6 Tips Hindari Membeli Mobil Bekas Kecelakaan

Oleh Dias Mahendra | 27/04/2015
6 Tips Hindari Membeli Mobil Bekas Kecelakaan

Membeli Mobil Bukan Bekas Kecelakaan. Hingga saat ini mobil menjadi salah satu kendaraan yang diidamkan oleh banyak orang. Kemudahan dan kenyamanannya dalam membawa penumpang menjadi kelebihan tersendiri bagi kendaraan roda empat ini. Di samping itu, saat ini banyak merek mobil yang memasarkan produknya di Tanah Air. Alhasil konsumen semakin dimudahkan dengan adanya beragam pilihan, jenis, merek dan harga yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi ekonomi.

Membeli mobil bekas menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat yang ingin membeli kendaraan namun tidak memiliki cukup dana. Banyaknya jenis dan merek mobil yang ada di pasar mobil bekas membuat calon pembeli tidak mengalami kesulitan untuk mencari mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Selain itu, keberadaan showroom mobil bekas yang semakin menjamur menjadi kemudahan tersendiri bagi para calon pembeli.

Akan tetapi tak jarang yang bingung atau tidak mengerti apa saja yang harus diperhatikan ketika hendak membeli mobil bekas. Sebenarnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membeli mobil bekas mengingat kondisinya yang sudah tak lagi baru. Hal ini wajib diperhatikan oleh calon pembeli agar tidak tertipu dengan harga murah namun kondisi mobil sudah tidak layak pakai.

Pada umumnya calon pembeli hanya mencermati kondisi mesin ketika hendak membeli mobil bekas. Padahal mesin bukanlah satu-satunya bagian penting yang harus diperiksa. Ada bagian lain yang tak kalah penting untuk dicermati dengan teliti, yakni bodi mobil.

Tips Mengetahui Mobil Bekas Kecelakaan 2

Memperhatikan bodi mobil dengan jeli akan membuat calon pembeli mengetahui apakah mobil yang hendak ia pilih pernah mengalami kecelakaan atau tidak. Lantas bagaimana cara mengetahui hal tersebut?

Ranto, selaku mekanik di bengkel body repair Putra Motor di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan menuturkan, untuk mengetahui mobil tersebut bekas kecelakaan dapat dilihat melalui bodi mobil.

Ia memaparkan, ada enam hal yang harus dicermati untuk mengetahui mobil bekas kecelakaan, berikut adalah penjelasannya:

  1. Pada umumnya mobil bekas kecelakaan mempunyai ciri pada kondisi besi bagian depan mobil yang bisa dilihat saat kita membuka kap mobil. Salah satu di antaranya adalah pegangan radiator, apakah ada cacat atau tidak lurus. Biasanya mobil bekas kecelakaan besi tersebut tidak lurus atau memiliki bekas las pada besi.
  2. Bagian lain yang harus diperhatikan adalah cat. Perhatikan secara cermat apakah cat mobil terdapat belang atau tidak. Jika Anda menemukan cat yang belang, bisa jadi mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan. Caranya, lihatlah di tempat terang dengan jarak yang agak jauh.
  3. Selain kedua hal di atas, perhatikan pula celah antar bagian seperti bumper dengan lampu atau dengan grille. Apabila celah tersebut tidak sama, tidak menutup kemungkinan bahwa bagian tersebut sudah pernah diganti atau dicat ulang.
  4. Tabrakan tak selamanya datang dari arah depan, namun bisa juga dari arah samping. Oleh karena itu perhatikan pilar B dari atas sampai bawah. Cermati apakah ada bekas las dan dempul atau tidak.
  5. Di samping itu, jangan lupa untuk memeriksa lekukan garis pada bodi samping mobil. Pada umumnya, mobil bekas kecelakaan mempunyai garis lekukan yang tidak lurus
  6. Pegang bodi mobil secara cermat dan teliti sambil diusap. Jika terdapat bagian yang tidak rata maupun bekas dempulan, hal tersebut dapat dirasakan dari sentuhan tangan.

Demikian enam tips mengetahui mobil bekas kecelakaan. Dengan memperhatikan beberapa hal tersebut, Anda akan semakin terhindar dari resiko membeli mobil bekas kecelakaan.

Source: