Honda HR-V Tipe RS Segera Menyusul Hadir Di Indonesia

Oleh Intan Nur Farida | 27/04/2015
Honda HR-V Tipe RS Segera Menyusul Hadir Di Indonesia

Honda HR-V Tipe RS Indonesia. Tampaknya kabar perihal rencana Honda untuk meluncurkan HR-V varian RS di Indonesia bukanlah sekedar kabar burung belaka. Hal tersebut terungkap melalui pendaftaran Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Honda terbaru. Pada data tersebut, terpampang dua unit mobil baru yang memiliki kode Honda HRV RU5 1.8RSCVT CKD. Sementara nilai jual mobil tersebut sebesar Rp 266 juta.

Sekedar informasi, sebelumnya PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen pemegang merek (APM) Honda di Tanah Air telah merilis Honda HR-V 1.8 Prestige bersamaan dengan varian mesin 1.500 cc. Dalam NJKB, varian ini memiliki kode Honda HR-V RU5 1.8ECVT CKD dengan harga sebesar Rp 250 juta. Jika memang benar Honda Indonesia akan menghadirkan HR-V varian RS, maka kemungkinan besar HR-V Prestige tidak akan menjadi tipe tertinggi lagi melainkan berpindah ke varian RS.

Munculnya kode Honda HR-V RS di dalam daftar NJKB hampir sama dengan yang terjadi pada Honda Mobilio. Saat itu rencana Honda untuk menghadirkan Mobilio RS juga terbongkar melalui daftar NJKB, sebelum akhirnya gambar sosok Mobilio RS beredar. Melihat apa yang pernah terjadi, bisa jadi Honda Indonesia akan merilis HR-V RS dalam waktu dekat.

Walaupun belum ada bocoran apapun mengenai tampilan dan spesifikasi yang diusung Honda HR-V varian RS, namun diprediksi mobil ini akan hadir dengan tampilan yang mengesankan, lengkap dengan beragam fitur menarik. Memang pabrikan mobil asal Negeri Matahari Terbit itu selalu memperhatikan desain eksterior varian RS di semua line up yang mereka pasarkan.

Honda HR-V 2015 Indonesia 2

Lalu berapa harga Honda HR-V RS jika memang benar dipasarkan? Jika melihat dari data NJKB, selisih antara Honda HR-V Prestige dengan HR-V RS sebesar Rp 16 juta. Diperkirakan Honda HR-V RS akan dibanderol dengan harga yang lebih mahal Rp 20 juta dari tipe Prestige yang dipasarkan saat ini. Sebagai gambaran, Honda HR-V Prestige yang dijual di Indonesia saat ini dibanderol dengan harga Rp 358 juta. Dengan demikian, kemungkinan Honda HR-V RS akan dipatok dengan harga Rp 380 jutaan.

Pada bulan Januari kemarin, Jonfis Fandy, yang menjabat sebagai Direktur Pemasadan dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor (HPM) mengungkapkan bahwa pihaknya saat itu belum berencana untuk menghadirkan HR-V varian RS.

”HR-V tidak bisa disamakan dengan Jazz atau Mobilio. Mobil ini mirip CR-V, kalau ingin yang lebih advance, kami sudah menyiapkan tipe Prestige. Terus terang sampai sekarang belum ada rencana,” terang Jonfis.

Kendati demikian, dirinya mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan HPM akan meluncurkan HR-V RS. ”Banyak yang diubah untuk menjadi RS. Tapi nanti kami akan putuskan (ada versi RS atau tidak),” ujarnya.

Honda HR-V terbaru 2015 pertama kali diperkenalkan pada ajang Tokyo Motor Show (TMS) yang diselenggarakan bulan November 2013 silam. Di negara asalnya, mobil dipasarkan dengan nama Honda Vezel. Sementara kehadirannya di Tanah Air diawali pada perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014.

Crossover andalan Honda ini hadir dengan tampilan yang sporty dan terkesan gagah. Pada sisi eksteriornya, Honda HR-V mengaplikasikan konsep Dynamic Cross Solid yang dibalut dengan desain modern. Grille mobil ini memiliki tampilan yang menaik, dengan ornamen-ornamen bergaris tegas yang menjorok ke bawah dan ditemani Halogen Headlamp.

Mobil terbaru di Indonesia ini tidak hanya memiliki tampilan yang menarik saja, namun juga dilengkapi dengan beragam sistem keamanan yang canggih. Di antaranya ada sistem pengereman Anti-lock Brake System (ABS) dan Electronic Brake Force Distribution (EBD). Selain itu disematkan pula fitur Dual SRS Airbas, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HAS), Electric Parking Brake dan Auto Brake Hold.

Source: honda hrv rs, HRV RS, honda hrv prestige 2016, harga honda hrv rs, hrv rs indonesia, honda hrv rs indonesia, harga hrv rs, hrv prestige 2017, harga hrv rs 2016, honda hrv rs 2017,