Harga Hyundai i20 Crossover Terbaru 2015

Oleh Ayunda Devi | 13/04/2015
Harga Hyundai i20 Crossover Terbaru 2015

Harga Hyundai i20 Crossover Terbaru. Beberapa waktu yang lalu Hyundai meluncurkan mobil barunya di Negeri Hindustan, India. Mobil tersebut adalah varian terbaru dari crossover andalannya, yakni Hyundai i20 Active.

Pabrikan mobil asal Negeri Gingseng, Korea Selatan tersebut merilis i20 terbarunya dengan pengalaman berkendara yang akan membuat pengendaranya terpukau. Hyundai i20 Active mempunyai spesifikasi yang berbeda dibandingkan dengan i20 standar.

Mobil yang termasuk ke dalam segmen compact crossover ini dilengkapi dengan aksesori tambahan sehingga membuat tampilannya menjadi lebih garang. Aksesori yang disematkan Hyundai pada i20 Active yakni roof rail dan panel body beraksen hitam yang dibuat dari plastik. Tidak hanya itu, bumper depan dan belakang memiliki karakter tebal sehingga membuat wajah baru Hyundai i20 Active ini tampak lebih memikat.

Selain itu mobil terbaru besutan Hyundai ini juga dilengkapi dengan headlamp lensa proyektor, lampu cornering, LED daytime running light (DRL) dan velg 16 inci.

Hyundai i20 2015 India 2

Sementara pada bagian interior terdapat beberapa fitur seperti head unit 2 DIN, sistem audio 8-speaker, dual socket lighter, AUX, nirkabel Bluetooth, konektor USB, memori internal 1 GB, sistem AC otomatis, rear air vents dan pedal aluminium.

Sedangkan untuk fitur keselamatannya Hyundai i20 Active dibekali dengan dual airbags dan sistem pengereman ABS (Anti-lock Brake System). Seluruh kelengkapan tersebut menjadi fitur standar pada i20 Active. Pintu mobil ini juga dapat membuka secara otomatis jika mobil mengalami tabrakan.

Disamping itu, dimensi mobil ini juga sedikit lebih besar bila dibandingkan dengan varian standarnya. Mobil tersebut lebih panjang 10 mm, lebih lebar 26 mm, elbih tinggi 50 mm dan ground clearance yang lebih tinggi 20 mm.

Dapur pacu yang diandalkan pada Hyundai i20 Active ini sama persis dengan varian standarnya. Akan tetapi terdapat perbedaan pada rasio final gir. Pihak Hyundai mengklaim, ubahan tersebut dapat mendongkrak akselerasi hingga 6 persen untuk mesin bensin dan 11 persen untuk mesin diesel dari varian standarnya.

Hyundai i20 ditawarkan dalam dua jenis dapur pacu, yakni bensin dan diesel. Untuk mesin bensin memiliki kapasitas sebesar 1.400 cc dengan empat silinder. Mesin tersebut dapat menghasilkan daya hingga sebesar 89 tenaga kuda dengan torsi puncak mencapai 220 Nm.

Sementara mesin diesel mempunyai kapasitas sebesar 1.200 cc, empat silinder. Dengan mesin ini Hyundai i20 Active dapat menghembuskan tenaga maksimum 82 hp dengan torsi sebesar 114 Nm. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin tersebut akan disalurkan ke roda-roda melalui sistem perpindahan gigi manual. Untuk mesin bensin menggunakan transmisi 5-percepatan, sedangkan mesin diesel mengusung 6-percepatan.

Seluruh varian Hyundai i20 ini dibekali dengan sistem penggerak roda depan (FWD). Pihak Hyundai mengatakan, rata-rata konsumsi bahan bakar mesin bensin mencapai 17,19 km/liter. Sementara untuk varian diesel dapat mencapai 21,19 km/liter.

Di pasar India, Hyundai i20 Active dijual dengan harga Rupee 900.000 atau jika dikurskan mencapai Rp 188,8 jutaan.

Akankah varian terbaru Hyundai i20 ini hadir di pasar Tanah Air?

“Kami belum melakukan pembicaraan mengenai i20 Active di Indonesia, karena kami membutuhkan waktu minimal enam bulan untuk studi mengenai pasar, harga jual, dan ketersediaan unit. Kemungkinan tidak akan meluncur tahun ini,” papar Almi Novanto, yang menjabat sebagai Public Relation Manager PT Hyundai Mobil Indonesia.

Di India, Hyundai i20 terbaru ini bersaing dengan Toyota Etios Cross, Volkswagen Cross Polo dan Fiat Avenntura.

“i20 akan menjadi model trend setter yang merefleksikan model premium dan modern Hyundai,” kata Bo Shin Seo, Managing Director & CEO Hyundai Motor India Ltd.

Source: harga toyota cross,