Pilihan Motor Untuk Modifikasi Cafe Racer

Oleh Intan Nur Farida | 26/04/2015
Pilihan Motor Untuk Modifikasi Cafe Racer

Daftar Motor Modifikasi Cafe Racer Indonesia. Saat ini banyak sekali motor custom yang beredar di jalanan. Hobi memodifikasi motor menjadi sosok tunggangan custom rupanya digemari banyak orang. Bahkan tak jarang diselenggarakan event yang memamerkan koleksi-koleksi motor custom yang ada.

Tampilannya yang terlihat klasik, gagah dan memiliki ciri khas tersendiri membuat motor custom atau biasa disebut dengan Cafe Racer ini memiliki aura tersendiri yang dapat menarik hati. Tak jarang para pemilik motor merasa bingung saat ingin memiliki motor custom. Seperti mulai dari mana untuk bisa membangun motor tersebut, terlebih lagi jika motor yang dimiliki masih keluaran terbaru sehingga sayang untuk dimodifikasi.

Berikut adalah 5 motor yang bisa Anda jadikan bahan dasar untuk merancang motor custom atau cafe racer:

1. Honda CB250

Motor ini memang merupakan model lama dan sudah tidak diproduksi lagi oleh pabrik. Motor besutan automaker asal Negeri Matahari Terbit ini bisa menjadi salah satu pilihan menarik untuk dimodifikasi menjadi sosok tunggangan cafe racer.

Melihat dapur pacunya, Honda CB250 dibekali dengan mesin berkapasitas 250 cc, 4 stroke, 2 katup per silinder. Untuk mengembalikan fungsi mesin seperti semula bisa dipastikan membutuhkan waktu dan biaya tersendiri, mengingat mesin tersebut tergolong barang klasik

Chassis CB250 akan menjadi nilai tersendiri yang membuat hasil modifikasi cafe racer terlihat lebih memuaskan. Apabila motor ini telah berubah wujud menjadi motor custom, harga jualnya bisa mencapai Rp 50 juta, tergantung dengan kesempurnaan modifikasi.

2. Suzuki Thunder 250

Tips Modifikasi Motor Cafe Racer 2

Apabila Anda mencari motor yang tidak terlalu tua untuk melakukan modifikasi motor cafe racer, Suzuki Thunder 250 adalah salah satu jawabannya. Motor ini cukup langka dan banyak dicari oleh pecinta modifikasi cafe racer. Thunder memiliki konstruksi rangka dan mesin yang pas dengan karakter cafe racer.

Untuk menebusnya, Anda harus menyiapkan dana setidaknya Rp 15 juta. Ada beberapa bagian yang perlu Anda Rombak. Di antaranya suspensi depan, lengan ayun belakang, serta tangki bensin dan tutup akinya agar hasil modifikasi lebih sempurna. Apabila hasil karya Anda memiliki nilai lebih, kemungkinan harga jualnya bisa mencapai sebesar Rp 25 juta atau bahkan lebih.

3. Yamaha Scorpio 225

Selain Suzuki Thunder 250, Yamaha Scorpio 225 juga menjadi pilihan banyak pecinta cafe racer. Alasannya, populasi motor ini masih banyak dan harga jual di pasaran tidak terlalu tinggi. Kerangka motor ini dinilai sesuai untuk dimodifikasi menjadi cafe racer. Jika Anda ingin memperkuat kesan klasik, Anda bisa mengganti suspensi belakang tunggal menjadi model ganda.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh motor ini adalah performa mesin yang cukup baik. Agar performa semakin mantab, perhatikan kesempurnaan dalam hal pengereman, suspensi dan kemudi saat melakukan modifikasi. Scorpio yang telah dimodifikasi menjadi cafe racer bisa dijual dengan harga lebih dari Rp 40 juta.

4. Honda CB650

Motor besutan Honda ini bisa dikatakan merupakan model teristimewa jika dimodifikasi menjadi cafe racer. RMesin yang kokoh dan sumbu roda yang pendek merupakan kunci utama yang membuat modifikasi cafe racer berbasis CB650 menjadi maksimal.

Tidak hanya itu saja, kerangka, knalpot ganda dan tangki bahan bakar yang menyerupai HD Sportster merupakan nilai lebih di mata para pemodif cafe racer. Akan tetapi harga motor ini cukup mahal. Kendati demikian, jika telah berganti wajah menjadi cafe racer Anda dapat menjualnya dengan harga Rp 80 juta.

5. Honda GL100

Honda GL100 telah dirilis pada tahun 1972. Itulah mengapa motor ini sudah memiliki kesan klasik. Kerangka, bentuk tangki yang oval dan shock model absorber ganda di bagian belakang membuat GL100 pantas untuk dimodifikasi menjadi cafe racer.

Selain itu mesinnya juga tidak mengalami banyak masalah dan mudah diperbaiki jika ada kerusakan. Jika Anda berhasil memodifikasi motor ini dengan baik, harga jualnya bisa mencapai Rp 30 juta.

Source: motor cafe racer, gl 100 cafe racer, modifikasi motor custom, modifikasi gl 100 cafe racer, motor cafe racer klasik dunia, modifikasi cafe racer indonesia, modifikasi cafe racer di indonesia, motor care racer, motor caperacer, motor caferacer di bawah 100juta,