Mobil Nissan Juke-R Indonesia Masuk Tahun 2015 ini?

Oleh Intan Nur Farida | 27/04/2015
Mobil Nissan Juke-R Indonesia Masuk Tahun 2015 ini?

Mobil Nissan Juke-R Indonesia. Persaingan di pasar otomotif nasional tetap berlanjut meskipun kondisi pasar tengah lesu. Bahkan beberapa automaker telah merilis mobil barunya yang siap untuk memperpanas pasar mobil. Dari sekian merek mobil yang ada di Indonesia, ada kabar menarik dari salah satu pabrikan mobil asal Negeri matahari Terbit, Nissan.

Baru-baru ini Nissan melakukan sebuah campaign melalui media sosial resminya mengenai sosok mobil baru yang akan dihadirkan di Tanah Air. Mobil tersebut merupakan model crossover andalan Nissan Indonesia, yakni Nissan Juke-R.

Hal ini cukup menarik, karena Nissan Indonesia lebih memilih untuk menghadirkan Juke-R daripada membawa mobil-mobil umum seperti Nissan Note, Pulsar atau Qasqhai yang sebenarnya memiliki potensi yang menguntungkan jika di jual di Indonesia. Lalu apa yang membuat Mobil Nissan Juke-R ini berbeda dari varian yang ada di Indonesia? Berikut adalah beberapa keistimewaan yang dimiliki oleh Nissan Juke-R.

1. Nissan Juke-R bukan Nissan Juke biasa

Mobil ini merupakan terobosan terunik yang dilakukan oleh Nissan Eropa. Bagaimana tidak, Nissan Juke-R dibangun dengan menggunakan platform Nissan GT-R. Bisa dikatakan bahwa mobil ini bukanlah Nissan Juke, akan tetapi Nissan GT-R yang dibangun dengan bodi Nissan Juke Revolt Indonesia sehingga lahirlah Nissan Juke-R.

Bisa dibayangkan dengan menggunakan basis Nissan GT-R, Juke-R ini pasti memiliki performa yang sama besarnya. Melirik jantung pacunya, Nissan Juke-R dipersenjatai dengan mesin VR38DETT yang sama dengan GT-R. Kendati demikian, mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga sebesar 545 hp atau lebih besar 15 Hp dibandingkan dengan GT-R lansiran tahun 2011. Tenaga tersebut juga jauh lebih besar dari Juke standar yang dibekali dengan mesin HR15DE 4 silinder bertenaga 114 PS.

Nissan Juke R 2016 Indonesia 2

2. Edisi terbatas

Nissan Juke-R tidak bisa Anda beli secara bebas melalui showroom-showroom terdekat. Bahkan walaupun Anda tinggal di kota di Eropa sekalipun, Anda tidak dapat membelinya di sembarang showroom. Menurut informasi yang dirilis oleh salah satu situs, di tahun 2013 kemarin, Nissan hanya memproduksi Nissan Juke-R sebesar 21 unit. Waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan 1 unit Nissan Juke-R adalah 22 minggu.

3. Harga Nissan Juke-R mahal

Lain halnya dengan Nissan Juke biasa yang dibanderol tidak lebih dari Rp 300 jutaan, Nissan Juke-R memiliki harga yang lebih mahal hingga 3 kali lipat dibandingkan dengan Nissan GT-R terbaru yang dipatok seharga 100.000 US$. Dengan kata lain, harga Nissan Juke-R bisa mencapai 400.000 US$ dan hanya dapat dibeli oleh orang-orang tertentu saja. Jika dikurskan, maka harga satu unit Nissan Juke-R mencapai Rp 5,202 miliar.

Lalu apakah nantinya Nissan Indonesia akan benar-benar meluncurkan Juke-R tersebut? Kita tunggu saja kabar selanjutnya dari Nissan. Akan tetapi, kemungkinan besar Nissan Juke-R hanya akan menjadi sebuah ikon bagi Nissan Juke untuk menunjukkan bahwa mobil ini memiliki kecepatan yang tak kalah hebat dengan para pesaingnya. Dengan harapan, adanya Nissan Juke-R yang dikenal memiliki performa sama gaharnya dengan Nissan GT-R ini dapat mengangkat penjualan Nissan Juke di Indonesia.

Namun, jika nantinya Nissan memamerkan Juke-R di Indonesia dan memperkenankan khalayak ramai untuk mencoba performanya, maka hal tersebut bisa menjadi sebuah kesempatan berharga yang sayang untuk dilewatkan.

Kemungkinan lain yang bisa terjadi, Nissan Motor Indonesia selaku agen pemegang merek (APM) di Indonesia menghadirkan spesifikasi Nissan Juke dengan tambahan aksesoris layaknya Nissan Juke-R, dengan tambahan varian mesin yang lebih bertenaga untuk menyaingi kompetitor sekelasnya, Honda HR-V Prestige. Sekedar informasi, di pasar Eropa Nissan menjual Juke dalam pilihan mesin 1.600 cc DIG-T. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga hingga 200 PS.

Source: