Velg Racing vs Velg Jari-Jari (Ruji) Lebih Kuat Mana?

Oleh Dian Hadi Kusuma | 22/04/2015
Velg Racing vs Velg Jari-Jari (Ruji) Lebih Kuat Mana?

Velg Racing vs Velg Jari-Jari. Pada sepeda motor, velg sudah menjadi komponen yang tak terpisahkan. Sebab velg memiliki peran yang sangat penting, yakni sebagai tempat bersemayamnya ban pada ujng luar dari jari-jari roda yang membuat motor dapat bergerak.

Tidak hanya berfungsi sebagai penggerak motor saja, velg juga dapat memiliki fungsi lain, yakni sebagai pemanis tampilan tunggangan bahkan sebagai pendongkrak performa motor. Itulah mengapa banyak orang yang mengganti velg dengan beraga bentuk, ukuran dan motif.

Seperti yang diketahui bersama, di pasaran terdapat dua jenis velg sepeda motor yang kita kenal. Yakni velg racing (casting wheel) dan velg jari-jari (spoke wheel). Tidak sedikit orang yang bertanya-tanya mengenai kualitas dan perbedaan dari kedua jenis velg motor tersebut.

Jika kita melihat sepeda motor yang melintas di jalanan, sebagian besar pemilik motor memilih menggunakan velg racing. Akan tetapi ada pula pengguna yang mengandalkan velg jari-jari pada tunggangan kesayanganya.

Perlu diketahui, velg racing mempunyai sejumlah kelebihan dibandingkan dengan velg jari-jari. Salah satunya adalah jumlah palang yang sedikit, sehingga membuat velg jenis ini lebih mudah dibersihkan.

Tidak hanya itu saja, velg racing dikenal lebih lincah ketika dikendarai dalam kecepatan tinggi dan saat hard braking. Disamping itu velg raing bisa langsung menggunakan ban tubeless.

Akan tetapi velg racing juga memiliki kekurangan. Jika mengalami kerusakan, biaya yang dibutuhkan untuk memperbaikinya tidak sedikit. Selain itu jika sering menghantam, velg menjadi mudah speleng. Apabila kerusakannya sudah parah, velg sudah tidak dapat digunakan kembali.

Velg Jari-Jari Sepeda Motor

“Velg racing lebih rentan mengalami kerusakan dan berbahaya dibandingkan velg aluminium atau velg jari-jari. Apalagi jika musim hujan, velg racing lebih rentan, bisa retak dan penyok,” ujar Mamat, penjual velg motor di bilangan Otista, Jakarta Timur.

Lain halnya dengan velg racing, velg model jari-jari memiliki keunggulan lebih ringan dibandingkan model racing. Bahkan selisihnya bisa mencapai lima kilogram dari velg racing. Ringannya velg jari-jari menjadi alasan mengapa banyak pecinta balap, baik drag maupun road race lebih memilih velg jari-jari daripada velg racing.

Selain itu, velg jari-jari lebih aman saat digunakan di jalanan berlubang. Velg jenis ini dapat mengurangi getaran pada mesin sehingga getaran pada roda lebih merata.

Atenk dari NGM Motor mengatakan, velg jari-jari lebih kuat dan mudah divariasikan sebab velg ini mudah dimodifikasi dengan berbagai warna sesuai keinginan.

Mamat mengungkapkan, kelebihan lain yang dimiliki oleh velg jari-jari adalah tidak mudah karatan dan lebih mudah diperbaiki.

“Untuk perawatan, velg jari-jari tidak mudah karatan dan lebih mudah diperbaiki jika terkena lubang. Kalau sering kena lubang, velg jari-jari bisa disetel ulang. Bagusnya enam bulan sekali,” ujar Mamat.

Kendati demikian, sama halnya dengan model racing, velg jari-jari juga memiliki kekurangan. Velg jenis ini tidak mudah untuk dibersihkan. Pemilik motor hars membersihkan satu per satu jari-jari velg. Apabila hal tersebut diabaikan, dapat membuat velg cepat berkarat.

Selain itu velg jari-jari tidak dapat menggunakan ban tubeless. Kekurangan lainnya, velg jari-jari cenderung tidak stabil saat digunakan hard braking.

Agar velg tidak cepat rusak, ada baiknya Anda sedia payung sebelum hujan. Lakukan perawatan sederhana pada velg motor baru Anda. Cara yang bisa Anda lakukan adalah memeriksa tekanan angin secara rutin. Usahakan jangan sampai kurang ataupun lebih.

Bersihkan velg secara menyeluruh, terutama setelah terkena air hujan. Hal ini dapat membuat velg terhindar dari karat. Selain itu usahakan untuk menghindari jalanan berlubang ketika berkendara.

Source: velg palang vs velg jari jari, velg jari jari yang bagus dan kuat, velg racing vs jari jari, velg jari jari vs racing, jari jari motor yang kuat, velg jari jari, velg motor jari-jari, velg jari vs racing, kelebihan velg jari jari dengan velg palang, jari2 resing,