Renault Duster 4×4 Resmi Masuk Indonesia, Harga Mulai Rp 333,5 Juta

Oleh Intan Nur Farida | 25/04/2015
Renault Duster 4×4 Resmi Masuk Indonesia, Harga Mulai Rp 333,5 Juta

Renault Duster 4×4 Terbaru Di Indonesia. Pabrikan mobil asal Prancis, Renault telah memperkenalkan mobil barunya, Renault Duster 4×4 di Tanah Air melalui perhelatan Indonesia International Motor Show (IIM) 2014. Dan mulai hari ini, Selasa (07/04/2015) Renault Indonesia resmi menjual Duster 4×4. Usai pengumuman, acara dilanjutkan dengan test drive Duster 4×4 di Jeep Station Indonesia, Megamendung, Bogor.

PT Auto Euro Indonesia, selaku agen pemegang merek (APM) Renault di Tanah Air menghadirkan Duster 4×4 dalam dua varian, yaitu E2 yang dibanderol dengan harga Rp 333,5 juta dan E3 yang dipatok seharga Rp 339,5 juta. Harga tersebut dalam kondisi on the road (OTR) Jakarta. Renault Duster 4×4 dirakit di dalam negeri atau juga disebut dengan istilah CKD (Completely Knock Down).

Renault Duster 4×4 Indonesia ini hadir dengan berat yang sangat ringan, hanya 1,3 ton, dan torsi yang sangat melimpah dari mesin dieselnya, serta memiliki harga yang sangat terjangkau di kelasnya,” papar Yusak Kertowidjojo, selaku President Director PT Indomobil Sukses Internasional Tbk.

Renault Duster 4×4 hadir menyapa publik dengan tagline “Drive Without limit”. Mobil ini dibekali dengan jantung pacu dCi THP (Turbo High Pressure), VGT (Variable Geometry Turbo) diesel yang memiliki kapasitas sebesar 1.461 cc. Mesin tersebut dapat mengeluarkan tenaga hingga mencapai 110 daya kuda dengan torsi maksimum sebesar 245 Nm. Kemampuan 4×4 miliknya didukung dengan pilihan tombol mode 2WD, Auto dan Lock pada tansmisi manual enam percepatan.

Mobil terbaru andalan Renault ini memiki ground clearance setinggi 210 mm dengan approach angle 30 derajat dan departure angle 35 derajat. Berkat hal itu kemampuan Duster 4×4 untuk menaklukkan berbagai medan jalan menjadi lebih maksimal. Disamping itu Renault Duster 4×4 sanggup melalui genangan air hingga setinggi 400 mm. Ruang bakasi yang memiliki kapasitas 410 liter menjadi daya tarik tersendiri dari mobil ini.

Renault Duster 4x4 2015 Indonesia 2

Yang membedakan antara varian E2 dan E3 terletak pada bagian interior, di mana varian E3 tampil dengan balutan kemewahan lengkap dengan lapisan kulit di bagian setir dan dashboard. Selain itu varian E3 juga dilengkapi dengan fitur Cruise Control.

Lalu apa perbedaan antara Duster 4×4 dengan versi 4×2? Jika diperhatikan lebih detail, ada beberapa perbedaan yang tampak, seperti turbo mesin yang diusung, warna jok yang hadir dengan perpaduan hitam dan merah dengan bahan kulit dan kain, serta sejumlah fitur hiburan seperti head unit jenis layar sentuh berukuran 7 inci yang terintegrasi dengan navigasi dan tombol audio di lingkar kemudi.

“Indonesia banyak sekali pulau. Kami rasa, kendaraan seperti ini sangat dibutuhkan, terutama untuk perusahaan-perusahaan tambang, perkebunan, dan perusahan jasa pelayanan yang kerap mengunjungi daerah terpencil,” jelas Yusak.

Renault Duster 4×4 menawarkan kemudahan kepada para penggunanya. Untuk memindahkan mode penggerak, Duster menggunakan model kenop putar yang jauh lebih praktis jika dibandingkan dengan model tuas. Ada 3 pilihan pada sistem penggerak Duster, yakni 2WD (FWD), 4WD dan 4WD Locker (permanen).

Saat melalui lubang dalam maupun gundukan tinggi, performa Duster 4×4 bisa diadu dengan Pajero Sport dan D-Max. Travel suspensi cukup mumpuni untuk menjaga cengkraman ban. Bahkan Renault Duster 4×4 tidak mengalami kesulitan berarti saat menghadapi tanjakan bersudut curam, tak terkecuali ramp buatan yang mensimulasikan tanjakan dengan kemiringan mencapai 38 derajat. Hal tersebut dapat diselesaikan dengan mudah oleh mobil ini walau tanpa gerak 4 roda low range.

Hal tersebut dikarenakan rasio gigi 1 dan 2 Duster 4×4 yang terbilang kasar. Itulah mengapa Renault mengandalkan sistem perindahan gigi 6-percepatan manual. Selain itu suspensi yang nyaman layaknya sedan dan konsumsi bahan bakar yang irit dan bodinya yang cukup mungil bisa menjadikan Renault Duster 4×4 sebagai pilihan menarik bagi Anda yang menginginkan kendaraan off-road.

Source: komparasi duster,