Nissan X-Trail Hybrid Sudah Mulai Dijual Tahun 2015

Oleh Dian Hadi Kusuma | 25/04/2015
Nissan X-Trail Hybrid Sudah Mulai Dijual Tahun 2015

Nissan X-Trail Hybrid Baru 2015. Salah satu pabrikan mobil asal Negeri Samura, Nissan berencana untuk menambah varian model SUV (Sport Utility Vehicle) menengah andalannya, X-Trail. Nissan akan menambah varian hybrid yang rencananya akan mulai dipasarkan di Negara asalnya pada Senin (13/04/2015) mendatang.

Dilihat dari segi tampilan, Nissan X-Trail varian Hybrid tidak akan berbeda dengan versi mesin konvensional. Akan tetapi, sebagai pembeda dengan versi sebelumnya Mobil Nissan menyematkan emblem “pure drive hybrid”. Tidak hanya itu saja, pada layar monitor juga ditambah dengan informasi hybrid.

Beralih ke sektor performanya, spesifikasi Nissan X-Trail Hybrid dibekali dengan dapur pacu berbahan bensin 2.0 liter MR20DD yang disandingkan dengan motor listrik. Untuk mesin konvensionalnya, sanggup memproduksi tenaga sebesar 147 hp pada putaran 6.000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 207 Nm pada putaran 4.400 rpm.

Sementara untuk motor listrik yang menggunakan baterai lithium sanggup menghasilkan tenaga 41 daya kuda dengan torsi puncak sebesar 160 Nm. Mesin tersebut dikombinasikan dengan sistem perpindahan gigi CVT XTRONIC, dengan dua pilihan penggerak roda, yakni 2WD dan 4WD.

Selain itu Nissan juga membekali X-Trail Hybrid dengan IDCC (Intelligent Dual Clutch Control). Teknologi tersebut merupakan sistem hybrid yang yang sangat efisien dalam memutar roda-roda dan membangkitkan kelistrikan melalui satu motor.

Nissan X-Trail Hybrid 2015 Jepang 2

Sedangkan penggunaan sistem 2 kopling akan memungkinkan pengiriman energi mesin dan motor secara mekanikal ke sistem transmisi. Pengiriman energi dilakukan tanpa motor bantuan dan turqu converter sehingga awal pergerakan mobil menjadi lebih lembut dan perpindahan gear cepat.

Berbicara mengenai konsumsi BBM, Nissan X-Trail Hybrid memerlukan 1 liter bahan bakar untuk menjangkau jarak sejauh 20,6 km. Mesin MR20DD yang dibenamkan pada mobil ini tidak menggunakan belt dan mengusung seal oli friksi-rendah. Selain itu Nissan mengandalkan ban berhambatan gulir rendah dan Regenerative braking system guna menghemat energi.

Lalu bagaimana dengan pasar mobil di Indonesia? Akankah PT Nissan Motor Indonesia (NMI) selaku agen pemegang merek (APM) Nissan di Tanah Air akan memasarkan X-Trail varian Hybrid? Kita tunggu saja informasi selanjutnya dari pihak Nissan Indonesia.

Sebagai informasi, Nissan X-Trail hadir dengan konsep yang memadukan desain yang mengesankan, mesin yang mumpuni dan stabilitas mobil yang memuaskan. Di Indonesia, Nissan X-Trail generasi terbaru dirilis pada bulan September 2014 lalu dan menjadi generasi ketiga sejak dipasarkan pada tahun 2001 silam.

Mobil SUV andalan automaker Jepang ini memiliki dimensi panjang 4.630 mm, dengan lebar 1.785 mm dan tinggi mencapai 1.685 mm. Wheelbase atau jarak sumbu rodanya mencapai 2.630 mm, sedangkan ground clearance 200 mm. Pada bagian kaki-kakinya, Nissan X-Trail menggunakan velg yang tampil sporty dengan ban berukuran 18 inci yang tersedia untuk tipe 2.5 CVT Grade.

Bagian depan mobil ini tak kalah menarik dengan tampilan yang agresif. Grille X-Trail dirancang menyatu dengan LED headlight, dengan sudut lengkung yang memperkuat kesan tajam. Sementara bumper depan kental dengan kesan khas SUV yang berkarakter gagah dan tinggi, lengkap dengan foglamp yang memudahkan pengguna saat melintasi jalanan berkabut tebal.

Di bagian samping, disematkan roof rail dan side skirt yang sederhana. Beralih ke bagian buritan, terdapat tail light yang didesain horizontal dan besar yang mengisyaraktan kesan premium. Lekukan body dibuat sedemikian rupa sehingga membuat tampilannya lebih gagah.

Mobil Nissan X-Trail terbaru ini dibekali dengan beragam fitur menarik, antara lain Halogen Headlamps, Follow Me Home headlamp function, LED Daytime Running Light, headlamp manual levelizer dan LED turn signal lamp on outside rear view mirrors. Selain itu disematkan pula 17 inci alloy wheel, roof rail, LED high mount stop lamp, Headlamp auto on/off, welcome light function dan fog lamp with chrome ring.

Source: