Tips Memilih Aki Mobil Baru/Bekas Dengan Tepat

Oleh Intan Nur Farida | 27/04/2015
Tips Memilih Aki Mobil Baru/Bekas Dengan Tepat

Memilih Aki Mobil Baik Dan Benar. Pada dasarnya aki mobil berfungsi untuk menampung listrik yang nantinya digunakan oleh komponen elektrikal mobil. Akan tetapi, sama halnya dengan komponen lain, aki mobil juga memiliki usia pakai. Apabila sudah lewat usia pakai maka aki tidak dapat berfungsi normal dan harus diganti dengan yang baru.

Lalu apa saja yang harus diperhatikan ketika hendak membeli aki kering baru untuk mobil?

“Sebenarnya gampang saja, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memilih tempat membeli aki yang terpercaya,” kata Rizky Amanda, Chief Store Shop&Drive Kebon Jeruk, toko spesialis komponen oli, aki dan sokbreker.

Tidak hanya di bengkel resmi, toko onderdil juga banyak yang menawarkan beragam aki, dengan harga yang bervariasi tergantung jenis dan spesifikasinya. Sebelum membeli, pastikan Anda mendapat garansi akan vitalitas aki baru tersebut. Apabila seluruh sistem kelistrikan mobil baru yang masih normal, umumnya aki baru dapat bertahan 1,5-2 tahun. Jika kurang dari itu, maka aki tersebut bermasalah.

Carilah toko aki yang menyediakan layanan antar-jemput darurat. Sebab aki dapat mengalami permasalahan sewaktu-waktu tanpa mengenal tempat. Selain itu periksa tanggal produksi aki baru. Untuk aki maintenance free (MF) dan hybrid, umur idealnya adalah 1,5-2 tahun. Jika aki sudah 6 bulan berada di toko, maka usia pemakaian aki tersebut akan berkurang atau bahkan basi. Namun hal ini tidak berlaku untuk aki konvensional karena cairan baru dimasukkan ketika aki hendak dibeli.

A car mechanic replaces a battery.

Spesifikasi harus sama

Menggunakan aki merek lain bukanlah sebuah larangan, asalkan Anda harus memilih spesifikasi yang sama dengan ketentuan pabrik. Anda dapat meilihatnya dari deret angka spesifikasi yang tertera di dus dan badan aki.

Sebagai contoh, angka 55D26R pada aki GS. Dua angka pertama dan dua angka kedua menunjukkan panjang dan lebar aki. Dengan kata lain, angka tersebut menunjukkan dimensi yang dibutuhkan aki baru agar dapat diletakkan.

Selain itu, perhatikan spesifikasi voltase dan kapasitas aki. Tetapi kapasitas aki sedikit lebih fleksibel sebab Anda dapat menggantinya dengan yang berkapasitas lebih besar. Rizky menyarankan untuk mengganti aki lama dengan aki baru berkapasitas tak lebih dari 15 Ah.

Jenis Aki mobil

Di pasaran, terdapat 3 jenis aki yang dijual, yakni konvensional, hybrid dan MF. Aki konvensional biasa disebut dengan aki premium atau basah. Merawat aki basah harus lebih rutin dan ribet, khususnya menjaga ketinggian cairan asam belerang aki. Kelebihan aki ini adalah harganya yang lebih murah daripada jenis lain.

Sementara aki hybrid mirip dengan aki basah. Akan tetapi penggunaan aki hybrid tidak serumit aki basah. Aki jenis ini hanya perlu pasang dan tinggal pakai. Tetapi perawatan aki hybrid harus dilakukan secara berkala dengan memeriksa ketinggian cairan aki.

Berikutnya adalah aki jenis MF. Aki ini sangat praktis karena hanya perlu memasang dan bisa langsung Anda gunakan. Selain itu perawatannya tidak serumit aki basah maupun hybrid. Namun, harga aki MF lebih mahal dari aki jenis lain.

Setrum ulang aki

Untuk mengatasi aki soak, ada cara lain yang bisa Anda gunakan. Yakni dengan menyetrum ulang aki dengan battery charger. Namun perlu Anda catat, apabila aki sampai soak berarti ada masalah pada sistem pengisian daya aki tersebut. Jika mengalami hal tersebut, maka Anda harus memperbaikinya terlebih dulu.

Jika semuanya sudah normal dan aki disetrum ulang, Anda harus mengingat bahwa patokan umur ideal aki tetap berlaku. Idealnya, umur aki berkisar 1,5-2 tahun. Jika Aki dicas ulang setelah usia pakainya 1 tahun, maka sisa umur idealnya tersisa 6 bulan hingga 1 tahun.

Source: tips membeli aki bekas, tips beli aki bekas, cara memilih aki bekas, perbedaan aki baru dan bekas, aki kering terbaik untuk mobil, tips memilih aki mobil yang bagus, Harga accu second normal, cara memilih aki mobil yang bagus, beli aki baru apa bekas, tips memilih aki bekas,