Moge Yamaha YZF-R1 2015 Indonesia Sedang Dipersiapkan!

Oleh Ayunda Devi | 23/04/2015
Moge Yamaha YZF-R1 2015 Indonesia Sedang Dipersiapkan!

Yamaha R1 Terbaru Indonesia. Beberapa waktu yang lalu pabrikan motor berlambang tiga garputala, Yamaha telah menghadirkan dua motor baru andalannya, YZF-R1 dan YZF-R1M 2015 di Negeri Gajah Putih, Thailand. Kedua motor sport tersebut dirilis perdana pada perhelatan Bangkok International Motor Show (BIMS) 2015.

Dan kabar baiknya, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) selaku agen pemegang merek (APM) Yamaha di Tanah Air berencana untuk meluncurkan motor tersebut di Indonesia.

“Sedang disiapkan untuk uji tipe dan kelengkapan surat-suratnya, enggak lama lagi,” papar M. Masykur, Asisten General Manager Marketing PT YIMM. Akan tetapi Masykur enggan memberikan informasi lebih detail mengenai harga jual dari motor baru ini.

Seperti apakah tampilan motor besutan produsen otomotif asal Negeri Bunga Sakura ini? Melihat desainnya, Yamaha YZF-R1 didesain dengan mengacu bentuk motor balap MotoGP. Bagian fairing dan air scoop memiliki desain yang terinspirasi dari Yamaha YZF-M1 tunggangan Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo.

Lampu depannya dibuat mirip fog lamp bulat yang bersanding dengan air scoop. Sementara bodi bagian buntut memiliki lubang mirip wings pada super cars.

Yamaha YZF-R1 baru 2015 telah dilengkapi dengan quickshifter dan launch control. Sementara pada sistem pengeremannya Yamaha menyematkan anti-lock brake system (ABS) dan unified braking system.

Yamaha YZF-R1 2015 Indonesia 2

Selain itu dibenamkan pula six-axis inertial measurement unit (IMU). Peranti ini dapat mengetahui kinerja dan posisi motor dengan baik, lalu data-data yang didapat digunakan untuk membuat traction control termasuk slide control dan anti-wheelie control. Dengan demikian motor dapat berjalan lebih maksimal.

Beralih ke sektor performanya, baik Yamaha YZF-R1 maupun YZF-R1M dipersenjatai dengan dapur pacu yang memiliki kapasitas sebesar 998 cc, crossplane-concept, 4 silinder segaris dan dua injektor setiap silindernya.

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 147.1 kW (200.0 PS) pada 13.500 rpm dengan torsi uncak mencapai 112.4 Nm (11.5 kg-m) pada putaran 11.500 rpm. Mesin tersebut memiliki rasio kompresi 13.0 : 1 dengan bore x stroke 79.0 mm x 50.9 mm. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin tersebut disalurkan ke roda melalui sistem transmisi constant mesh 6-percepatan.

Sebagai tambahan informasi, crossplane-concept merupakan teknologi gerakan piston antar silinder yang serupa dengan motor balap YZF-M1 pada ajang MotoGP. Dengan teknologi tersebut, tenaga yang dihasilkan motor menjadi lebih halus dan merata di setiap putaran mesin.

Sementara Yamaha YZF-R1M memiliki tampilan tak kalah menarik. Yang membedakannya dengan YZF-R1 terlihat pada penggunaan carbon fiber bodywork di sejumlah panel, mulai dari upper fairing side fairings sampai front fender. Penggunaan bahan karbon fiber bertujuan untuk membuat bobot motor lebih ringan, namun tetap kuat, serta menambah kesan menarik dari motor ini.

Disamping itu, Yamaha mengusung suspensi Öhlins yang dilengkapi sistem Electronic Racing Supension (ERS). Sistem tersebut terintegrasi dengan perangkat elektronik six-axis IMU yang dapat menyalurkan data, lalu diolah untuk menentukan tingkat kekerasan suspensi saat motor sedang melaju. Dengan menggunakan teknologi ini, handling motor menjadi lebih maksimal. Selain itu traksi juga menjadi lebih baik ketika melintasi tikungan.

Yamaha YZF-R1M hanya ditawarkan dalam satu warna, yakni Carbon Fiber/Liquid Metal dengan clear-coated aluminium fuel tank, swing arm mengkilap, lengkap dengan special R1M badge pada bagian airbox cover.

Lalu berapa harga kedua motor tersebut? Di Thailand, Yamaha YZF-R1 dibanderol dengan harga 899 ribu Bath atau berkisar Rp 365,6 juta. Sementara YZF-R1M yang memiliki spesifikasi di atas YZF-R1 dipatok seharga 1,199 juta Bath atau jika dikurskan mencapai Rp 479,6 jutaan.

Source: