Mobil Honda Jazz Versi MPV Segera Diluncurkan?

Oleh Ayunda Devi | 23/04/2015
Mobil Honda Jazz Versi MPV Segera Diluncurkan?

Mobil Honda Jazz 7 Penumpang. Tampaknya Honda tengah mempersiapkan strateginya untuk menggempur pasar otomotif. Sebelumnya Honda telah menurunkan desain Low Cost Green Car (LCGC) andalannya Brio ke Mobilio. Dan kini rencananya salah satu pabrikan mobil asal Negeri Samurai itu akan menurunkan desain Jazz ke sosok MPV (Multi Purpose Vehicle).

Turunan hatchback andalan Honda itu diberi nama Jazz Shuttle. Mobil ini dikenal sebagai versi bongsor dan Honda Jazz yang dipasarkan di negara asalnya, Jepang. Honda Jazz Shuttle pertama kali dirili pada tahun 2011 oleh Japanese Domestc Market (JDM). Secara line-up mobil ini menjadi seri kedua dari generasi hatchback Honda.

Sebelum menggunakan nama Jazz Shuttle, mobil keluarga ini dikenal dengan nama Honda Airwave. Dengan hadirnya generasi ketiga Honda Jazz, sepertinya MPV tersebut akan kembali hadir meramaikan pasar otomotif dengan desain yang lebih modern dan mirip dengan perpaduan Jazz dan mobilio.

Di dunia maya telah beredar desain paten dari rancang bangun Honda Jazz Shuttle. Jika dilihat dari pinggir, bodi bantet yang dihiasi dengan lekukan-lekukan tegas terlihat mirip dengan Jazz. Akan tetapi segi dimensinya terlihat persis dengan Mobilio. Bisa dipastikan desain Honda Jazz Shuttle terbaru ini akan tampil jauh lebih segar dengan nuansa modern yang kental.

Sementara untuk sektor performanya, kemungkinan besar mobil terbaru tersebut akan memanfaatkan mesin yang tidak jauh berbeda dengan All-New Honda Jazz yang dipasarkan saat ini.

Honda Fit Shuttle 2015 2

Sementara untuk varian hybrid, tidak menutup kemungkinan Honda akan membenamkan dapur pacu 1.5 Atkinson Cycle 4-silinder yang dikombinasikan dengan sistem perpindahan gigi 7-percepatan dual-clutch gearbox. Dan untuk varian non-hbrid, diprediksi akan mengandalkan mesin 1.5 liter SOHC i-VTEC. Mesin tersebut sanggup menghasilkan tenaga sebesar 188 daya kuda dengan torsi maksimum mencapai 145 Nm.

Sekedar informasi, Honda Jazz yang dipasarkan di Tanah Air saat ini dipersenjatai dengan jantung pacu 1.5 L SOHC 4 silinder segaris, 16 katup, i-VTEC, PGM-FI yang memiliki kapasitas sebesar 1.497 cc. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga sebesar 88 kW (120 PS) pada putaran 6.600 rpm, dengan torsi maksimum mencapai 14,8 kg.m (145 Nm) pada putaran 4.800 rpm. Mesin tersebut memiliki tingkat konsumsi bahan bakar 20 km/liter.

Di Tanah Air Honda Jazz ditawarkan dalam 6 varian berbeda, antara lain A Manual, S Manual, S CVT, RS Manual, RS CVT, RS Black Top limited edition. Honda Indonesia menjualnya dengan harga mulai Rp 203 juta hingga Rp 268 juta.

Sama halnya dengan versi hatchback-nya, Honda Jazz Shuttle 1.5 A model sebelumnya dibekali dengan mesin 4 silinder in-line SOHC berkapasitas 1.496 cc. Berbekal mesin tersebut Honda Jazz Shuttle sanggup menghasilkan tenaga sebesar 89 kW (120 bhp) dengan torsi puncak 145 Nm. Mesin tersebut memiliki rasio kompresi 10.4 dan bore x troke 73.0 x 89.4 mm.

Tingkat konsumsi bahan bakarnya mencapai 18,8 km/liter dengan emisi CO2 140 g/km. Kapasitas tangki bahan bakarnya dapat memuat hingga 42 liter bensin.

Melihat dimensinya, Honda Jazz memiliki panjang 3.920 mm, dengan lebar 1.695 mm dan tinggi mencapai 1.525 mm. Wheelbase-nya mencapai 2.500 mm. Sementara Honda Jazz Shuttle memiliki panjang 4.410 mm, dengan lebar 1.695 mm dan tinggi 1.540 mm. Mobil tersebut memiliki wheelbase atau jarak poros roda sepanjang 2.500 mm.

Beralih ke sektor kaki-kaki, Jazz Shuttle mengandalkan suspensi McPherson torsion bar pada bagian depannya, sedangkan bagian belakang menggunakan suspensi Axle torsion bar. Untuk sistem pengeremannya, Honda Jazz Shuttle dibekali rem ventilated disc pada bagian depan dan model drum pada bagian belakang.

Akankah Honda Jazz Shuttle terbaru ini dipasarkan di Indonesia? Kita tunggul saja kabar selanjutnya dari Honda.

Source: kapasitas penumpang honda jazz, honda jazz 7 penumpang, honda jazz 7 seater, Brio 7 penumpang, kapasitas penumpang honda jazz rs, jumlah kursi honda jazz, kapasitas penumpang mobil honda jazz, gambar mobil honda jazz 2017, gambar mobil baru honda jazz 7penumpang 2017, honda jazz berapa penumpang,