Velg Mobil / Motor Kembali Jadi Baru Berkat Oli

Oleh Dendy Santoso | 27/04/2015
Velg Mobil / Motor Kembali Jadi Baru Berkat Oli

Membersihkan Velg Menggunakan Minyak Oli. Banyak pemilik motor yang menggunakan pelek model palang karena dapat membuat tampilan motor lebih terlihat menarik. Akan tetapi penggunaan dalam jangka waktu yang lama akan membuat warna cat pelek menjadi kusam. Biasanya beberapa pemilik motor akan langsung mengecat ulang agar pelek terlihat seperti baru kembali.

Akan tetapi mengecat ulang pelek membutuhkan biaya. Bagi Anda yang ingin membuat velg motor menjadi bersih namun dengan biaya yang murah, anda dapat memanfaatkan oli.

Oli mesin rupanya dapat membuat pelek motor menjadi lebih mengkilap dan bersih seperti baru. Hal tersebut telah dicoba oleh Jules Langitan, salah seorang pecinta dunia otomotif.

“Awalnya tahu trik ini karena kebetulan pelek motor saya kena cipratan oli. Kemudian saya bersihkan dan ternyata pelek motor saya lebih mengkilap,” kata Jules saat dijumpai di Halim Jakarta.

Sesudah mencari tahu ke beberapa bengkel, Jules mengetahui bahwa oli memiliki sifat menyerap debu dan bermacam-macam jenis kotoran. Dengan demikian, kotoran dan debu yang menempel pada pelek motor akan dengan mudah dihilangkan jika menggunakan oli.

Tips Bersihkan Pelek Motor dengan Oli 2

Apabila Anda tertarik untuk mencobanya, ada beberapa langkah untuk membersihkan pelek dengan oli yang bisa Anda ikuti. Pertama-tama, sediakan dua buah kain lap kering dan sedikit oli.

Langkah berikutnya, Anda bisa langsung mengoleskan oli tersebut pada bagian pelek yang ingin dibersihkan. Jangan langsung dibersihkan, diamkan terlebih dahulu selama 2-3 menit. Setelah beberapa saat, bekas olesan oli dapat langsung Anda bersihkan dengan lap kering yang telah Anda sediakan sebelumnya.

Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat melakukan pembersihan ketika sedang melakukan penggantian ban. Dengan demikian setiap bagian pelek dapat dijangkau dan dibersihkan dengan mudah.

Ada satu hal yang perlu Anda ingat. Jules memperingatkan, saat mengoleskan oli dalam kondisi ban terpasang, lakukanlah secara hati-hati. Jangan sampai oli tersebut mengenai ban, sebab hal tersebut dapat membuat ban menjadi licin dan sangat berbahaya ketika dikendarai.

Disamping menjaga tampilannya agar selalu terlihat menarik, jangan lupa untuk memperhatikan perawatan pelek motor. Hal ini perlu dilakukan karena pelek memegang peranan penting pada sepeda motor. Pelek yang selalu terawat akan menghindarkan pengguna dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Berikut adalah beberapa tips merawat pelek motor:

1. Jaga tekanan udara

Tekanan udara ban dapat mempengaruhi kondisi pelek motor. Apabila tekanan udara pada ban semakin kecil, maka kemungkinan kerusakan pelek akan semakin besar, terutama jika sering terkena benturan batu atau lubang di jalan.

2. Gunakan Alat yang tepat

Pada umumnya, jenis logam yang ada pada pelek adalah jenis logam lunak seperti aluminium aatau plat besi kecil. Oleh karena itu gunakan alat yang sesuai ketika hendak membuka ban. Sebab jika terdapat goresan pada pelek, hal bisa menjadi awal kerusakan pelek.

3. Lapisi kain

Gunakan kain kecil halus untuk melapisi alat pendongkel ban. Tujuannya adalah untuk menjaga warna cat asli pelek motor.

4. Ukuran ban dan pelek standar

Melakukan modifikasi tidak dilarang, akan tetapi tetap perhatikan ketentuan yang berlaku. Misalnya dengan tidak menggunakan ban yang melebihi diameter pelek. Hal itu perlu dilakukan agar keseimbangan roda dan manuver ban tetap terjaga. Selain itu pilihlah pelek asli produksi pabrik atau paling tidak menggunakan pelek bermerek.

5. Servis atau beli baru

Umumnya pelek yang rusak masih bisa untuk diperbaiki. Akan tetapi, jika kerusakannya sudah parah, alangkah baiknya untuk menggantinya dengan yang baru. Sebab, jika dipaksakan akan membuat pelek tidak dapat berfungsi dengan baik.

Source: cara membuat velg motor dari velg mobil, ukuran maksimal ban mio m3, cara membersikan velg alumunium mobil dengan oli, Cara menghilangkan oli yg nempel di velg, membersihkan oli yg menempel pada velg yang di pilox, modif motor velg mobil, Modif Motor ban mobil, macam macam velg motor, modif moge pake ban mobil, minyak rem terkena pelk,