Kelebihan Fitur Start-Stop Sistem Pada Mobil

Oleh Dendy Santoso | 13/04/2015
Kelebihan Fitur Start-Stop Sistem Pada Mobil

Fungsi Fitur Start-Stop Sistem Mobil. Jalanan di perkotaan diramaikan oleh kendaraan yang berlalu-lalang. Banyaknya volume kendaraan yang ada di Tanah Air membuat jalanan seakan tidak pernah sepi. Suara berisik yang dikeluarkan oleh kendaraan yang sedang melintas sudah menjadi kebiasaan bagi para pengguna jalan. Akan tetapi suara-suara tersebut tampaknya akan hilang dalam beberapa tahun ke depan.

Hal tersebut dimungkinkan berkat adanya teknologi terbaru pada mobil yang dijuluki start-stop system. Teknologi canggih tersebut dapat mengurangi suara bising yang ditimbulkan saat mobil sedang berhenti. Tidak hanya itu, sistem tersebut juga dapat menghemat penggunaan bahan bakar (BBM) pada mobil Anda.

Awal mulanya sistem start-stop hanya disematkan pada mobil-mobil terbaru, khususnya pada mobil listrik dan hibrid. Akan tetapi ke depannya sistem tersebut akan dijual secara terpisah. Dengan demikian Anda dapat memasangkan start-stop system jika mobil Anda belum dilengkapi dengan piranti tersebut.

Dengan bretambahnya jumlah kendaraan yang menggunakan sistem tersebut, bisa dipastikan polusi udara dan suara di jalanan akan berkurang dengan cepat.

Keuntungan Gunakan Sistem Start-Stop pada Mobil 02

1. Menghemat bahan bakar

Berkat penggunaan sistem ini, sebuah mobil dapat menekan tingkat konsumsi bahan bakar hingga mencapai tiga persen. Namun tingkat keiritan tersebut dapat bertambah jika kendaraan yang Anda gunakan adalah mobil hibrid atau mobil listrik.

Disamping irit bahan bakar, mobil yang mengandalkan sistem start-stop lebih ramah lingkungan. Sebab polusi udara yang dikeluarkan oleh knalpot mobil menjadi lebih rendah. Tidak hanya itu, sistem ini juga sangat bermanfaat bagi Anda yang sering berkendara di perkotaan yang memiliki banyak lampu lalu-lintas dan persimpangan.

2. Cara kerja sistem start-stop

Sistem ini dapat mematikan mesin mobil secara otomatis saat kendaraan dalam posisi berhenti. Mesin akan kembali hidup secara instan jika akan digunakan. Banyak orang yang mengkhawatirkan bahwa adanya sistem start-stop justru membuat pengendara kerepotan, sebab jalanan di perkotaan yang penuh dengan kemacetan. Dengan demikian mobil akan lebih sering mati secara otomatis saat berada di tengah kemacetan dan hanya maju sedikit demi sedikit.

Namun perlu Anda ketahui bahwa kenyataan yang terjadi tidak seperti itu. Mobil tidak akan mati secara otomatis ketika mobil dalam keadaan berhenti.

Cara kerja sistem start-stop ini adalah mobil akan mati secara otomatis jika Anda memasukkan gigi ke posisi netral ataupun menarik tuas rem tangan. Jika Anda ingin menghidupkannya kembali, Anda hanya perlu memasukkan gigi ke posisi satu dan melepas rem tangan.

Dengan demikian mobil akan langsung menyala kurang dari satu detik. Jadi, selama Anda tidak menarik rem tangan bersamaan dengan memasukkan gigi ke posisi netral saat terjebak macet, mobil Anda tidak akan mati secara otomatis.

3. Kekurangan

Meskipun memiliki beberapa kelebihan yang berdampak positif bagi pengguna dan lingkungan, sistem start-stop juga memiliki kekurangan. Saat mesin mobil mati secara otomatis karena sistem start-stop ini, maka pendingin ruangan atau AC juga ikut mati. Hal ini dikarenakan AC menggunakan daya dari aki mobil.

Jika aki dan mesin mobil mati, akan membuat AC tidak dapat menyala. Para produsen kendaraan masih mencari solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Kekurangan tersebut tentu dapat mengurangi kenyamanan para penggunanya. Bila mobil berhenti hanya sebentar, mungkin tidak akan menjadi masalah berarti. Akan tetapi jika mobil harus berhenti di lampu lalu-lintas dalam waktu yang cukup lama, tentu dapat membuat para penumpang di dalam mobil kepanasan. Belum lagi bagi para pengguna yang berdomisili di daerah tropis seperti Indonesia.

Source: kelemahan start stop engine, cara kerja sistem star stop mobil, otomatis stop mobil, kendaraan yang tidak pernah berhenti berlalu lalng, kelebihan start stop engine, kelebihan dan kekurangan start stop engine, kelebihan dan kekurangan engine start mobil, kelebian start stop system, fitur start stop engine pada mobil, fitur star stop sistem,