nembak” pada knalpot dapat diminimalisir.

Namun lain halnya dengan motor yang masih mengadopsi teknologi karburator. Motor yang mengeluarkan suara “nembak-nembak” harus diperiksa secara rutin. Setelan angin pada karburator harus dicek agar pencampuran udara dan bensin selalu optimal.

Lalu bagaimana jika motor berinjeksi juga mengalami kendala semacam itu? Solusinya sama dengan motor berkarburator. Hal-hal yang perlu dilakukan adalah memeriksa ulang sensor-sensor dengan menggunakan diagnostic tool di bengkel besar.

Namun jika motor tetap mengeluarkan suara “nembak-nembak” meskipun karburator atau sistem injeksinya telah diperiksa, tidak menutup kemungkinan paking knalpot motor yang menjadi sumber permasalahannya.

Tips Mengatasi Knocking pada Motor 2

Paking knalpot sejatinya berfungsi sebagai penahan kebocoran kompresi antara leher knalpot dengan blok head mesin. Apabila terjadi kebocoran, hal tersebut akan membuat udara masuk sehingga campuran bensin dan udara tidak sempurna. Jika rasio antara udara dan bensin masih lebih besar udara, akibatnya pembakaran tidak akan maksimal. Hal tersebutlah yang membuat motor mengeluarkan efek knocking.

Satu-satunya cara untuk mengatasi paking knalpot yang bocor adalh dengan menggantinya. Komponen kecil ini memiliki harga jual yang cukup murah. Selain itu pemasangannya juga sederhana dan mudah. Cukup dengan membuka leher knalpot, lalu pasang paking knalpot di tempatnya, yaitu antara leher knalpot dan header. Jika ingin lebih kuat, Anda dapat melapisi paking knalpot dengan sealant.

Jangan lupa bahwa perawatan pada knalpot motor adalah penting. Jika Anda mengabaikan perawatan knalpot bukan tidak mungkin permasalahan lain akan menimpa kendaraan Anda. Merawat knalpot motor tidaklah susah.

Yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan kerak knalpot. Bersihkan kerak sisa pembakaran pada leher knalpot sehingga tidak mengganggu pelepasan gas buang.

Selain itu periksa kebocoran pada paking knalpot secara berkala. Jika paking knalpot mengalami kerusakan, ada baiknya untuk segera menggantinya.

Jangan lupa untuk memeriksa kekencangan baut pegangan knalpot. Sebab jika baut tersebut longgar dapat membuat knalpot menjadi patah lantara getaran yang dihasilkan mesin.

Biasanya, pemilik motor 4-tak akan menuangkan sedikit oli ke dalam knalpot. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah timbulnya karat pada knalpot. Anda juga dapat menerapkan tips motor tersebut agar knalpot terhindar dari karat.

Selain itu, periksa lubang pembuangan air pada knalpot. Jika lubang tersebut tersumbat tusuk dengan menggunakan lidi atau paku.

Apabila knalpot motor terlanjur berkarat, Anda dapat memanfaatkan oli bekas dengan cara mengoleskannya ke leher knalpot yang berkarat. Panaskan mesin selama 15 menit, abaikan saja jika terdapat asap putih dari oli yang dioleskan tadi. Hal tersebut akan membuat karat rontok dengan sendirinya. Anda dapat mengulanginya setiap 3 hari sekali agar karat pada knalpot cepat rontok.

Source: penyebab knalpot nembak pada motor injeksi, akibat knalpot tersumbat, motor brebet paking knalpot bocor, asbes knalpot, knalpot beat karbu knocking, megapro nembak-nembak, motor brebed knalpot nembak, ninja 4tak nembak, Oli bocor lewat baut knalpot, packing knalpot mio,