Tips Memilih Aksesoris Motor, Baru Dan Bekas Berkualitas

Oleh Intan Nur Farida | 25/04/2015
Tips Memilih Aksesoris Motor, Baru Dan Bekas Berkualitas

Cara Memilih Aksesoris Motor Berkualitas. Seiring berjalannya waktu, perkembangan di dunia otomotif semakin pesat. Tidak hanya itu, produsen aksesoris sepeda motor juga semakin banyak. Pilihannya juga bervariasi, sehingga pemilik motor lebih leluasa dalam memilih aksesori yang sesuai dengan keinginan.

Merubah tampilan motor dengan mengandalkan aksesori adalah hal yang paling mudah dilakukan. Dengan sedikit sentuhan saja tampilan motor akan semakin segar dan menarik untuk dipandang. Kendati demikian pemilik motor tidak boleh asal membeli aksesoris. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar aksesoris tersebut sesuai dengan kondisi motor dan tidak menimbulkan kerugian.

Hendi, salah satu pedagang di Mentari Motor memunyai sejumlah tips memilih aksesoris motor. “Memang terkadang kita harus pintar memilih aksesoris kendaraan bermotor, jangan sampai nantinya menyesal,” ungkap Hendi.

Tips Beli Aksesoris Motor 2

Berikut adalah 6 tips memilih aksesoris motor menurut Hendi:

  1. Pilihlah aksesoris yang sesuai dengan motor. Jangan sampai aksesoris yang dibeli justru berpotensi menumbulkan kerusakan atau mengganggu performa motor.
  2. Disarankan untuk memilih aksesoris motor dari merek-merek ternama. Sebab pada umumnya aksesoris motor memiliki keunggulan yang tidak sama antara satu dengan lainnya. Memang aksesoris bermerek memiliki harga jual yang lebih tinggi. Akan tetapi dengan memilih aksesoris terpercaya, maka kualitas dan keunggulannya sudah terjamin.
  3. Sebelum memutuskan untuk membeli, alangkah baiknya untuk mencari tahu dahulu kisaran harga aksesoris yang diinginkan. Hal ini perlu dilakukan agar Anda tahu persis harga pasaran dari aksesoris yang hendak dibeli dan terhindar dari aksesoris berharga mahal. Perlu Anda ketahui, tidak semua aksesoris mahal dapat diterapkan pada motor Anda.
  4. Jika Anda membeli aksesoris dengan tujuan mempermanis tampilan motor, maka wajib hukumnya bagi Anda untuk memilih warna yang sesuai. Perhatikan kombinasi warna antara kendaraan dan aksesoris. Dengan memperhatikan hal tersebut hasil yang diperoleh akan menjadi lebih menarik dan semakin indah dipandang mata.
  5. Usahakan untuk membeli aksesoris di toko yang memiliki banyak konsumen. Dianjurkan untuk mencari toko yang juga menyediakan layanan garansi. Tujuannya agar Anda terhindar dari penipuan yang pada akhirnya merugikan diri Anda sendiri.
  6. Ketika berhadapan dengan penjual, alangkah baiknya jika Anda telah paham betul mengenai jenis dan merek aksesoris yang diinginkan. Dengan begitu Anda akan terhindar dari resiko dibohongi penjual.

Disamping tips-tips motor di atas ada beberapa model aksesoris yang sebaiknya dihindari. Sebab, penggunaan aksesoris yang sembarangan justru dapat menurunkan performa motor dan membahayakan penggunannya. Berikut adalah beberapa aksesoris yang disarankan untuk tidak digunakan:

1. Hand grip alumunium

Akseoris yang satu ini memang terlihat menarik. Namun perlu Anda catat, bahan alumunium memiliki permukaan yang licin. Hal tersebut tentu beresiko membahayakan pengguna, terutama jika kondisi tangan berkeringat.

2. Footpeg atau pijakan kaki alumunium

Di pasaran, terdapat beragam footpeg yang ditawarkan mulai dari gaya minimalis, classic, hingga modern. Perlu Anda ketahui, memilih footpeg harus memperhatikan segi kenyamanan dan keselamatan. Tujuannya agar pijakan kaki tersebut tidak menyulitkan pengendara ketika menginjak rem ataupun memindah posisi gigi.

3. Tuas kopling dan rem

Untuk komponen ini, disarankan untuk tidak menggantinya dengan aksesoris lain. Biarkan tetap menggunakan desain asli dari pabrik. Sebab pabrikan telah menyesuaikan bentuknya sehingga cocok dengan karakter pengendara.

4. Kulit atau alas jok

Hindari penggunaan kulit jok yang licin. Hal tersebut dapat membahayakan pengendara saat melakukan perjalanan. Selain itu jok tersebut dapat membuat pengendara cepat merasa lelah

5. Raiser (peninggi) stang

Berhati-hatilah dalam memilih dan menggunakan raiser. Aksesoris ini memang dapat memberikan kemudahan kepada Anda dalam mengendalikan kendaraan. Namun jika tidak cermat dalam memilih bukan tidak mungkin raiser yang Anda beli mudah berkarat.

Source: aksesoris motor paling bagus, merk variasi motor, Raiser cb150r New, merk variasi motor berkwalitas, merk variasi motor yg paling rendah kualitasnya, pijakan kaki motor mio aksesoris, raiser yg bagus buat matic, tip beli aksesoris motor, tips beli variasi motor, Tips membeli aksesoris motor,