Tips Menghilangkan Ngantuk Saat Menyetir Mobil

Oleh Yogi Kurniawan | 21/04/2015
Tips Menghilangkan Ngantuk Saat Menyetir Mobil

Cara Menghilangkan Kantuk Saat Mengemudi Mobil. Berkendara dengan menggunakan mobil pribadi merupakan rutinitas yang sering dilakukan oleh masyarakat di Indonesia. Tidak hanya untuk berangkat ke pasar atau kerja saja, tidak sedikit orang yang mengendarai mobil pribadi untuk pergi berlibur atau ke rumah sanak saudara.

Jauhnya jarak yang ditempuh dan medan yang tidak menentu menjadi permasalahan tersendiri bagi pengemudi. Belum lagi jika rasa kantuk mulai menyerang. Mengantuk merupakan hal yang bisa dialami oleh semua orang. Hal tersebut adalah hal yang normal, tetapi bisa membahayakan jika sedang berada di balik lingkar kemudi.

“Saya suka bingung sama orang Indonesia yang bangga bisa menyetir lama tanpa istirahat. Banyak orang kita yang dengan enteng bilang habis menyetir selama 16 jam bahkan 20 jam tanpa berhenti. Itu maksudnya apa. Mau sombong atau bagaimana. Ingat, walaupun sudah menyetir 20 jam juga belum tentu dapat piala dan jadi juara dunia,” ungkap Direktur Rifat Drive Labs (RDL), Rifat Sungkar.

Rifat menjelaskan, banyak pengemudi mobil yang memaksakan dirinya untuk tetap berkendara. Padahal tubuhnya sudah lelah dan mata mulai mengantuk. Hal tersebut tentu dapat membahayakan keselamatan pengemudi, penumpang atau pengguna jalan lainnya.

Sudah banyak kasus kecelakaan kendaraan bermotor yang disebabkan oleh pengemudi yang mengantuk. Akibatnya ribuan nyawa melayang sia-sia di jalanan.

Namun Anda tidak perlu khawatir. Rifat yang juga pebalap profesional itu memberikan beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa kantuk saat berkendara, paling tidak hingga Anda menjumpai tempat aman untuk beristirahat.

1. Selalu sediakan air mineral di dalam mobil

Minum air putih sejatinya berguna untuk menghilangkan rasa dahaga. Namun air ini juga dapat ANda gunakan untuk membasuh muka agar rasa kantuk dan lelah sedikit berkurang. Dengan selalu menyediakan air mineral di dalam mobil, Anda tidak perlu repot-repot mencari toilet sekedar untuk cuci muka.

Tips Hilangkan Kantuk Saat Mengemudi Mobil 2

2. Bukalah sedikit kaca jendela mobil

Apabila rasa kantuk mulai Anda rasakan, lebih baik matikan pendingin udara di dalam mobil dan bukalah kaca mobil. Hirup udara dari luar yang masuk ke dalam mobil. Mengantuk dapat terjadi karena sirkulasi udara di dalam mobil tidak baik. Tidak hanya itu, kondisi dalam kabin yang dingin dapat membuat tubuh terlalu nyaman ketika sedang berkendara.

3. Perhatikan makanan dan minuman yang Anda konsumsi

Jangan mengkonsumsi makanan yang berlemak jenuh sebelum mengemudi. Sebab hal tersebut dapat membuat Anda mengantuk. Sebagai gantinya, Anda dapat mengkonsumsi snack, buah atau biskuit. Sementara untuk minuman, hindari minuman yang mengandung alkohol, kafein atau stimulan lain. Sebab jenis minuman tersebut dapat mengganggu konsentrasi dan reaksi Anda saat mengemudi. Ada baiknya untuk meminum air mineral.

4. Maksimal mengemudi 2,5 jam

Perlu Anda ketahui, batas maksimal tubuh dalam mengemudi hanya 2,5 jam. Apabila Anda melakukan perjalanan selamma enam jam, artinya Anda butuh istirahat sebanyak 2 kali. Disamping beristirahat, saat berhenti Anda dapat melakukan beberapa gerakan ringan agar anggota tubuh kembali segar.

Saat Anda berkendara, lalu merasa mengantuk berat, lebih baik Anda segera berhenti mengemudi untuk keselamatan Anda dan para penumpang. Anda harus menyadari bahwa kondisi mengantuk harus ditanggapi dengan serius. Berhentilah mengemudi jika rasa kantuk membuat Anda ingin tidur.

Carilah tempat istirahat untuk berhenti dari kegiatan mengemudi. Memaksakan diri untuk mengemudi dapat membuat Anda kesulitan untuk menjaga kecepatan mobil pada tingkat yang stabil. Pada akhirnya hal tersebut dapat mendatangkan bahaya bagi Anda dan para penumpang.

Demikian dalah beberapa tips untuk mengusir rasa kantuk saat mengemudi mobil. Berkendaralah dengan bijak dan aman, serta patuhilah rambu lalu lintas yang berlaku demi keselamatan Anda dan orang lain.

Source: mengatasi kantuk saat nyetir, tip mengatasi bila mengendarai mobil mengantuk, Cara menghilangkan rasa ngantuk ketika membawa mobil, cara supaya tidak mengantuk ketika mengendarai mobil, makanan atau minuman penghusir kantuk kala lagi nyopir, menyetir mobil tidak mengantuk, tips penghilang ngantuk saat nyopir,