5 Penyebab Getaran Keras Pada Mesin Mobil

Oleh Ayunda Devi | 27/04/2015
5 Penyebab Getaran Keras Pada Mesin Mobil

Meredam Getaran Pada Mesin Mobil. Memiliki mobil tidak lepas dari permasalahan-permasalan yang terkadan cukup merepotkan. Wajar saja, mobil memang terdiri dari beragam komponen yang bisa mengalami permasalahan atau kerusakan sewaktu-waktu. Oleh karena itu banyak pihak yang menyarankan untuk selalu merawat mobil dan rutin melakukan servis di bengkel terpercaya.

Dari sekian banyak permasalahan yang bisa dialami oleh pemilik mobil, getaran pada kabin yang berlebihan merupakan salah satu masalah yang paling sering ditemui. Kabin yang menimbulkan getaran tentu tidak membuat penggunanya merasa nyaman. Bahkan dalam beberapa kasus, getaran tersebut diikuti oleh suara mendengung. Tak jarang hal tersebut membuat pemilik merasa khawatir saat menjumpai permasalahan semacam itu.

Lalu apa saja yang membuat kabin mobil bergetar keras? Berikut adalah beberapa sumber permasalahan yang disampaikan oleh Rahmat Hidayat, salah seorang mekanik Sumber Jaya Motor, Radio Dalam, Jakarta:

1. Asupan bahan bakar tidak lancar

Perlu Anda ketahui, tidak lancarnya asupan bahan bakar ke ruang bakar mesin disebabkan oleh perangkat injektor yang mengalami masalah. Pasalnya injektor yang tersumbat oleh kotoran tidak akan bisa menyemprotkan bahan bakar dengan maksimal. Apabila hal tersebut terjadi, akan berdampak pada proses pembakaran mesin yang tidak sempurna. Itulah yang membuat getaran pada mobil terasa keras.

2. Busi aus

Busi yang telah aus menjadi penyebab berikut yang membuat mesin bergetar kencang. Saat busi aus, proses pembakaran di ruang bakar tidak dapat berjalan dengan sempurna. Karena pemantikan api tidak dapat bekerja dengan stabil. Dampaknya, mesin mobil terasa seperti tersengal-sengal, bahkan hal tersebut bisa terasa hingga ke dalam kabin.

Penyebab Mesin Mobil Bergetar Keras 2

3. Piston goyang

Apabila asupan bahan bakar lancar dan busi tidak aus, bisa jadi penyebabnya adalah piston yang sudah aus. Piston yang aus biasanya goyang karena tidak dalam kondisi tegak lurus. Di saat seperti itu, ketika pengguna menyalakan mesin mobil getaran akan sangat terasa. Namun perlu Anda ketahui, dampak dari piston yang aus tidak hanya pada getaran saja, namun juga tenaga mobil yang menjadi menurun dari sebelumnya.

4. Kanvas kopling aus

Akar permasalahan berikutnya adalah kanvas yang sudah aus. Sebab hal tersebut dapat mempengaruhi kopling. Getaran di gir boks akan terasa jelas, karena tenaga yang dihasilkan oleh mesin tidak dapat disalurkan dengan baik ke roda. Dengan kata lain getaran keras yang timbul pada mobil disebabkan oleh tenaga yang tertahan di gir boks.

5. Engine mounting bermasalah

Mounting berfungsi untuk meminimalisir getaran yang timbul ketika mesin dinyalakan. Jadi, jika mounting mengalami masalah, getaran dari mesin tidak dapat diredam dengan baik dan akhirnya masuk ke dalam kabin. Ada beberapa faktor yang menyebabkan perangkat tersebut tidak dapat meredam getaran yang dihasilkan mesin. Salah satu di antaranya adalah baut peranti tersebut yang menuju sasis kendor dan bantalan yang terbuat dari karet pecah karena sudah aus.

Oleh karena itu, perawatan berkala pada mobil harus dilakukan agar terhindar dari permasalahan-permasalahan seperti di atas. Meskipun ada sejumlah dana yang harus Anda bayarkan, serta waktu yang harus Anda luangkan, namun manfaat yang diperoleh akan sepadan dengan apa yang Anda bayarkan. Mobil baru yang selalu terawat akan membuat performanya tetap terjaga dan membuat perjalanan Anda tetap aman dan menyenangkan.

Demikian adalah beberapa penyebab timbulnya getaran keras pada mobil. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Anda dan tetap jadilah pengendara bijak di jalan.

Source: penyebab mesin mobil bergetar keras, mesin mobil bergetar keras, cara mengurangi getaran mesin mobil, cara meredam getaran, Meredam getaran mobil, cara menghilangkan getaran di mobil, mengatasi suara mendengung di ruang kabin mobil, cara meredam getar di dashboard mobil, penyebab getaran, mobil bergetar,