Penerus Suzuki Baleno, Suzuki Ciaz Segera Masuk Indonesia

Oleh Intan Nur Farida | 23/04/2015
Penerus Suzuki Baleno, Suzuki Ciaz Segera Masuk Indonesia

Mobil Terbaru Suzuki Ciaz 2015. Pasar mobil segmen sedan di Tanah Air tampaknya akan segera memanas. Pasalnya, selain PT Toyota Astra Motor (TAM) yang berencana untuk merilis Toyota Camry terbarunya, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kabarnya juga tengah bersiap untuk meluncurkan sedan kompak terbarunya yang diberi nama Ciaz. Sedan tersebut rencananya akan hadir di Tanah Air dalam waktu dekat.

“Untuk Ciaz kami masih mempelajari, tetapi April nanti akan ada keputusan pastinya,” kata Davy Tuilan, yag menjabat sebagai Wakil Direktur Pelaksana Roda 4 SIS di Bekasi, Jawa Barat, Minggu (29/03/2015).

Sebelumnya, Suzuki Ciaz hadir di Negeri Gajah Putih, Thailand melalui pameran Akbar Bangkok International Motor Show (BIMS) 2015 yang diselenggarakan beberapa waktu lalu. Suzuki Thailand mempersenjatai mobil barunya ini dengan jantung pacu berbahan bakar bensin yang memiliki kapasitas sebesar 1.250 cc, K12B.

Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga sebesar 91 daya kuda pada putaran 6.000 rpm dengan torsi puncak mencapai 118 Nm pada putaran 4.800 rpm. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin tersebut disalurkan ke roda melalui sistem perpindahan gigi otomatis CVT.

Disamping itu, tampilan Ciaz ini juga terlihat menarik dan lebih segar. Jika melihat lampu belakangnya, sekilas tampak mirip dengan milik All New Honda City. Kesan elegan tampak kental pada mobil ini. Suzuki Ciaz menawarkan ruang interior yang nyaman dan luas, dengan keselamatan berkendara terbaik, performa mengemudi yang maksimal namun tetap hemat bahan bakar.

Berdasarkan kabar yang dirilis Indianautosblog, sedan empat pintu ini dirilis dengan tampilan yang lebih segar dan baru berkat diusungnya tambahan body kit. Selain itu disematkan pula spoiler pada bagian depan dan belakang sehingga membuat tampilannya terlihat lebih sporty.

Sentuhan ubahan juga dilakukan pada bagian interior. Jok pada mobil sedan terbaru ini dilapisi dengan kulit. Sementara fitur hiburan yang turut dibenamkan antara lain LCD layar sentuh dengan dukungan koneksi bluetooth, USB, AUX-in dan CD/MP3 serta sistem navigasi GPS.

Suzuki Ciaz 2015 Indonesia 2

“Pasar sedan kecil jumlahnya tidak banyak, tetapi segmen ini cocok untuk taksi dan pasarnya cukup lumayan di Indonesia,” ungkap Davy.

Suzuki Ciaz Indonesia termasuk ke dalam kategori sedan segmen B. Mobil ini memiliki ukuran panjang 4.490 mm dengan lebar sebesar 1.730 mm dan tinggi mencapai 1.475 mm. Wheelbase atau jarak sumbu roda Ciaz mencapai 2.650 mm. Rencananya Ciaz di Thailand akan dproduksi di pabrik Suzuki yang berada di Rayong, Thailand.

Meskipun pihak Suzuki belum menetapkan harga jual sedan ini, menurut kabar ang beredar Suzuki Ciaz akan dipatok dengan harga 500.000 hingga 680.000 baht, atau jika dikurskan mencapai Rp 199-271 juta.

Rencananya Suzuki Motor Thailand akan mulai memproduksi sedan ini pada bulan Juni 2015 mendatang. Ciaz akan menjadi mobil ketiga yang diproduksi pabrik Raong, setelah Suzuki Swift sejak 2012 dan Celerio sejak tahun 2014.

“Wilayah Asia, yang mewakili sekitar 10 persen dari keseluruhan penjualan di luar Jepang merupakan wilayah yang penting secara strategis. Karena kami akan mengekspor model yang dibuat di pabrik Rayong ke Asia dan Eropa, Thailand menjadi basis yang penting bagi bisnis global kami,” papar Toshihiro Suzuki, selaku Executive Vice President Suzuki.

Apabila Suzuki Indonesia jadi memasarkan Ciaz, rencananya sedan tersebut akan didatangkan utuh (CBU) dari Thailand, memanfaatkan zona bebas pajak FTA ASEAN.

Sekedar informasi, di China Suzuki Ciaz memiliki nama Alivio. Mobil ini dibekali dengan mesin berkapasitas 1.600 cc. Tenaga yang dihasilkan mesin tersebut mencapai 121 hp dengan torsi maksimum mencapai 158 Nm. Lain halnya dengan India, di negeri Hindustan tersebut Suzuki Ciaz ditawarkan dalam varian mesin 1.400 cc dan 1.300 cc turbodiesel.

Source: sedan entry level,